13 Objek Wisata Pemalang Paling Populer Dikunjungi

Objek Wisata Pemalang
Ada banyak objek wisata Pemalang yang cukup mengesankan dan bisa dijadikan persinggahan untuk melepas penat atau bermain bersama keluarga.

Thecronutproject.com – Meskipun tidak memiliki popularitas seperti Semarang atau Solo sebagai destinasi wisata, namun Pemalang sebenarnya merupakan daerah yang bisa jadikan alternatif berlibur bersama keluarga. Pasalnya, ada banyak objek wisata Pemalang yang cukup mengesankan dan bisa dijadikan persinggahan untuk melepas penat atau bermain bersama keluarga.

Pemalang merupakan salah satu kabupaten di kawasan Jawa Tengah yang terletak di Jalur Pantai Utara Jawa. Lokasinya yang tak terlalu jauh dengan kawasan pantai, membuat wilayah ini memiliki beberapa pantai yang cukup eksotis.

Tidak hanya itu, Pemalang juga memiliki bentang alam yang masih asri dan memberikan hawa segar nan menenangkan.

Destinasi Objek Wisata Pemalang Paling Populer

Nah, untuk kamu yang tengah berencana liburan ke Pemalanag, beberapa rekomendasi objek wisata di daerah Pemalang ini bisa menjadi tujuan wisata alternatif untuk menghabiskan masa liburan.

Penasaran apa saja destinasi wisata yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

1. Pantai Widuri

Pantai Widuri

Mengawali pembahasan mengenai rekomendasi objek wisata Pemalang, Pantai Widuri bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan. Pantai yang satu ini termasuk pantai yang paling terkenal di Pemalang dan menjadi tujuan banyak wisatawan untuk berlibur di akhir pekan.

Selain pemandangan laut khas yang sangat indah, apa yang menarik dari pantai ini adalah fasilitas yang lengkap. Jika kamu berlibur bersama keluarga, ada taman bermain anak yang disediakan. Selain itu, ada cukup banyak tenda di tepian pantai yang bisa digunakan untuk bersantai.

  • Lokasi        : Jalan Laksada Yos Sudarso, Pemalang, Widuri, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : Rp 3.000 (hari biasa) dan Rp 5.000 (hari libur)
  • Jam buka   : 24 jam

2. Pantai Joko Tingkir

Pantai Joko Tingkir

Destinasi wisata menarik selanjutnya di kota Pemalang adalah Pantai Joko Tingkir. Berbeda dengan Pantai Widuri, bisa dikatakan jika Pantai Joko Tingkir ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan pantai Joko Tingkir tergolong baru dibuka.

Di pantai ini, selain menikmati deburan ombak yang berkejaran dan senja yang istimewa, kamu juga bisa menikmati pemandangan berupa pepohonan yang rindang. Tentu, banyaknya pohon akan membuat suasana di sekitar Pantai Joko Tingkir menjadi lebih sejuk.

  • Lokasi        : Nyamplungsari, Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : Rp 3.000
  • Jam buka   : 24 jam

Baca juga: 13 Wisata Outdoor Bogor dengan Pemandangan Eksotis

3. Pantai Blendung

Untuk kamu yang suka menikmati senja di sore hari, Pantai Blendung adalah salah satu spot berburu senja paling bagus di Pemalang. Memang, pantai yang satu ini belum terlalu terkenal. Tetapi, bentang alam yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri di tempat ini.

Saat berada di Pantai Blendung, kamu akan menemukan gardu pandang yang bisa dijadikan spot melihat senja. Selain itu, di sekitar objek wisata Pemalang juga terdapat cukup banyak warung makan yang menyajikan sajian khas Pemalang yang nikmat.

  • Lokasi        : Blendung, Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : Rp 1.000
  • Jam buka   : 24 jam

4. Curug Si Bedil

Curug Si Bedil

Selain memiliki pantai sebagai destinasi wisata andalan, kawasan Pemalang juga memiliki objek wisata menarik berupa curug atau air terjun. Salah satu curug yang terkenal adalah Curug Si Bedil.

Nama Curug Si Bedil berasal dari batuan yang terletak di sekitar air terjun berbentuk seperti senapan. Selain adanya batu yang unik tersebut, kawasan Curug Si Bedil ini juga memiliki bentang alam yang sangat indah dan suasana yang sangat sejuk dan menenangkan. Tentu, kamu yang ingin sejenak menyepi dari suasana kota yang bising, cocok berkunjung ke tempat ini.

  • Lokasi        : Sima, Moga, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 06.00 – 18.00 WIB

5. Curug Duwur Karang Pucung

Rekomendasi destinasi wisata di Pemalang yang menarik selanjutnya adalah Curug Duwur Karang Pucung.

Objek wisata Pemalang ini terletak agak tersembunyi sehingga cukup susah untuk dijangkau. Hanya saja, jika sampai di lokasi curug ini, kamu akan menemukan pemandangan yang sangat indah.

Nah, di sekitar Curug Duwur Karang Pucung, ada tumpukan bebatuan yang terletak di depan curug dan bisa digunakan untuk duduk sambil menikmati keindahan curug. Selain itu, ada kolam curug alami yang bisa digunakan untuk bermain air sepuasnya.

  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 24 jam

6. Curug Barong Gunung Jaya

Curug Barong Gunung Jaya

Curug Barong Gunung Jaya menjadi pilihan objek wisata Pemalang lain yang juga bisa dijadikan ide untuk berlibur bersama degan keluarga tercinta. Bisa dikatakan jika curug ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Pemalang dengan ketinggian air terjun hingga 25 meter.

Selain itu, di sekitar Curug Barong Gunung Jaya, terdapat bukit bebatuan yang menjulang cukup tinggi. Selain itu, kawasan curug juga ditumbuhi dengan pepohonan yang begitu rindang dan menambah kesan menyejukkan di kawasan tersebut. Destinasi wisata ini juga sangat menarik dengan tiket masuk yang murah meriah.

  • Lokasi        : Gunung Jaya, Belik, Pemalang.
  • Harga tiket : Rp 3.000
  • Jam buka   : 24 jam

7. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis merupakan sebuah telaga yang sebenarnya tidak terlalu besar. Meskipun demikian, telaga yang satu ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan mengesankan.

Kamu yang berada di Telaga Rengganis akan menemukan air telaga yang sangat bersih dan juga jernih. Tidak hanya itu, di sekeliling Telaga Rengganis, terdapat banyak pohon pinus yang tumbuh menjulang tinggi. Adanya pohon pinus tersebut selain menambah keindahan kawasan Telaga Rengganis, juga memberikan hawa yang sejuk.

Selain itu, ada beberapa spot foto yang sangat menarik di sekitar Telaga Rengganis. Tentu, kamu yang suka berfoto, bisa memanfaatkannya untuk menyimpan momen liburan.

  • Lokasi        : Gapura, Watukumpul, Pemalang.
  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 07.00 – 18.00 WIB

Baca juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata Hits Magelang yang Keren

8. Telaga Silanting Sikasus

Telaga Silanting Sikasus merupakan pilihan objek wisata Pemalang lainnya yang juga sangat menarik. Bahkan, destinasi wisata ini dianggap sebagai salah satu telaga yang paling cantik di kawasan Pemalang.

Apa yang menarik dari Telaga Silanting Sikasus adalah adanya persawahan dan juga perbukitan yang mengelilingi telaga ini. Adanya persawahan dan perbukitan tentu akan membuat pemandangan di kawasan Telaga Silanting Sikasus begitu memanjakan mata.

Telaga Silanting Sikasus sendiri juga memiliki air yang sangat jernih. Nah, ada aliran air di sebelah telaga yang bisa digunakan untuk berenang.

  • Lokasi        : Sikasur, Belik, Pemalang.
  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 07.00 – 18.00 WIB

9. Kedung Bening

Kedung Bening merupakan objek wisata baru yang ada di Pemalang. Kedung yang satu ini memang terletak di lokasi yang cukup tersembunyi sehingga perlu sedikit perjuangan untuk bisa sampai di lokasi. Namun, begitu berada di Kedung Bening, semua lelah selama perjalanan akan terbayar dengan lunas.

Perlu diketahui bahwa Kedung Bening ini adalah kedung yang terbentuk secara alami. Erosi air hujan yang menggerus bebatuan di sekitar telaga secara perlahan akan membuat kedung.

Hal menarik dari Kedung Bening ini adalah air kedung yang bisa berubah warna. Di saat musim kemarau, air Kedung Bening akan berwarna hijau sedangkan di musim hujan, air tersebut akan berubah menjadi cokelat.

  • Lokasi        : Perbatasan Desa Majalangu dan Bodan, Watukumpul, Pemalang.
  • Harga tiket : gratis 
  • Jam buka   : 24 jam

10. Kedung Mbulet

Kedung Mbulet adalah objek wisata yang cukup dikenal di Pemalang. Destinasi wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat sehingga memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan yang datang.

Tentu, salah satu objek wisata Pemalang bernuansa alam ini, Kedung Mbulet masih terlihat sangat alami dan juga asri. Ada banyak pepohonan yang mengelilingi kawasan Kedung Mbulet yang membuatnya terasa sangat sejuk dan menyenangkan.

  • Lokasi        : Sigenting, Walangsanga, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : Rp 3.000 (parkir) 
  • Jam buka   : 24 jam

11. Gunung Mendelem

Untuk kamu yang ingin berwisata sekaligus mendaki gunung, maka Gunung Mendelem bisa menjadi pilihan objek wisata Pemalangyang tepat untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini menjadi salah satu pilihan wisata yang sangat populer di Pemalang dan biasanya cukup ramai di musim liburan.

Pasalnya, Gunung Mendelem yang menjulang dengan ketinggian 1,454mdpl ini tidak terlalu tinggi untuk didaki. Selain itu, akses menuju kawasan wisata dan puncak gunung pun sudah cukup bagus sehingga akan memudahkan wisatawan yang masih pemula dalam urusan mendaki gunung.

  • Harga tiket : Rp 5.000
  • Jam buka   : 08.00 – 18.00 WIB

12. Gunung Gajah

Gunung Gajah juga bisa menjadi pilihan liburan di Pemalang yang cukup mengesankan. Di kawasan wisata ini, terdapat gardu pandang yang disediakan oleh pengelola untuk menikmati keindahan kawasan Gunung Gajah dan kawasan alam Pemalang.

Tidak hanya itu, Gunung Gajah hanya memiliki ketinggian sekitar 1.000mdpl sehingga tidak begitu menyulitkan wisatawan untuk mencapai puncaknya. Nama Gunung Gajah sendiri didasarkan pada bentuk gunung yang menyerupai seekor gajah jika dilihat dari kejauhan.

  • Lokasi        : Gongseng, Randudongkol, Pemalang, Jawa Tengah.
  • Harga tiket : gratis 
  • Jam buka   : 24 jam

13. Bukit Kukusan

Satu lagi destinasi objek wisata Pemalangyang menjadi rekomendasi untuk mengisi liburan kamu bersama keluarga, yaitu Bukit Kukusan. Destinasi wisata ini terletak di Pemalang bagian selatan yang terkenal dengan adanya perbukitan yang menjulang dan masih sangat asri.

Perlu diketahui bahwa Bukit Kukusan terletak di bawah kaki Gunung Slamet. Oleh karenanya, bisa dipastikan jika kawasan Bukit Kukusan ini memiliki hawa yang sangat sejuk serta pemandangan yang begitu indah dan menyejukkan mata. Terlebih, jika kamu datang ke lokasi ini di pagi hari atau sore hari saat cuaca cerah.

Di puncak Bukit Kukusan, terdapat cukup banyak spot berfoto sepuasnya. Kamu bisa berfoto ria bersama keluarga untuk mengabadikan momen liburan.

  • Lokasi        : Cikadu, Watukumpul, Pemalang.
  • Harga tiket : Rp 2.000 (tiket masuk), Rp 2.000 (biaya tambahan foto) 
  • Jam buka   : 24 jam

Beberapa rekomendasi objek wisata Pemalangyang bisa menjadi pilihan liburan kamu bersama keluarga. Tentu, kamu bisa memilih beberapa destinasi wisata, terutama yang terletak berdekatan untuk mendapatkan kesan liburan yang lebih mengesakan dan tak terlupakan.

Jangan lupa untuk membawa kamera dan abadikan setiap momen indah kamu di beberapa destinasi tersebut.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like