Mengapa Kita Membutuhkan Orang Lain dalam Melakukan Kegiatan Ekonomi?

Mengapa Kita Membutuhkan Orang Lain dalam Melakukan Kegiatan Ekonomi
Mengapa kita membutuhkan orang lain dalam melakukan kegiatan ekonomi? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Thecronutproject.com – Sebagai makhluk sosial, kita tidak hanya membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sosial kita, namun juga kebutuhan perekonomian kita. Itulah alasan mengapa kita membutuhkan orang lain dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Pengertian Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Pengertian dari makhluk sosial sendiri yaitu, bahwasannya kita sebagai manusia membutuhkan manusia lain. Kaitannya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia tidak dapat menjalankan hal tersebut sendirian. Termasuk juga untuk memenuhi kebutuhan kita, manusia juga membutuhkan manusia lain.

Dengan begitu, kita sebagai manusia seharusnya tidak dapat hidup sendirian, karena secara tidak langsung kita pasti tidak dapat memenuhi salah satu atau beberapa kebutuhan, baik fisik maupun psikologis yang akan memberikan dampak lebih jauh pada diri kita.

Dari pengertian diatas sudah terjawab mengapa kita membutuhkan orang lain dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Pengertian Kegiatan Ekonomi

Sedangkan kegiatan ekonomi menurut laman Kemdikbud yaitu, merupakan semua kegiatan yang kita lakukan sebagai manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, baik secara fisik maupun psikologis.

Kaitannya dengan kegiatan ekonomi, berarti kita sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, karena kita membutuhkan orang lain untuk mencukupi kebutuhan kita secara ekonomi, yang secara tidak langsung berkaitan dengan proses produksi, distribusi dan konsumsi barang serta jasa.

Contoh Kasus

Misalnya, dalam kegiatan ekonomi pasti terdapat proses produksi, distribusi, hingga konsumsi. Kaitannya dengan manusia sebagai makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain untuk dapat membantu kita mencukupi atau memenuhi proses tersebut, yaitu:

1. Produksi

Dalam tahapan produksi, manusia dibutuhkan untuk dapat mengerjakan, membuat, atau memproduksi suatu barang dan jasa. Sehingga barang dan jasa tersebut dapat dinikmati oleh orang lain atau disalurkan kepada banyak orang

2. Distribusi

Setelah barang atau jasa selesai di produksi, terdapat barang atau jasa yang tidak langsung disalurkan kepada konsumen. Barang-barang tersebut biasanya harus melalui serangkaian proses distribusi terlebih dahulu.

Dalam proses distribusi inilah seorang distributor memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat menyalurkan barang dan jasa yang telah di produksi oleh produsen kepada konsumen untuk dapat dikonsumsi.

3. Konsumsi

Dalam proses konsumsi, pasti berkaitan langsung dengan konsumen yang secara langsung ataupun tidak menggunakan dan memanfaatkan barang yang telah mereka dapatkan dari distributor atau produsen secara langsung.

Itu tadi merupakan contoh kasus sederhananya, sehingga apabila salah satu rangkaian tersebut tidak ada manusia yang mengisi, maka pastinya tidak dapat berjalan dengan normal.

Misalnya, kita tidak ada konsumen yang mengkonsumsi produk atau jasa, maka percuma bagi produsen untuk memproduksi barang tersebut.

Baca juga: Pentingnya Sikap Menghargai dalam Keberagaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Mengapa Kita Membutuhkan Orang Lain dalam Melakukan Kegiatan Ekonomi?

Manusia membutuhkan manusia lain dalam melakukan kegiatan ekonomi disebabkan oleh kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sementara kemampuan yang kita miliki cenderung memiliki batas tertentu.

Oleh sebab itu, manusia pastinya selalu membutuhkan manusia lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like