Lokasi Wirausaha: Strategi Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

Lokasi wirausaha
Pemilihan lokasi wirausaha merupakan suatu langkah penentu kesuksesan sebuah usaha. Adapun aspek-aspek strategi memilih lokasi wirausaha yang tepat berikut ini.

Thecronutproject.com – Pemilihan lokasi wirausaha merupakan aspek yang krusial. Sebab, melalui lokasi yang tepat, usaha berpotensi akan mengalami perkembangan secara pesat.

Pada bagian selanjutnya, akan diuraikan mengenai strategi yang tepat dalam menentukan lokasi usaha yang pas. Dengan tujuan, supaya Anda bisa memilih lokasi yang berpotensi memajukan usaha.

Dalam melakukan pemilihan lokasi wirausaha, tentunya tidak boleh asal pilih saja. Terdapat beberapa komponen pertimbangan yang bisa menjadi rujukan.

Tips Memilih Lokasi Wirausaha

Adapun aspek-aspek strategi memilih lokasi wirausaha yang tepat, antara lain sebagai berikut:

1. Cermati Kepadatan Penduduk Sekitar

Keramaian

Saat melakukan pemilihan lokasi wirausaha, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu kepadatan dari penduduk di sekitar lokasi. Mengapa demikian? Pasalnya, terdapat korelasi positif antara kepadatan penduduk dengan potensi berkembangnya usaha Anda.

Sebagai contoh, jika dalam suatu wilayah penduduknya relatif padat, maka otomatis banyak yang beraktivitas di dalamnya.

Dengan demikian, target pasar Anda pun akan lebih luas. Tentunya akan semakin potensial dibandingkan ketika Anda membuka usaha di tempat yang sepi.

Semakin padat penduduk, maka semakin besar pula minat pasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Kemungkinan akan semakin tinggi juga penghasilan yang akan diterima.  

2. Pendapatan Masyarakat Lingkungan Sekitar Lokasi

Aspek penting dalam pemilihan lokasi wirausaha selanjutnya adalah mengenai tingkat pendapatan dari masyarakat yang berdomisili di sekitar lokasi usaha Anda.

Mengapa komponen ini penting?

Sebab pendapatan akan berpengaruh terhadap daya beli masyarakat nantinya. Ketika tingkat pendapatan masyarakat tergolong tinggi, maka akan semakin besar pula daya beli dari masyarakat yang bersangkutan.

Tinggi rendahnya daya beli yang bermula dari pendapatan tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan harga pula. Apabila ternyata penghasilan masyarakat relatif rendah, maka manakala Anda menawarkan harga yang tinggi cenderung kurang diminati.

Selain harga, mengenai produk yang tepat pun bisa menggunakan aspek ini sebagai pertimbangan.

3. Tingkat Keramaian

Tingkat keramaian pada daerah sekitar lokasi usaha Anda dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan jenis usaha yang tepat.

Sebagai contoh, jika pada daerah sekitar lokasi merupakan wilayah pejalan kaki, maka rasanya berjualan minuman dingin adalah alternatif solusi yang tepat. Sebab, orang akan cenderung ingin melepas dahaga setelah lelah berjalan kaki.

4. Jumlah Usaha yang Mendukung di Lokasi

Semakin besar jumlah usaha-usaha yang ada di daerah sekitar lokasi, nantinya akan cenderung lebih memikat konsumen. Pasalnya, relatif akan lebih ramai daripada hanya ada satu pedagang di sana. Apalagi jika produk yang dijual itu bermacam-macam.

Misalnya, ketika ada sebuah warung makan, Anda bisa menjual minuman kekinian. Tentunya kombinasi hal tersebut bisa menjadikan konsumen tertarik. Alasannya, karena makan tidak bisa terlepas dari minum.

5. Selaraskan antara Anggaran Dengan Lokasi Usaha

Berikutnya, yang juga penting adalah Anda harus memperhatikan mengenai anggaran dengan lokasi usaha. Biasanya, semakin strategis, apalagi dekat dengan jalan raya, maka akan semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menentukan anggaran terlebih dahulu, lalu menyesuaikan lokasi dengan anggaran yang ada.

6. Pertimbangkan Kompetitor

Terkait competitor, juga menjadi hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Semakin banyak kompetitor di lokasi yang sama, maka semakin besar pula persaingan dagang.

Sebaiknya, Anda memilih lokasi usaha dengan jumlah kompetitor yang sedikit, tetapi sifat usaha prospektif di masa mendatang.

7. Lihat Akses Menuju ke Lokasi Usaha

Yang juga penting, Anda harus mempertimbangkan mengenai bagaimana akses menuju ke lokasi usaha. Semakin mudah, maka semakin banyak pula orang yang bisa menjangkaunya.

Terlebih, jika lokasi usaha berada di dekat jalan raya kota besar, maka akan semakin besar pula peluang usaha mendatangkan penghasilan yang tinggi.

8. Aspek Keamanan

Keamanan tempat usaha pun harus diperhatikan. Jika lokasi sudah dipastikan keamanannya, maka Anda bisa berjualan secara tenang, sekaligus nyaman tanpa gangguan.

9. Jangan Abaikan Kebersihan

Kemudian, mengenai kebersihan lokasi, Anda juga harus menelitinya secara mendalam. Apalagi jika Anda memilih bisnis di bidang makanan. Pastinya calon konsumen lebih tertarik pada tempat usaha yang bersih dibandingkan yang tidak.

Dibalik itu, sebagai pelaku usaha, tentunya Anda harus pula menjaga kebersihan lingkungan usaha untuk melestarikan lingkungan.

10. Ketahui Rekomendasi Tempat Strategis untuk Usaha Makanan

Pada bagian sebelumnya, telah diuraikan mengenai strategi yang tepat dalam menentukan tempat usaha makanan. Bagi Anda yang ingin menjual makanan, berikut akan disampaikan mengenai rekomendasi untuk memilih lokasi wirausaha makanan, antara lain daerah sekitar kampus.

Sebab di sana banyak mahasiswa yang cenderung lebih memilih untuk membeli daripada memasak makanan sendiri. Lalu, tempat yang juga potensial untuk usaha makanan adalah daerah sekitar tempat wisata.

Di sana, cenderung ramai pengunjung, sehingga akan besar peluang ramainya usaha makanan Anda.

Gagalnya usaha bukan hanya dari pemilihan lokasi saja, baca selengkapnya mengenai penyebab kegagalan wirausaha

Jadi, itulah penjelasan mengenai pemilihan lokasi wirausaha. Termasuk juga terkait strategi pemilihan lokasi yang tepat, serta rekomendasi tempat untuk usaha makanan. Melalui paparan tersebut, diharapkan dapat bermanfaat untuk Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like