Pentingnya Sikap Menghargai dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Pentingnya Sikap Menghargai dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat
Pentingnya sikap menghargai dalam keberagaman kegiatan ekonomi di masyarakat adalah agar terciptanya keharmonisan antara sektor ekonomi dan para pelakunya.

Thecronutproject.com – Pada kegiatan perekonomian, kita pasti melibatkan orang lain dalam setiap aktivitas tersebut. Keterlibatan orang lain dalam aktivitas perekonomian bisa kita lihat dari rangkaian kegiatan produksi, distribusi, hingga proses konsumsi itu sendiri. Sehingga mengetahui apa pentingnya sikap menghargai dalam keberagaman kegiatan ekonomi di masyarakat dapat membantu kita dalam kegiatan perekonomian kita.

Pada aktivitas produksi, orang lain yang terlibat pada aktivitas perekonomian adalah pekerja itu sendiri. Penggunaan tenaga kerja sendiri bertujuan untuk memperlancar dan mempercepat proses produksi dari suatu barang dan jasa.

Tenaga kerja yang kita gunakan sendiri juga akan mendapatkan balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji yang sesuai dengan peraturan yang ada. Setelah barang atau jasa tersebut selesai di produksi, barang tersebut akan disalurkan kepada konsumen, dalam hal ini adalah masyarakat oleh seorang distributor.

Dari kegiatan penyaluran barang atau jasa tersebut dari seorang produsen ke konsumen, distributor akan mendapatkan keuntungan yang telah mereka tetapkan, keuntungan tersebut biasanya juga sudah ditetapkan oleh pihak produsen untuk menjaga harga jual tetap seimbang.

Konsumen sendiri merupakan pihak yang mengkonsumsi atau menggunakan barang atau jasa tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik dari segi sandang, pangan, dan papan.

Apa saja Contoh Kegiatan Perekonomian yang Dilakukan Oleh Masyarakat Indonesia?

Indonesia sendiri merupakan negara agraris, yang dimana sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor pertanian. Meskipun begitu, terdapat kegiatan perekonomian lainnya yang ada di beberapa sektor di Indonesia, diantaranya adalah

1. Sektor Perikanan

Selaian sebagai petani, masyarakat Indonesia juga banyak yang memanfaatkan potensi alam dari laut untuk mendukung mereka dalam kegiatan perekonomian, baik dengan menjadi nelayan ataupun melakukan budidaya yang langsung dilakukan di laut.

2. Sektor Perhutanan

Pada kegiatan perekonomian di sektor kehutanan sendiri, masyarakat Indonesia cenderung untuk menggunakan hasil kekayaan alam yang dapat diolah atau dijual kembali, baik kepada produsen maupun kepada konsumen langsung.

3. Sektor Peternakan

Banyak juga masyarakat di Indonesia yang memanfaatkan sektor peternakan dengan baik.

Biasanya, peternak akan memanfaatkan hasil dari hewan peternakan mereka yang bisa di olah menjadi berbagai jenis produk. Misalnya produk susu, makanan, hingga lainnya.

Baca juga: Mengapa Pengelolaan Keuangan itu Perlu? Ini Alasannya

Apa itu Sikap Menghargai dan Keberagaman?

Menghargai sendiri merupakan sikap peduli baik terhadap diri sendiri, maupun orang lain, dan lingkungan disekitar kita.

Sikap menghargai ini bisa kita perlihatkan dengan memperlakukan lingkungan dan orang lain dengan baik, misalnya memperlakukannya dengan beradab, sopan dan tidak melecehkan atau menghina mereka.

Sedangkan keberagaman yang dilansir dari Merdeka, yaitu suatu kondisi yang ada di masyarakat dengan banyak perbedaan atau variasi pada berbagai bidang. Keberagaman sendiri memiliki arti memahami bahwa setiap individu memiliki keunikan masing-masing dan mengakui perbedaan mereka.

Apa Pentingnya Sikap Menghargai dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat?

Dari penjelasan diatas, maka pentingnya sikap menghargai dalam keberagaman kegiatan ekonomi di masyarakat adalah agar terciptanya keharmonisan antara sektor ekonomi dan para pelakunya.

Dengan adanya sikap ini, maka kita dapat menghargai adanya keberagaman dan dapat berkolaborasi antara satu sektor dengan sektor lainnya dan dapat berkembang lebih baik.

Itu tadi merupakan artikel mengenai apa pentingnya sikap menghargai dalam keberagaman kegiatan ekonomi di masyarakat, terutama di Indonesia sendiri dengan berbagai suku dan budaya yang beragam.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like