Penyebab Kegagalan Wirausaha

Penyebab kegagalan wirausaha
Mengetahui faktor penyebab kegagalan wirausaha sejak dini merupakan hal yang penting bagi para wirausahawan. Berikut ini faktor penyebab gagalnya berwirausaha

Thecronutproject.com – Mengetahui faktor penyebab kegagalan wirausaha sejak dini merupakan hal yang penting bagi para wirausahawan. Jika sudah mengetahuinya, tentu saja para wirausahawan dapat melakukan langkah pencegahan atau antisipasi.

Kegagalan dalam menjalankan usaha memang merupakan suatu hal yang wajar dan dapat terjadi kepada siapapun. 

Penyebab kegagalan itu sendiri pun beraneka ragam, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Table Of Contents

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha

Ingin tahu apa saja faktor penyebab kegagalan wirausaha yang paling banyak terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pengalaman Manajemen yang Kurang

Kegagalan wirausaha

Tidak semua wirausahawan mengerti dan memahami kesulitan dalam pengoperasian suatu usaha. Beberapa diantaranya hanya sekedar menjalani bisnis tanpa mengetahui cara pengelolaannya.

Saat masalah muncul, para wirausahawan yang seperti ini tidak akan dapat mengatasinya.

Misalnya, wirausahawan yang memiliki latar belakang pendidikan seni memiliki kemampuan dalam bidang teknik sipil.

Namun, wirausahawan tersebut kurang memiliki pemahaman akan struktur bangunan, manajemen konstruksi, hidrologi, dan lain sebagainya. Bila dibiarkan terus menerus, maka kegagalan bisnis harus dihadapi wirausahawan.

2. Tidak Riset Pasar

Dalam membangun suatu usaha, riset pasar menjadi hal yang terpenting. Ibarat akan berperang, seseorang harus mencari tahu medan perangnya terlebih dahulu agar dapat mempersiapkan segala hal dengan maksimal.

Begitu pula dengan berbisnis. Wirausahawan harus mencari tahu keadaan pasar dengan melakukan riset untuk mengetahui seberapa besar minat pelanggan di pasaran.

Bila tidak melakukan riset, wirausahawan tidak akan tahu apakah produknya mendapat respon yang baik dari masyarakat atau tidak. Riset pasar pun perlu dilakukan dengan maksimal.

Pantaulah perkembangan pasar melalui media dan berita. Bila perlu, mintalah ahli riset untuk menganalisa kondisi pasar.

3. Tidak Mengelola Keuangan dengan Baik

Selanjutnya, kegagalan wirausaha juga dapat disebabkan karena buruknya perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Banyak wirausahawan yang menanamkan mindset bahwa modal akan didapat pada tahun pertama usaha. Padahal, sebelum akhir tahun, wirausahawan sudah akan kehabisan modal.

Kerugian besar dapat terjadi apabila anggaran keuangan tidak disusun dan dikelola dengan seimbang. Oleh karena itu, perhatikan penggunaan modal, baik di masa sekarang maupun masa depan.

4. Kurang Berpengalaman

Dalam pekerjaan apapun, pengalaman memang sangat dibutuhkan. Seperti pepatah, pengalaman merupakan guru terbaik untuk belajar.

Minimnya pengalaman ini dapat menjadi bumerang bagi para wirausahawan. 

Bila seseorang sudah memiliki pengalaman yang cukup, kemungkinan gagal akan lebih kecil karena koordinasi, pengelolaan SDM, dan pengintegrasian operasi perusahaan dapat dilakukan dengan baik.

5. Strategi Pemasaran yang Lemah

Saat memulai usaha, seorang wirausahawan masih dalam semangat yang membara. Oleh karena itu, wirausahawan memproduksi barang sebanyak-banyaknya agar segera menikmati keuntungan.

Nyatanya, untuk dapat memasarkan semua produk tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat dalam pemasarannya.

Bila strategi pemasaran salah atau lemah, bukannya untung, wirausahawan malah akan rugi.

Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari memasang iklan online, selebaran, brosur, endorse, hingga promosi berbayar di media sosial.

Teknik promosi bisa pelajari di artikel cara promosi produk

Sebagai wirausahawan, seseorang harus mampu melihat peluang dan kesempatan untuk mempromosikan produknya.

6. Kurangnya Inovasi

Sebagai wirausahawan, kreativitas dan inovasi menjadi hal yang penting. Ketidakmampuan berinovasi bisa berakibat tidak dapat mengikuti perkembangan pasar dan bisa menjadi penyebab kegagalan wirausaha.

Akibatnya, pelanggan akan meninggalkan produk tersebut karena sudah ketinggalan zaman. Jika terus dibiarkan, produk tersebut akan hilang dilekang waktu.

7. Produk yang Dijual Kurang Bersaing

Ternyata, kegagalan usaha juga dapat disebabkan karena produk yang dijual kurang dapat bersaing di pasaran. Oleh karena itu, wirausahawan harus pandai memilih produk yang dibutuhkan banyak orang.

Rencanakan dengan matang dan jangan sampai salah memilih produk yang akan dijual.

8. Salah Memilih Lokasi

Penyebab kegagalan wirausaha selanjutnya adalah kesalahan dalam pemilihan lokasi. Lokasi penjualan yang kurang strategis dapat mempengaruhi omset penjualan setiap harinya.

Sebagai contoh, seorang wirausahawan membangun usahanya di tempat yang jauh dari pemukiman warga. Pastinya wirausahawan tersebut akan sulit menjalankan usahanya karena tidak ada konsumen yang dapat ditawarkan.

Mengingat betapa pentingnya pemilihan lokasi dalam kesuksesan wirausaha, sebaiknya pilihlah lokasi usaha yang strategis.

Misalnya, lokasi yang dekat dengan fasilitas umum, pasar, atau tempat ramai lainnya. Dengan demikian, usaha akan berkembang sedikit demi sedikit.

9. Tidak Dapat Mengendalikan Pegawai

Kesalahan seorang wirausahawan yang cukup fatal adalah gagal mengendalikan pegawai. Pasalnya, wirausahawan baru seringkali mempekerjakan teman, sahabat, atau kerabat terdekat.

Mungkin usaha akan berhasil jika orang-orang sekitar yang dipekerjakan memang memiliki kemampuan.

Dalam merekrut pegawai, pastikan orang tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru merekrut pegawai.

Sebagian besar wirausahawan sukses baru merekrut pegawai saat usahanya mulai berkembang pesat. Bila sudah memiliki pegawai, kontrol setiap pekerjaan dengan teliti agar tidak menjadi bumerang bagi usaha.

10. Tidak Mau Belajar

Kesalahan terbesar yang berasal dari dalam diri wirausahawan sendiri adalah tidak mau belajar dari orang lain. Pasalnya, wirausahawan baru masih senang bereksperimen dan mencoba segala hal.

Kebanyakan memegang prinsip tidak akan sukses jika tidak pernah gagal. Nyatanya, seorang wirausahawan dapat sukses tanpa mengalami kegagalan, melainkan belajar dari kegagalan orang lain.

Itulah 10 faktor penyebab kegagalan wirausaha yang dapat menjadi bumerang. Dalam menjalankan suatu usaha, seseorang harus memiliki semangat dan niat yang tinggi.

Selain itu, sesuatu juga harus dikerjakan dari hati dan penuh kesungguhan. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar segala usaha dimudahkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kegagalan pasar
Read More

Kegagalan Pasar

Apa sebenarnya kegagalan pasar itu dan apa akibatnya? Simak pembahasan materi kegagalan pasar, pengertian dan penyebab kegagalan pasar atau market failure.
Dana darurat adalah
Read More

Apa Itu Dana Darurat?

Apa yang dimaksud dengan dana darurat dan bagaimana cara mempersiapkannya? Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dana darurat serta manfaat yang didapat.