Pengertian Pemasaran Langsung, Manfaat dan Tujuannya

Pemasaran Langsung
Apa itu pemasaran langsung? Berikut ini TheCronutProject akan menjelaskan tentang pengertian pemasaran langsung, manfaat dan tujuannya.

Thecronutproject.com – Dalam strategi promosi marketing, ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk beragam jenis tujuan dari marketing sebuah bisnis. Diantara ragam metode tersebut, artikel kali ini akan menjelaskan tentang pemasaran langsung, atau direct marketing

Metode pemasaran langsung ini perlu diintegrasikan dengan berbagai taktik komunikasi promosi dan strategi marketing lainnya. 

Pengertian Pemasaran Langsung

Pengertian pemasaran langsung

Mengutip dari laman India Free Notes, direct marketing yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai pemasaran langsung memiliki definisi sebuah salah satu tipe promosi yang menargetkan suatu tindakan tertentu dari target pasar sebagai respon atas komunikasi yang dilakukan marketer

Shopify menyebutkan bahwa pemasaran langsung memberikan informasi terkait perusahaan, produk, atau jasa yang disampaikan kepada target pasar melalui berbagai format komunikasi langsung.

Format komunikasi langsung yang umum digunakan dalam metode pemasaran langsung diantaranya adalah :

  • Personal Selling
  • Email newsletter
  • SMS Blast
  • Email Marketing
  • Social Media Marketing
  • Whatsapp Marketing

Baca juga: Perbedaan Penjualan dan Pemasaran

Manfaat Mengintegrasikan Pemasaran Langsung Digital Dengan Strategi Marketing Lain

Dari beberapa kanal pemasaran langsung, jika Anda memilih menggunakan kanal digital, ada 3 manfaat utama yang bisa Anda peroleh, yaitu:

  • Membuat pesan sesuai individu yang Anda sasar (personalized message) sehingga terkesan lebih akrab,
  • Pemasaran langsung lebih efisien dari sisi biaya untuk menyasar langsung target pasar yang sudah memiliki intensi kuat untuk membeli atau menggunakan jasa atau produk Anda,
  • Kanal pemasaran langsung digital biasanya menyediakan metode pengukuran bawaan  yang dapat digunakan untuk melihat keberhasilan dari promosi yang dilakukan.

Tujuan Pemasaran Langsung Untuk Bisnis Anda

Memahami tujuan utama dari pemasaran langsung membantu Anda untuk menentukan elemen-elemen untuk diaplikasikan dan dieksekusi.

  1. Perluasan Potensi Konsumen

Dengan melakukan riset untuk mengidentifikasi target pasar, Anda dapat meningkatkan segmentasi dan target pasar untuk bisnis. Anda bisa memilih pasar atau audiens mana yang ingin dibidik untuk tujuan tertentu dengan pesan yang bersifat pribadi (personalized message). 

Contohnya, jika Anda ingin memperkenalkan produk baru, hasil riset target pasar dapat diimplementasikan langsung melalui kanal pemasaran langsung untuk menyasar audiens baru yang memiliki potensi tinggi untuk mengenal atau bahkan mencoba produk Anda.  

  1. Optimasi Budget Marketing

Dengan metode pemasaran langsung, Anda dapat mengobservasi kebutuhan konsumen Anda, dan menyasar target yang sesuai untuk meningkatkan sales dengan budget yang lebih ekonomis. 

Data yang Anda dapatkan dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran langsung sehingga biaya marketing pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya lebih efisien. 

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Produk Online

  1. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan atau Konsumen

Untuk meningkatkan sales, mempertahankan pelanggan lama atau konsumen lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mengakuisisi pelanggan baru. 

Pemasaran langsung memfasilitasi bisnis Anda untuk dapat membangun dan membina hubungan yang baik dengan konsumen dan pelanggan lama Anda lewat komunikasi dan penawaran yang tepat. 

Tentunya, hal ini akan berdampak pada loyalitas konsumen pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like