Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi dan Perbedaannya

Pengertian Sarana dan Prasarana
Apa yang dimaksud dengan sarana dan prasarana? Berikut ini pengertian sarana dan prasarana disertai dengan fungsi dan perbedaan keduanya.

Thecronutproject.com – Dalam beragam lingkup yang berbeda, kamu tentu kerap mendengar tentang sarana dan prasarana, bukan? Ya, sarana dan prasarana merupakan istilah yang tidak asing terdengar. Meskipun demikian, masih cukup banyak yang belum mengetahui pengertian sarana dan prasarana tersebut.

Bisa jadi, sebagian besar kalangan menganggap bahwa baik sarana dan prasarana adalah hal yang sama. Hal ini dikarenakan keduanya sering diucapkan bersamaan. Pernyataan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun, jika dilihat lebih detail, maka ada perbedaan diantara keduanya. 

Pengertian Sarana dan Prasarana

Seperti yang disinggung di awal, meskipun seringkali diartikan sama, namun sebenarnya sarana dan prasarana memiliki pengertian yang berbeda.

Dalam pengertian singkat, sarana adalah alat atau benda yang bisa berperan secara langsung untuk mencapai tujuan tertentu.

Selain itu, istilah sarana juga mengacu pada alat yang bisa bergerak atau dipindahkan. Misalnya saja, sarana yang diperlukan untuk belajar di sekolah adalah meja, kursi, papan tulis dan lainnya.

Sedangkan pengertian dari prasarana adalah fasilitas yang mampu menunjang pelaksanaan suatu kegiatan atau acara sehingga tujuan yang dicanangkan akan tercapai.

Prasarana sendiri mengacu pada alat yang tidak bergerak dan bersifat menetap serta tidak bisa dipindahkan. Contoh dari prasarana adalah gedung pertemuan, lapangan olahraga dan lainnya.

Fungsi Sarana dan Prasarana Secara Umum

Meskipun memiliki perbedaan pada pengertian sarana dan prasarana, namun secara fungsi, sarana dan prasarana memiliki irisan fungsi yang sama.

Bisa dikatakan bahwa keduanya saling bahu membahu untuk mewujudkan tujuan dari suatu agenda yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Adapun fungsi baik dari sarana dan juga prasarana adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan proses kerja 

Dengan sarana dan prasarana yang ada, maka proses kerja yang harus dilakukan nantinya akan semakin mudah untuk diselesaikan

2. Mempercepat proses kerja

Bukan hanya memudahkan proses kerja yang perlu dilakukan, sarana dan prasarana juga akan mempercepat proses kerja. Sarana dan prasarana yang lengkap nantinya akan membuat kinerja cenderung lebih efektif. 

3. Meningkatkan produktivitas

Dengan kemudahan yang didapatkan, maka produktivitas akan cenderung meningkat. Dengan begitu, target yang dicanangkan akan lebih mudah didapatkan

Selain ketiga fungsi di atas, tentu sarana dan prasarana memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. 

Baca juga: Pengertian dan Contoh Anggaran Dasar Perusahaan

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada beberapa perbedaan yang perlu untuk kamu perhatikan. Nah, di bawah ini perbedaan sarana dan prasarana:

  1. Dilihat dari bentuknya, sarana umumnya memiliki ukuran serta dimensi yang lebih kecil daripada prasarana
  2. Dilihat dari kepemilikan, sarana adalah sesuatu yang bisa dimiliki oleh semua pihak. Sedangkan prasarana umumnya dimiliki hanya oleh regulator atau penguasa

Dengan memahami pengertian sarana dan prasarana, kamu bisa lebih paham perbedaan keduanya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like