Peluang Kerja Jurusan Manajemen, Ini 7 Ide Karirnya!

Peluang Kerja Jurusan Manajemen
Sedang mencari peluang kerja jurusan manajemen yang cocok? Berikut ini prospek kerja jurusan manajemen dan gajinya yang menggiurkan.

Thecronutproject.com – Jurusan manajemen susah cari kerja? Tidak perlu khawatir, dibawah ini ada peluang kerja jurusan manajemen yang gajinya cukup menggiurkan.

Manajemen adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa baru yang pada khususnya menyukai dunia bisnis dan ekonomi.

Pada jurusan manajemen Anda akan mempelajari bagaimana cara mengelola suatu perusahaan dengan baik, baik dalam segmen operasional, finansial, struktur organisasi hingga promosi.

Jadi, tidak heran jika peluang kerja jurusan manajemen sangatlah luas dalam berbagai bidang. Bagi Anda yang menguasai ilmu manajemen dan semua spek di dalamnya makan nantinya akan menjadi seorang pengendali, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin menjadi seorang pemimpin.

Setiap jenjang karir pada setiap bidang pasti memerlukan seorang manajer dan hal tersebut menjadi salah satu alasan bahwa lulusan manajemen sangat dibutuhkan di setiap lini perusahaan.

Peluang Kerja Jurusan Manajemen, Apa Saja?

Kerja Jurusan Manajemen

Berikut ini prospek kerja bagi seorang lulusan manajemen:

1. Business Development

Profesi yang biasa disebut sebagai BIZ DEV ini merupakan kombinasi dari analisis pemasaran, strategis, operasional, penjualan serta financial analysis pada pengembangan jasa maupun produk dan perencanaan strategi marketing untuk menentukan arah dan target pemasaran.

Tugas utama dari seorang Business Development adalah memikirkan strategi agar perusahaan bisa terus berkembang dari berbagai segi, mulai dari pasar, pelanggan serta relasi bisnis. Selain itu, Anda juga bertugas untuk mengidentifikasi adanya sebuah peluang, kemitraan bisnis baru, atau market baru yang cukup potensial.

Memikirkan inovasi baru untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan menciptakan jasa serta produk baru guna memenuhi kebutuhan pasar dan juga memanfaatkan peluang untuk mendapatkan profit yang lebih banyak bagi perusahaan juga merupakan tugas dari Business Development.

2. HRD ( Human Research and Development)

Menjadi HRD atau Human Research and Development bisa menjadi pilihan peluang kerja jurusan manajemen.

Sesuai dengan namanya, profesi ini bertanggung jawab untuk mengelola SDM pada sebuah perusahaan. Mulai dari perencanaan, rekrutmen SDM, pengembangan, penentuan gaji ataupun kompensasi, manajemen kinerja hingga menumbuhkan relasi bisnis.

Hal ini bisa disimpulkan bahwa lingkup kerja serta tanggung jawab seorang HRD adalah buruh, pegawai, karyawan, manajer serta para pekerja lainnya pada sebuah perusahaan untuk menunjang kegiatan dalam upaya pencapaian tujuan tertentu.

Bahkan yang menentukan pengembangan SDM, konsultasi, evaluasi hingga PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) juga menjadi tugas dari HRD.

Bekerja dalam bidang personalia sebuah perusahaan mempunyai jenjang karir yang cukup menjanjikan. Mulai dari Junior Staf, Senior Staff hingga Supervisor Personalia atau HR Expert. Tentu saja semuanya dimulai dengan perjuangan dan pengalaman yang tidak instan.

Baca juga: Jurusan IT Kerja Apa? Ini Prospek Kerja yang Menjanjikan!

3. Market Researcher

Seperti yang diketahui, kuliah jurusan manajemen selalu berkaitan dengan marketing atau pemasaran. Hal ini membuat banyak lulusan manajemen yang langsung melirik Market Researcher sebagai profesi yang diidamkan.

Dalam pekerjaan ini, market researcher bertugas menganalisis produk, mengumpulkan survei, menganalisis tren pasar yang nantinya akan disampaikan kepada klien dalam bentuk data.

Di mana data tersebut harus mampu menggambarkan pemetaan pasar supaya klien dapat menentukan strategi marketing, optimalisasi pendistribusian produk, lokasi pemasaran, target pemasaran, harga produk hingga faktor apa saja yang dapat mendukung peningkatan penjualan.

Profesi ini sangat dibutuhkan untuk membaca peluang bisnis, meningkatkan dan memperbaiki kinerja pemasaran serta mengatasi jika terjadi suatu kendala atau permasalahan.

Profesi ini merupakan peluang kerja jurusan manajemen dengan gaji yang cukup besar.

4. Production Manager

Production Manager memiliki tugas untuk mengatur, mengolah teknik, proses produksi dan juga mengawasi serta memastikan bahwa proses manufaktur berjalan lancar tanpa adanya masalah. Mengingat tanggung jawabnya yang sangat besar, tentu digit yang didapatkan setiap bulan juga demikian.

Selain gaji yang tinggi, Anda juga dapat bekerja sebagai Production manager pada berbagai jenis perusahaan seperti sektor pertahanan, sektor farmasi, sektor barang elektronik dan juga sektor makanan.

Tanggung jawab lain sebagai manajer produksi adalah mengatur serta menjadwalkan waktu produksi, memantau proses produksi, menentukan standar mutu serta hal lainnya yang berhubungan dengan proses produksi.

5. Akuntan

Alasan memilih jurusan manajemen karena memang ingin menjadi seorang akuntan. Bukan sembarang profesi, sebagai akuntan Anda harus mematuhi kode etik profesi serta berperilaku sesuai dengan standar Akuntansi Indonesia.

Akuntan bisa dikatakan sebagai tulang punggung suatu perusahaan yang mengatur, mengawasi, menghitung serta membuat laporan keuangan suatu instansi, lembaga atau perusahaan tertentu.

6. Business Consultant

Business consultant atau bussiness expert menjadi sosok yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang ingin melakukan perencanaan, pengembangan serta berkonsultasi mengenai masalah-masalah bisnis yang dihadapi.

Profesi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bekerja tanpa harus berpatok pada jam kantor. Pasalnya, jam kerja business consultant sangatlah fleksibel.

Mengingat tanggung jawabnya yang sangat besar dan berpengaruh pada profit dan kemajuan perusahaan, maka untuk menjadi business consultant Anda harus benar-benar menguasai semua ilmu di segmen ekonomi bisnis.

7. Entrepreneur

Tidak ingin bekerja di bawah atasan dan ingin menjadi bos diri sendiri? Saat kuliah di jurusan manajemen, maka secara otomatis hal-hal yang dipelajari adalah pengelolaan bisnis. Tidak jarang mahasiswa manajemen juga memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi dan juga terlatih.

Sudah berbekal ilmu, jiwa entrepreneur terlatih kemudian ditambah relasi bisnis yang luas adalah kombinasi yang pas untuk Anda menjadi seorang entrepreneur sukses. Jadi, setelah lulus atau bahkan belum lulus pun Anda sudah dapat mulai mempraktikkan ilmu yang didapat mengenai manajerial bisnis.

Selain profesi yang telah disebutkan di atas, sebenarnya peluang kerja jurusan manajemen masih sangat luas. Anda akan mendapatkan kesempatan yang lebih  luas lagi untuk terus mengembangkan diri dengan kuliah di jurusan manajemen. Jadi, tidak perlu ragu dan bimbang lagi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like