Konsep Desain Rumah Sehat yang Tren di Tahun 2022

Rumah Sehat
Tren rumah sehat di tahun 2022 semakin menguat. Seperti apa konsep desain rumah sehat itu? Yuk, cek konsep desainnya di artikel ini.

Thecronutproject.com – Memiliki rumah sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Definisi rumah sehat pun pada dasarnya beragam. Di kalangan masyarakat rumah sehat adalah rumah yang bersih sehingga penghuninya terbebas dari sumber penyakit.

Bagi kamu yang mungkin bekerja di sektor properti dan melakukan jual beli rumah second, pasti mendengar istilah rumah sehat ya.

Dewasa ini banyak sekali pihak yang turut menggaungkan rumah sehat ini. Hal ini tentu menjadi indikasi baik bahwa sudah banyak yang peduli dan sadar dengan kesehatan di dalam hunian. Ingin tahu apa saja tren rumah sehat sepanjang 2022 yang akan diterapkan oleh banyak pihak? Yuk kita simak bersama.

Tren Rumah Sehat di Tahun 2022

Beberapa tren rumah sehat di bawah sebenarnya sudah ada dari beberapa tahun lalu, namun di tahun ini diperkirakan akan terus viral sehingga popularitasnya naik. Tentu hal ini bisa menjadi baik dan memberikan pengaruh positif bagi masyarakat.

Yuk kita simak apa saja tren rumah sehat tersebut!

1. Rumah dengan konsep alam

Rumah dengan konsep alam

Rumah dengan konsep alam ini biasanya menjadi unique selling point bagi beberapa cluster rumah baru. Istilah yang digunakan biasanya seperti tropical forest, green eco park, dan lain-lain.

Pada implementasinya, rumah dengan konsep alam ini terdiri dari hunian yang memiliki taman dengan tanaman di sekitarnya.

Tidak hanya itu, di sekitar area perumahan juga ditanami oleh tanaman yang memberikan kesejukan pada para penghuni area tersebut. Hal ini akan membuat area hunian semakin rindang dan nyaman untuk ditinggali.

2. Rumah dengan panel surya

Rumah dengan panel surya

Kedua adalah rumah dengan panel surya. Area perumahan ini memanfaatkan energi matahari sebagai sumber listrik. Hal ini membuat rumah-rumah tersebut akan lebih hemat karena mampu mengambil energi dari matahari.

Di rumah biasa, seratus persen pasokan listrik datang dari PLN, namun dengan kehadiran panel surya tersebut masyarakat bisa menciptakan sumber listrik dari matahari di rumahnya sendiri.

Panel-panel surya ini akan diletakkan di atas atap sehingga pada siang hari dapat menyerap energi matahari.

Baca juga: Cara Mudah Hitung Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

3. Rumah daur ulang

Rumah daur ulang

Rumah daur ulang ini biasanya mengutamakan penggunaan air limbah rumah tangga menjadi air yang digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya air limbah cuci baju dimanfaatkan untuk menyiram tanaman dan lain-lain.

Namun, untuk bisa melakukan hal tersebut memang perlu teknologi canggih yang ditanam di saluran air rumah. Pun teknologi tersebut memerlukan biaya yang cukup menguras kantong, namun dari segi keuangan ini bisa memberikan tingkat hemat yang tinggi bagi penghuni rumah.

4. Rumah yang menerapkan bank sampah

Pernah mendengar istilah bank sampah? Ya, rumah yang menerapkan bank sampah adalah rumah yang memilah jenis sampah lalu dikirim ke pusat bank sampah.

Konsep seperti ini tidak bisa dilakukan oleh satu rumah saja, melainkan harus melibatkan banyak pihak dalam satu area perumahan.

Selain itu harus ada pihak bank sampah yang mengambil pasokan sampah rumah tangga lalu mengolahnya menjadi produk lanjutan lain.

Baca juga: 6 Cara Jual Rumah Cepat Laku, Jamin Terjual!

5. Rumah minimalis

Rumah minimalis

Rumah minimalis pada dasarnya bisa menjadi contoh tren rumah sehat. Pasalnya ini berkaitan dengan jumlah barang yang dimiliki sehingga berdampak pada produksi sampah rumah tangga.

Orang yang menerapkan gaya hidup minimalis umumnya akan lebih mindful dalam mengonsumsi sesuatu sehingga mereka pun tidak akan terlalu banyak memproduksi sampah.

6. Rumah dengan konsep terbuka

Rumah dengan konsep terbuka pada dasarnya lebih identik dengan pemanfaatan jendela dan ventilasi. Jadi seseorang atau penghuni rumah mengaplikasikan ukuran jendela dan ventilasi yang besar agar membuat semua area rumah mendapatkan pertukaran udara dan cahaya matahari yang baik.

Konsep rumah seperti ini mengadopsi vila di Bali yang terbuka dan menyatu dengan alam. Rumah-rumah di Jakarta Selatan atau kota besar lain juga sudah banyak yang mengaplikasikan konsep ruang terbuka pada rumah.

Nah itu saja informasi mengenai tren rumah sehat, semoga bermanfaat ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like