Mengapa Pemasok Membutuhkan Laporan Keuangan Suatu Perusahaan?

Mengapa Pemasok Membutuhkan Laporan Keuangan Suatu Perusahaan
Mengapa pemasok membutuhkan laporan keuangan suatu perusahaan? Berikut ini jawaban lengkapnya!

Thecronutproject.com – Salah satu pertanyaan yang cukup sering muncul terkait hubungan bisnis suatu perusahaan dengan partner adalah mengapa pemasok membutuhkan laporan keuangan suatu perusahaan?

Tentu, jawaban dari pertanyaan ini harus dipahami dengan baik agar nantinya hubungan perusahaan dan pemasok sebagai partner bisnis akan berjalan dengan baik. 

Tidak hanya itu, jika dilihat lebih saksama, pertanyaan yang diajukan tersebut sebenarnya juga menggarisbawahi pentingnya sebuah laporan keuangan dari suatu perusahaan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang seluk-beluk terkait laporan keuangan perusahaan dan alasan kenapa pemasok perlu mengetahui laporan keuangan tersebut. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan adalah dokumen penting dari perusahaan yang berisi tentang data penting, seperti aset, kewajiban, beban, net worth, pendapatan dan juga perubahan arus kas serta ekuitas perusahaan. 

Dengan adanya laporan keuangan serta data-data yang ada di dalamnya, pihak eksternal seperti pemasok bisa melihat bagaimana kondisi keuangan dari sebuah perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Ada beberapa tujuan umum dari pembuatan laporan keuangan perusahaan. Adapun beberapa tujuan yang dimaksud adalah:

  1. Membantu manajemen perusahaan menilai kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu
  2. Menyajikan informasi atau data komprehensif mengenai kondisi keuangan perusahaan, terutama untuk kondisi yang lebih spesifik
  3. Pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting dalam perusahaan 
  4. Menciptakan hal baru bagi perusahaan terutama untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan
  5. Menentukan tingkat kredibilitas dari suatu perusahaan

Bisa dikatakan bahwa laporan keuangan memiliki fungsi penting bagi perusahaan. Oleh karenanya, laporan ini harus disajikan dengan baik dan profesional.

Baca juga: Mengapa Teks Laporan Harus Ditulis Berdasarkan Hasil Observasi?

Mengapa Pemasok Membutuhkan Laporan Keuangan Suatu Perusahaan?

Pemasok atau supplier merupakan salah satu pihak yang perlu mengetahui detail laporan keuangan dari suatu perusahaan.

Hal ini dikarenakan laporan keuangan suatu perusahaan akan menjadi sebuah pertimbangan utama dari seorang pemasok atau supplier untuk memulai sebuah kerjasama bisnis dengan perusahaan tertentu.

Hal ini sangat mendasar karena sebagaimana diketahui, laporan keuangan perusahaan secara tidak langsung berpengaruh pada kredibilitas perusahaan tersebut.

Dengan laporan keuangan yang baik, tentu pemasok akan cenderung lebih percaya pada perusahaan yang dimaksud. Terlebih, jika perusahaan hendak membeli produk dengan sistem kredit atau cash tempo. 

Dari laporan keuangan tersebut, pemasok nantinya bisa mengambil kesimpulan apakah perusahaan akan bisa membayar tagihan yang diperlukan atau tidak.

Tentu saja, pemasok tidak akan mengambil risiko untuk memberikan pesanan perusahaan dengan kondisi keuangan yang buruk karena adanya potensi kerugian.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Laporan, Apa Saja?

Dengan penjelasan di atas, Anda bisa mengetahui alasan mengapa pemasok membutuhkan laporan keuangan suatu perusahaan. Nah, jika Anda berbisnis dengan perusahaan sebagai supplier, maka perhatikan laporan keuangan perusahaan tersebut demi kelancaran bisnis. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like