5 Manfaat Investasi Asing

Manfaat investasi asing
Apa saja manfaat investasi asing di Indonesia? Nah, berikut ini manfaat dari investasi asing yang dirasakan Indonesia setidaknya ada 5 manfaat.

Sumber investasi ada 2 dari dalam negeri dan asing. Manfaat investasi asing dalam perekonomian di tanah air sangatlah besar. Dana baru selalu dibutuhkan untuk tanah air bisa membangun sektor-sektor yang penting. Nah dari para penanam modal asing inilah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan tersedia.

Awalnya masuknya penanam modal asing ke Indonesia ini cukup sulit. Syarat dan ketentuan administrasi atau aturan yang diterapkan terbilang rumit. Hal ini membuat investor asing malas melakukan investasi di tanah air.

Namun akhirnya lambat laun pemerintah mulai mempermudah syarat-syarat para penanam modal asing untuk masuk dan berinvestasi di Indonesia. Akhirnya semakin tahun semakin banyak penanam modal asing yang datang dan berinvestasi di Indonesia.

Apa Saja Manfaat Investasi Asing?

Nah, manfaat dari investasi asing yang dirasakan Indonesia setidaknya ada 5 manfaat.

1. Pembangunan Negara Bisa Terlaksana

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau investasi asing dijadikan dana untuk pembangunan sektor-sektor penting di Indonesia. Dana segar jadi tersedia setiap kali dibutuhkan itu berkat adanya investasi asing.

Jika pemerintah tidak melakukan upaya menarik perhatian para penanam modal asing untuk masuk ke tanah air, tentu dana segar yang dimaksud tidak akan ada dan bisa menghambat pembangunan Negara.

2. Mengatasi Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai negara. Dengan adanya investasi asing maka hal ini bisa diatasi meski tidak langsung mengurangi dalam jumlah banyak. Di Indonesia sendiri, pengangguran dan rakyat yang bekerja tidak layak masih bertebaran dan merata. 

Seperti yang sudah dikatakan bahwa investor asing awalnya susah untuk bisa menanam modal di tanah air, hal ini pun memberikan dampak yang cukup merugikan yakni banyaknya pengangguran. Namun setelah banyak orang yang masuk dan datang berinvestasi, terbukalah lapangan baru bagi penduduk yang belum berpenghasilan.

Mengapa demikian? Jadi saat ada investor dari luar negeri berinvestasi pada sektor tertentu maka akan ada pembangunan dimana tentu proses tersebut membutuhkan bantuan para pekerja baru.

Dari situlah lapangan kerja berasal. Ini tentu akan membantu rakyat yang hidupnya kurang layak sedikit demi sedikit bisa hidup layak.

3. Teknologi dan Pengetahuan Masyarakat Berkembang

Setiap penanam modal asing masuk ke Indonesia tentu akan membawa pengetahuan baru dari Negara asalnya. Penanam modal asing tentu tidak hanya membawa uang namun pengetahuan dan teknologi baru dari Negara asalnya pun akan turut masuk ke Indonesia.

Sebab saat akan berinvestasi belum tentu apa yang akan investor bangun di Indonesia sudah memiliki teknik atau teknologi yang dibutuhkan si investor tersebut.  Jadi penanam modal asing tentu akan membawa teknologi dan pengetahuan yang diberikan.

Secara logika teknologi dan pengetahuan di Negara maju tentu lebih canggih dan luas daripada di tanah air. Nah jika orang-orang dari negara berkembang datang dan menanamkan modal tentu nanti akan muncul sektor-sektor baru dengan pengetahuan dan teknologi dari negara asal si investor.

Hal inilah yang membuat rakyat bisa mendapatkan teknologi canggih dan pengetahuan yang terus bertambah luas.

4. Devisa Negara Meningkat

Dengan adanya investasi asing maka devisa negara otomatis naik atau meningkat. Devisa sendiri adalah alat pembayaran transaksi antar negara.

Dimana devisa ini menjadi salah satu sumber pendapatan negara. Jadi jika banyak orang dari antar negara datang dan menanamkan modal di sini tentu secara otomatis devisa negara ini juga bertambah sesuai dengan investor asing yang masuk.

Tidak heran jika investasi asing sangat bermanfaat ya bagi keuangan negara. Negara mendapatkan banyak keuntungan banyak dari investasi satu ini. 

5. Mendapat Perlindungan 

Manfaat investasi asing untuk Indonesia adalah mendapatkan perlindungan dari Negara penanam modal asing. Ini sudah menjadi aturan umum dimana Negara yang menerima investasi dari Negara lain akan mendapatkan perlindungan dari Negara asal pemilik modal asing itu sendiri.

Perlindungan yang diberikan bisa berupa perlindungan dari segi politik, bisa juga keamanan Negara, dan masih banyak lagi. Ini terjadi untuk melindungi investasi yang sudah ditanamkan di negara lain.

Jadi pemodal sudah pasti memberikan perlindungan pada Indonesia agar kerja sama antar dua Negara bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan satu sama lain.

Referensi artikel terkait:

Nah, itulah manfaat investasi asing khususnya untuk Indonesia. Pemodal asing memiliki peran cukup penting untuk membuat perekonomian Negara meningkat dan membuat rakyat Indonesia bisa lebih sejahtera.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Investasi Aman dan Menguntungkan
Read More

Investasi Aman dan Menguntungkan

Pahami dulu beberapa jenis investasi yang ada dan pelajari investasi yang aman dan menguntungkan. Berikut pilihan investasi yang aman dan sangat menguntungkan.
Cara Menghitung Keuntungan Investasi
Read More

Cara Menghitung Keuntungan Investasi

Sebelum melakukan investasi, hendaknya harus tau cara menghitung keuntungan investasi. Berikut ini cara perhitungan keuntungan dari beberapa jenis investasi.