Mesin Obras Terbaik

Mesin obras terbaik
Sedang mencari mesin obras yang cocok? Beberapa rekomendasi mesin obras terbaik ini bisa jadi pilihan. Dalam memilih mesin obras juga harus diperhatikan..

Mesin Obras Terbaik – Pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer dari manusia. Untuk menunjang kebutuhan tersebut maka berkembanglah bisnis fesyen (fashion).

Perkembangan bisnis fesyen saat ini bukan hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan primer manusia, tetapi juga untuk menunjang gaya hidup (lifestyle) seseorang.

Hal tersebut juga memicu perkembangan dari perangkat yang digunakan industri maupun rumah tangga dalam proses menghasilkan produk fesyen yang berkualitas.

Salah satu perangkat yang mendukung perkembangan dunia fesyen adalah dengan penggunaan mesin obras terbaik sehingga dapat dihasilkan produk-produk fesyen yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini.

Ulasan dibawah ini ada beberapa rekomendasi mesin obras kualitas terbaik baik untuk pemula maupun yang sudah profesional. 

Ini Kegunaan Mesin Obras

Mesin obras dapat diklasifikasikan ke dalam mesin jahit yang memiliki kecepatan tinggi. Mesin ini berfungsi untuk merapikan tepi pakaian supaya bahan atau kain tidak mudah terurai dengan cara mengobras (overlock) dalam satu operasi, sehingga membuat pakaian yang dihasilkan lebih rapi pada bagian tepinya dan tentu saja tahan lama.

Dalam industri pakaian jadi (garmen), berdasarkan pada jumlah benang yang digunakan, mesin obras dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya, di antaranya:

  • Mesin obras benang tiga adalah mesin yang paling banyak digunakan penjahit dalam proses penyelesaian tiras pakaian, seperti blus (blouse) dan kemeja.
  • Mesin obras benang empat atau yang lebih dikenal dengan mesin obras kaos, yang berguna untuk merapikan jahitan tepian kaos.
  • Mesin obras benang lima, berfungsi untuk mencegah terurainya benang-benang halus penyusun kain pada bagian tepiannya. Mesin obras ini umumnya digunakan untuk proses penyelesaian celana dan jin (jeans).
  • Mesin obras benang enam, mesin ini umumnya difungsikan untuk mengobras kain dengan cara memanipulasi stitching untuk bahan lain, tidak hanya knitting atau woven saja.

Memilih Mesin Obras yang Paling Bagus

Dalam proses memilih mesin obras ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya yaitu:

  • Memilih jenis mesin obras yang sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menilik kemampuan menjahit yang Anda miliki, apakah Anda adalah pemula ataukah sudah profesional.
  • Bagi pemula, sebaiknya memilih mesin obras yang penggunaannya sederhana dan mudah untuk dipahami. Karena masih dalam tahap pembelajaran, sehingga diperlukan proses adaptasi dalam menggunakan mesin obras.
  • Namun, bagi Anda yang sudah berpengalaman dan mahir dalam bidang menjahit, Anda dapat memilih mesin obras sesuai dengan kemampuannya.
  • Pilihlah mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda, jangan mudah tergiur dengan fitur-fitur yang tidak dibutuhkan.
  • Memilih  kecepatan mesin obras yang sesuai dengan kebutuhan. Kecepatan mesin dalam beroperasi berbanding lurus dengan hasil yang diperoleh dengan kata lain semakin cepat kinerja mesin, maka akan semakin banyak dan cepat dalam proses pengobrasan bahan.

Jika penggunaan mesin hanya ditujukan untuk hobi atau untuk usaha dalam skala kecil (usaha rumahan), mesin obras dengan kecepatan antara 1.000–1.500 spm sudah dapat digunakan.

Namun, jika mesin digunakan untuk keperluan industri menengah sampai dengan besar, seperti pabrik, maka sebaiknya pilihlah mesin obras yang memiliki kecepatan 2.000–5.500 spm. Karena mesin dengan kapasitas kecepatan yang tinggi, dapat mengobras berbagai jenis bahan, mulai dari yang tipis hingga yang tebal.

Sesuaikan dengan anggaran (budget) yang dimiliki. Mesin obras memiliki harga yang bervariasi, dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, sesuaikanlah pembelian mesin dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Bagi pemula, sebaiknya pilihnya mesin yang tidak terlalu mahal, tetapi tetap berkualitas.

Sementara itu, bagi yang berkecimpung dalam industri garmen, Anda dapat menggunakan mesin yang memiliki fitur yang lebih canggih dengan kecepatan mesin yang tinggi, walaupun kemungkinan harga yang ditawarkan relatif mahal.

Baca juga: Mesin jahit yang bagus untuk konveksi

Merek Mesin Obras Terbaik

Berikut ini terdapat beberapa spesifikasi merek mesin obras yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Singer 14HD854

Singer 14HD854

Mesin merek ini dilengkapi dengan fungsi obras dua, tiga, dan empat benang serta kemampuan motor yang heavy duty yang memungkinkan untuk mengobras semua jenis bahan pakaian.

Mesin ini cocok digunakan di rumah, baik untuk konsumsi pribadi ataupun desainer untuk kebutuhan butik dan tailor.

2. Typical GN 794

Typical GN 794

Mesin merek ini dapat digunakan untuk industri garmen dari skala kecil hingga besar. Produk ini dapat menjahit berbagai jenis bahan, sampai dengan ketebalan 13 mm.

Selain itu, mesin ini dapat digunakan untuk mengobras pakaian dengan sistem tiga atau empat benang dengan kecepatan maksimal 5.500 spm.

3. Butterfly GN1

Butterfly GN1

Mesin yang dilengkapi fitur jahit tiga benang dengan kecepatan maksimal hingga 2.000 spm. Selain untuk mengobras, mesin ini juga dapat berfungsi untuk proses neci (menjahit bagian tepi).

4. Pegasus DC-1S

Pegasus DC-1S

Mesin yang dilengkapi dengan tiga benang, dengan kebutuhan listrik dinamo hanya 100 watt dan kecepatan maksimal 2.000 spm.

5. Yamato DC-1H

Yamato DC-1H

Mesin dengan kecepatan hingga 2.500 spm, disarankan digunakan oleh yang sudah cukup mahir. Mesin obras khusus tiga benang yang sesuai untuk kebutuhan semi industri.

6. Nechi 300

Nechi 300

Desainnya yang ringkas, memiliki ukuran mini, dengan harga yang terjangkau, sangat cocok digunakan untuk industri skala kecil (rumahan). Mesin obras yang menggunakan dua buah jarum, membuat hasil jahitan yang halus dan kuat. Nah, itulah di antaranya mesin obras terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *