Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Berikut 7 Ide Bisnisnya!

Modal 300 ribu bisa usaha apa
Tak perlu bingung modal 300 ribu bisa usaha apa. Dengan modal 300 ribu, kamu bisa buka usaha rumahan, jasa cuci motor, atau mulai beternak.

Thecronutproject.com – Modal 300 ribu bisa usaha apa? Dengan modal 300 ribu, kamu bisa membuka usaha macam-macam. Mulai dari usaha rumahan, ternak, kuliner, dan lain-lain.

Apakah pasti laku dan berhasil?

Itu tergantung bagaimana strategi bisnis, pemasaran, inovasi, dan lain-lain. Namun, jangan terpaku pada kekhawatiran. Selama belum kamu coba, maka kamu tidak akan pernah tahu apakah bisnis ini laku atau tidak.

Tidak ada bisnis yang langsung berhasil. Semua memerlukan tekad dan kerja keras tiada henti.

Di artikel ini akan dibahas apa saja bisnis yang bisa kamu jalankan dengan modal 300 ribu rupiah.

1. Hadirkan inovasi baru dengan usaha telur asin

usaha rumahan

Banyak yang menyukai telur asin karena rasanya yang enak. Telur asin juga cocok untuk menu makan malam, makan siang, atau bahkan sarapan. Tentu ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Agar bisnis kamu terlihat menarik dan berbeda dari yang lain, kamu bisa berinovasi dengan menghadirkan telur asin aneka rasa. Kamu juga bisa menghadirkan telur asin kemasan yang lebih praktis dan bisa dibawa ke mana saja tanpa takut pecah atau bau amis.

Untuk memulai usaha rumahan ini, kamu memerlukan beberapa alat dan bahan sebagaimana berikut:

  • Telur bebek 100 butir @Rp 2.000 : Rp 200.000
  • Batu bata 4 buah @Rp 2000 : Rp 8.000
  • Garam 2 bungkus @ Rp 5.000 : Rp 10.000
  • Kemasan : Rp 22.000
  • Transportasi: Rp 20.000
  • Promosi : Rp 40.000

Jadi, total modal yang harus kamu keluarkan yaitu Rp 300.000.

2. Buka usaha sampingan dengan jual gorengan

cara memutar uang 300 ribu

Masih bingung modal 300 ribu bisa usaha apa? Kamu bisa coba menjual gorengan sebagai cara memutar uang 300 ribu.

Masyarakat Indonesia bisa dibilang sangat menyukai gorengan. Dalam beberapa event, makanan ini seperti tidak pernah ketinggalan. Melihat kondisi ini, kamu bisa menangkap peluang dan menjadikan bisnis mendoan sebagai usaha sampingan. 

Jika modal masih minim, kamu tak perlu membuka warung. Cukup manfaatkan teras rumah atau jual secara online dengan layanan delivery order.

Modal usaha ini juga tidak banyak. Kamu hanya membutuhkan modal Rp 300.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • Gas elpiji: Rp 40.000
  • Minyak goreng: Rp 80.000
  • Bahan-bahan gorengan: 170.000
  • Kemasan: Rp 10.000

Jika tertarik dengan bisnis ini, kamu bisa menjualnya secara offline atau online dengan memanfaatkan aplikasi seperti GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan lain-lain.

3. Ambil semua peluang dengan jasa delivery order makanan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Jika di kota-kota besar sudah ada banyak jasa layanan antar makanan, mungkin akan berbeda untuk daerah-daerah di pinggiran kota. Kamu bisa membuka peluang usaha delivery makanan di daerah tersebut.

Tawarkan jasa kamu melalui media sosial, baik melalui postingan, story, maupun grup. Berikan keterangan bahwa kamu siap mengantar aneka pesanan sampai depan rumah.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Kamu hanya memerlukan modal sekitar Rp 300 ribu dengan rincian sebagai berikut:

  • Paket data: Rp 100.000
  • Bensin: Rp 50.000
  • Peralatan delivery order: Rp 150.000

Untuk tarif delivery order bisa kamu hitung berdasarkan jarak, lama waktu pemesanan, atau dari ketentuan lainnya. Buat range harga untuk setiap ketentuan tersebut.

Baca juga: 15+ Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing 2022.

4. Raup untung besar dengan jual makanan ringan

bisnis online modal 300 ribu

Meski tidak semua, namun banyak sekali orang yang suka ngemil. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Kamu bisa meraih untung besar dengan membuka bisnis cemilan atau makanan ringan.

Adapun rincian modal untuk memulai bisnis online modal 300 ribu ini, yaitu:

  • Kemasan: Rp 100.000
  • Stiker kemasan: Rp 50.000
  • Alat press sealer: Rp 150.000

Untuk varian cemilan, kamu bisa cari supplier makanan ringan kemudian lakukan packing ulang dengan kemasan lebih menarik. Kamu juga bisa menjadi reseller dari merek makanan ringan yang sudah terkenal.

Pelajari juga: Bisnis Camilan Sehat

Lakukan promosi melalui berbagai platform media sosial. Jangan lupa untuk meminta testimoni dari para pelanggan agar makin banyak orang yang penasaran dengan produk kamu.

5. Buka jasa cuci motor rumahan

Cuci Motor

Meski terlihat sepele, usaha cuci motor ini tidak ada matinya, lho. Terlebih lagi sekarang jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat. Sementara tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mencuci motor.

Tentu ini menjadi pangsa yang menggiurkan. Kamu juga tidak perlu menyiapkan banyak modal dengan menyewa tempat. Cukup manfaatkan teras rumah atau buat inovasi dengan menawarkan jasa cuci motor panggilan.

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini yaitu:

  • Peralatan cuci motor (kuas, sikat, kanebo, ember): Rp 250.000
  • Shampo motor ukuran 5 liter: Rp 50.000

Tertarik dengan usaha modal 300 ribu ini? Kamu bisa menggabungkan bisnis ini dengan usaha cuci helm atau menjual makanan dan minuman kemasan di ruang tunggu.

6. Hadirkan minuman sehat dengan jus buah

Usaha jus buah bisa dibilang tidak pernah ada matinya. Selain menyehatkan, rasa jus buah juga nikmat dan segar. Bahkan, ada beberapa orang yang tidak terlalu suka makan buah langsung tapi menyukai jus buah.

Tentu ini menjadi peluang yang bagus, terlebih modal untuk membuka es buah ini juga tidak terlalu besar. Kamu hanya membutuhkan:

  • Blender: Rp 170.000
  • Gelas cup: Rp 30.000
  • Buah-buahan: Rp 10.000

Untuk mengetahui keutunganya, kamu bisa baca di artikel keuntungan jual jus buah.

Agar semakin menarik, kamu bisa menambahkan aneka topping, seperti meses, coklat, keju, dan lain-lain. Selain jus, kamu juga bisa menjual aneka minuman lain, seperti cappucino cincau, coklat, green tea matcha, dan lain-lain.

7. Putar modal 300 ribu dengan ternak jangkrik

Usaha peternakan jangkrik

Mungkin usaha ini masih terbilang agak asing. Namun, prospek dari ternak jangkrik ini cukup menjanjikan. Apalagi jika di sekitarmu banyak yang memelihara burung atau peternak burung.

Jangkrik juga bisa menjadi pilihan ternak paling cepat panen dan menguntungkan. Estimasi waktu untuk panen yaitu sekitar 30-35 hari sekali. Hanya sekitar 1 bulan, kamu bisa menikmati cuan hingga jutaan rupiah.

Bagaimana dengan besarnya modal? Berikut rincian modal dan estimasinya:

  • Bibit jangkrik (telur jangkrik) Rp 200 ribu per kilogram;
  • Box jangkrik Rp Rp 70 ribu;
  • Makanan jangkrik Rp 30 ribu.

Lantas, berapa keuntungannya? 

Anggap saja setiap panen kamu bisa menghasilkan lebih dari 40 kg jangkrik. Dengan harga rata-rata per kilogram yaitu Rp 35 ribu, maka hasil penjualan yang kamu peroleh mencapai Rp 1,4 jutaan. Dengan demikian, keuntungan yang kamu peroleh bisa mencapai Rp 1,1 jutaan.

Baca juga: 6 usaha ternak modal 300 ribu yang menguntungkan.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi kan modal 300 ribu bisa usaha apa?

Pada dasarnya, ada banyak usaha yang bisa kamu mulai dengan modal Rp 300 ribu. Kamu bisa memilih salah satu ide usaha di atas. Buat konsep usahanya, tentukan target market, dan mulai lakukan promosi dengan gencar.

Modal bukanlah satu-satunya hal yang penting saat memulai usaha. Dengan modal minim, bisnis kamu tetap bisa sukses.

Sekali lagi, jika ditanya modal 300 ribu bisa usaha apa? Jawabannya, banyak. Kamu bisa membuka usaha rumahan seperti jual gorengan, jus buah, cemilan, atau membuka layanan cuci motor.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like