10 Aneka Olahan Ubi untuk Jualan Kekinian & Unik, Pasti Laris!

Olahan Ubi untuk Jualan
Berikut ini ada beberapa aneka olahan ubi untuk jualan. Peluang usaha dari bahan ubi yang kekinian ini jamin pasti laris.

Thecronutproject.com – Ubi merupakan bahan makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Pasokannya pun berlimpah ruah dengan harga yang tergolong rendah. Melihat fakta tersebut, mencoba membuat berbagai aneka olahan ubi untuk jualan adalah ide yang menarik. 

Kamu bisa membuat olahan ubi kekinian berikut untuk menarik banyak peminat sehingga bisnis baru kamu pasti laris dan memberikan banyak keuntungan.

Aneka Olahan Ubi untuk Jualan, Berbeda Pasti Laris

Berikut kami berikan informasi ragam kreasi olahan ubi yang unik untuk ide usaha. Baik untuk jualan di sekolah, depan rumah, dititipkan, atau bisa juga dijual secara online. Bahan-bahan serta proses pembuatannya sangat sederhana dan mudah dilakukan meski baru pertama kali mencobanya.

1. Dessert Cup Ubi Ungu Lumer

Dessert Cup Ubi Ungu Lumer
Sumber gambar: Cookpad

Tahun lalu, masyarakat Indonesia digemparkan dengan makanan dessert box, yakni cake beraneka toping yang dikemas dalam kemasan cup plastik. 

Nah, kamu bisa membuat kreasi dessert cup yang lebih unik dengan mengganti bahan dasar menggunakan ubi.

Proses pembuatannya pun sederhana dengan bahan-bahan utama yang mudah didapat, seperti ubi, susu cair, santan, telur, tepung tapioka dan tepung beras. Ubi ungu ataupun ubi kuning sama-sama menghasilkan warna dessert yang menggoda. Saat dilahap, dessert langsung lumer di mulut. 

Dengan bahan 200 gr ubi bisa menghasilkan 9 cup dessert berukuran 5 cm, yang bisa dijual dengan harga Rp 6 ribuan per cup. Modalnya sedikit, tapi untungnya berkali-kali lipat.

Dessert cup ubi ungu lumer ini merupakan kreasi olahan ubi untuk jualan yang kekinian dan bisa menghasilkan keuntungan.

2. Kue Talam Ubi

Kue Talam Ubi

Olahan ubi yang kedua merupakan kombinasi dari olahan ubi yang pertama, namun dalam bentuk padat menyerupai kue basah. Olahan ini lebih dikenal dengan sebutan kue talam ubi.

Talam ubi merupakan kue tradisional berbahan dasar ubi dan tepung beras. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Jenis makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai ide bisnis yang menguntungkan.

Dengan 400 gr ubi kuning dan bahan lainnya yang mana jika dijumlahkan hanya Rp 15 ribuan bisa menghasilkan 30 buah kue talam legit yang dapat dijual dengan keuntungan 2 kali lipat.

3. Mochi Ubi Ungu

Mochi Ubi Ungu
Sumber gambar: Cookpad

Mochi dengan bahan ubi juga bisa jadi ide olahan dari ubi yang bisa dijual. Rasanya enak dan empuk, serta awet karena memakai campuran tepung maizena. Bahan lainnya yang digunakan antara lain, tepung beras ketan, mentega, dan gula pasir.

Sebagai variasi, kamu bisa menggulung isian mochi agar lebih menarik. Atau, bisa juga dengan menambahkan kelapa kering sebagai taburan, atau mengisi ubi bagian dalam dengan cokelat. Begitu jadi, aroma khas ubi langsung terasa.

Sangat direkomendasikan untuk ide jualan karena pembuatannya yang mudah dengan bahan yang sangat ekonomis. 

4. Churros Ubi dan Saus Coklat

Ide cemilan kekinian berbahan dasar ubi satu ini memiliki penampilan yang sangat menggoda dan banyak digemari. Namanya churros, yaitu jajanan gorengan yang memiliki cita rasa mirip kue donat namun bertekstur unik.

Cukup dengan 3 bahan saja, yaitu ubi kuning, tepung beras, dan telur, kamu bisa menyulapnya menjadi camilan enak yang laris untuk jualan.

Tidak perlu menambahkan gula karena rasa manis sudah didapatkan dari ubi kuning langsung. Kamu bisa mengemasnya dalam kotak dan menyediakan coklat cair dalam cup sebagai sausnya. 

5. Kentang KFC dari Ubi

Kentang KFC dari Ubi

Aneka olahan ubi untuk jualan selanjutnya yakni mengadaptasi dari ayam goreng KFC. Ya, kamu bisa mengganti ayam dengan bahan dasar ubi sehingga cita rasa yang dihasilkan manis dan renyah. 

Olahan ini juga bisa dijadikan sebagai frozen food dengan teknik memasak yang tepat. Pertama bahan ubi cukup direbus selama 1 menit, kemudian diberi tepung sampai merata. Goreng ubi setengah matang, lalu dinginkan. Setelah itu, ubi siap dijual. Meski digoreng lagi, tekstur yang dihasilkan tetap renyah. 

Selain frozen food, kamu bisa menjualnya dalam bentuk langsung jadi. Selingi dengan cemilan lain, seperti kentang goreng dan cimol untuk menarik banyak pembeli.

Baca juga: 5 Resep Aneka Olahan Pisang untuk Usaha yang Mudah Dibuat

6. Es Krim Ubi Ungu

Siapa sangka umbi-umbian ini bisa disulap menjadi  es krim berwarna ungu cantik dan menggoda. 

Dengan bahan dan proses pengolahan sederhana, es krim yang dibuat terasa enak dan lembut. Kamu juga idak perlu menggunakan tambahan bahan pengembang sehingga es krim aman dikonsumsi. Setelah jadi, es krim ubi ungu dapat dikemas di dalam cup atau dijual dalam bentuk gagang.

Keuntungan yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, mengingat bahan pembuatan es krim ubi ungu cukup sederhana.

7. Gabin Ubi Ungu

Gabin ungu bisa menjadi pilihan alternatif lain olahan ubi untuk jualan. Gabin merupakan jenis biskuit dengan rasa manis dan gurih dari isian tape di dalamnya. Kamu bisa menambahkan ubi ungu pada adonan tape untuk menciptakan warna gabin yang lebih menggoda. 

Selain gabin tape ungu, kamu bisa melakukan variasi dengan menghilangkan bahan tape dan menggantinya dengan ubi ungu saja. Olahan ini dikenal dengan nama gabin fla ubi ungu berbahan dasar tepung terigu, maizena, telur, susu kental manis, dan margarine. 

Kedua jenis gabin ungu tadi tetap menghasilkan cita rasa yang lezat meski penampilan dan bahannya dimodifikasi. Dijamin jualan kamu diserbu pembeli karena harganya yang murah. 

Menariknya, meski dijual murah, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Gabin ungu juga bisa dijadikan sebagai frozen food yang mampu bertahan hingga 10 hari. 

8. Kue Lumpia Isi Ubi Bertabur Keju

Aneka olahan ubi untuk jualan lainnya yang bisa kamu coba adalah lumpia isi ubi bertabur keju. Ya, kue lumpia berbahan dasar ubi sebagai isian dijamin lezat dan belum banyak dijajakan.

Supaya memberikan penampilan yang cantik, gunakan spring roll sebagai pelapis luar. Spring roll adalah jenis lumpia dari Vietnam yang terbuat dari beras. Dengan spring rolls, warna ungu dari dalam kue saat digoreng terlihat dengan jelas. Setelah digoreng, kemudian diberi taburan susu dan keju di atasnya.

9. Klepon Ubi Kuning

Selain kue lumpia, klepon ubi ungu juga bisa dijadikan sebagai inspirasi menarik sekaligus menawarkan keuntungan yang menggiurkan.

Klepon ubi sendiri merupakan jenis makanan tradisional yang populer di masyarakat Indonesia. Makanan yang tergolong jajanan pasar ini bercita rasa manis. Ditambah dengan parutan kelapa yang gurih makin menambah kenikmatan cita rasanya. 

10. Ubi Krispi Coklat Lumer

Aneka olahan ubi untuk jualan lainnya yang menarik sekaligus bisa memberikan kamu keuntungan yang banyak adalah ubi krispi coklat lumer atau lebih dikenal dengan sebutan bola-bola ubi coklat. Bahan-bahan pembuatannya sangat ekonomis dan mudah ditemukan.

Dengan bahan sederhana, kamu bisa menghasilkan ubi krispi yang lembut dengan coklat yang meleleh saat digigit. Gunakan bahan keju sebagai variasi isian. 

Itulah tadi beragam aneka olahan ubi untuk jualan yang kekinian dan bisa kamu coba. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, dijamin banyak disukai. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan ragam aneka olahan ubi tadi juga sangat mudah ditemukan di sekitar, serta sangat ekonomis. Namun, bisa menghasilkan makanan berbahan dasar ubi dengan cita rasa yang unik dan banyak digemari. Sehingga pasti laris dan memberikan banyak keuntungan.

Baca berita menarik dari TheCronutProject di GOOGLE NEWS
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like