Berapa Modal Buka Cafe? Berikut Rincian Lengkapnya

Modal Buka Cafe
Cafe menjadi salah satu usaha dengan untung menggiurkan. Sebenarnya, modal untuk membuat cafe itu berapa sih? Yuk, simak perkiraan modal buka cafe di sini.

Thecronutproject.com – Membuka cafe sendiri menjadi keinginan sebagian orang. Tapi, membuka cafe tentu tidak semudah begitu saja. Banyak pertimbangan sebelum memulainya. Pertimbangan yang terpenting adalah memperhitungkan modal buka cafe.

Mengkalkulasi modal buka cafe perlu mempertimbangkan terlebih dahulu konsepnya. Setelah menentukan konsepnya, barulah kemudian kita bisa merinci perkiraan modal buka cafe berapa.

Sekilas Tentang Membuka Usaha Cafe

Berdasarkan pengertian awalnya, cafe merupakan istilah dari Prancis yang artinya “kopi”. Dalam perkembangannya kemudian, cafe menjadi salah satu tipe restoran yang menyediakan kopi, teh dan berbagai jenis makanan ringan. 

Cafe menjadi tempat yang mengedepankan atmosfer suasana yang mendukung bagi pengunjungnya untuk berkumpul bersama teman-temannya.

Sebagai langkah awal usaha membuka cafe, kita bisa mencoba jenis konsep cafe yang sederhana atau minimalis. Dengan demikian, kita bisa memperkirakan modal usaha cafe yang akan kita mulai. 

Pada dasarnya, cafe sederhana tidak perlu memakan ruangan yang luas seperti restoran. Ruangannya cukup dan nyaman untuk 10 sampai 20 pengunjung. Selain itu, penyajian makanan dan minuman pun tidak terlalu memakan biaya produksi yang besar. 

Hal penting untuk menentukan modal usaha cafe adalah bahwa penyajian makanan dan minumannya tidak memakan ongkos besar. Tapi, penyajiannya bisa menarik dan mendukung tujuan pengunjung datang ke cafe, yakni nongkrong dengan kawan-kawannya.

Penyajian makanan khas Indonesia, misalnya, seperti tempe mendoan, gorengan,  bakso, siomay, keripik, nasi goreng, mie, dan lain-lain, bisa menjadi panganan andalan. 

Penyajian minuman pun bisa memberi rasa nyaman bagi pengunjung yang datang ke cafe untuk nongkrong. Kopi tentunya menjadi sajian minuman utama. Selain itu, varian jus buah dan ragam teh, bisa menjadi pilihan lainnya di dalam menu.

Baca juga: Rincian Lengkap Modal Angkringan

Berangkat dari konsep cafe sederhana sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, maka kita bisa mulai memperkirakan modal-modal yang diperlukan untuk membuatnya. 

Katakanlah kita memperkirakan modal buka cafe sederhana dengan asumsi bisa menampung sampai 20 pengunjung. Ada 5 meja dengan 4 kursi per meja untuk pengunjung.

Kita bisa memecah tipe-tipe modal buka cafe sederhana menjadi tiga bagian, yakni modal untuk alat pengolahan makanan dan minuman, modal untuk perlengkapan cafe, dan modal kerja.

1. Modal Alat Pengolah Makanan dan Minuman

Mesin kopi (termasuk milk jug dan grinder): Rp 4.750.000

Kulkas: Rp 1.500.000

Kompor gas 2 tungku: Rp    295.000

Katel (3 ukuran): Rp    260.000

Tamper untuk kopi: Rp    334.000

Vietnam dripper : Rp    225.000

Blender bumbu makanan: Rp    295.000

Blender jus buah: Rp 115.000

Pembuat teh: Rp 119.000

Jumlah modal A   : Rp 7.893.000

2. Modal Perlengkapan Cafe

Piring berbahan porselen (20 pcs): Rp    398.800

Sendok dan garpu stainless steel (20 pcs): Rp     46.000

Pisau potong makanan (20 pcs): Rp     120.000

Meja dan kursi (5 set): Rp  5.495.000

Jumlah modal B    : Rp 6.059.800

3. Modal Kerja

Bahan baku minuman (kopi, teh, susu, dll)                   : Rp 2.500.000

Bahan baku makanan (roti, kentang, nasi, mie)       : Rp 1.500.000

Gaji 1 karyawan                                                                 : Rp 3.000.000

Penggunaan listrik, air, dan gas                                      : Rp 1.000.000

Jumlah modal C                                                               : Rp 8.000.000

Bila melihat rincian di atas, keseluruhan modal buka cafe sederhana setidaknya adalah Rp 21.952.800.

Catatan Penting

Jumlah perkiraan modal ini belum memperhitungkan harga sewa tempat. Alasannya, harga sewa tempat akan beragam tergantung wilayah dan kondisi bangunannya. 

Dengan demikian, perkiraan besaran modal buka cafe dipengaruhi juga dengan harga sewa tempat ini. Umumnya, harga sewa tempat menjadi salah satu komponen biaya terbesar dalam modal buka cafe.

Selain itu, perkiraan modal buka cafe sederhana juga belum memperhitungkan biaya dekorasi atau renovasinya. Alasannya, dekorasi dan inovasi akan tergantung dengan konsep yang diusung oleh pemilik modal cafe.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara mendapatkan modal usaha
Read More

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba? Yuk smiak langkah-langkah ini. Beberapa cara mencari modal tanpa riba untuk membuka usaha sendiri.