5 Keuntungan Investasi Reksadana

Keuntungan investasi reksadana
Investasi reksadana semakin lama semakin diminati banyak orang. Ada banyak keuntungan investasi reksadana yang bisa didapatkan.

Investasi reksadana semakin lama semakin diminati banyak orang. Ada banyak keuntungan investasi reksadana yang bisa didapatkan.

Hal ini dikarenakan investasi reksa dana memiliki resiko kerugian yang bisa diminimalisir dengan perencanaan serta teknik manajemen yang baik.

Reksa dana juga memiliki empat jenis yang membantu orang-orang untuk melakukan diversifikasi. Juga ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapatkan melalui reksa dana.

Ini Keuntungan Investasi Reksadana yang Akan Didapat

Apa saja yang keuntungan berinvestasi reksadana? Berikut 5 keuntungan yang akan didapatkan:

1. Tidak Membutuhkan Dana Besar untuk Memulai

Dana

Reksa dana merupakan wadah pengelolaan dana dan ditangani manajer investasi, sehingga dana yang dikelola adalah kumpulan dana para investor. Investor tidak perlu berinvestasi dalam jumlah besar, bahkan minimal investasi hanya Rp 10.000!

Selain itu, para investor bisa memiliki saham unggulan berharga tinggi dengan uang yang tidak terlalu besar. Saat penyertaan reksa dana meningkat dan mengalami keuntungan, profit akan dibagikan dengan adil sesuai jumlah yang diinvestasikan oleh investor.

2. Dikelola oleh Seorang Profesional

Reksa dana memiliki manajemen investasi yang merupakan seorang profesional atau ahli investasi. Karena hal inilah, para pemula yang tidak mengerti investasi bisa tenang menyerahkan uangnya. Para manajer investasi akan mendesain portofolio, memikirkan strategi, atau langkah-langkah investasi.

Para investor juga bisa memantau uangnya selama investasi karena transparansi transaksi. Profesional yang berpengalaman dalam hal pengelolaan investasi menjadi sosok penting dalam investasi reksa dana. Biaya manajer investasi juga terjangkau karena fee akan dibagi ke semua investor.

Selain itu, investasi reksa dana juga diawasi oleh OJK sehingga tidak perlu takut terjadi penipuan. OJK akan mengawasi pergerakan perusahaan investasi dan juga manajer investasi.

3. Keuntungannya Tinggi

Reksa dana mampu memberikan keuntungan hingga 20% per tahun secara rata-rata, salah satunya dihasilkan oleh reksadana saham. Keuntungan investasi reksa dana satu ini memberikan kesempatan para investor pemula untuk berinvestasi jangka panjang.

Jika ingin memiliki return yang tinggi, para investor bisa menaruh modal yang cukup besar untuk dikelola oleh manajer investasi. Tidak perlu khawatir dengan kerugian karena reksa dana memiliki resiko rugi yang cukup rendah.  Reksa dana juga memiliki tingkat likuiditas yang tinggi dan bisa dicairkan kapan saja.

4. Bisa Melakukan Diversifikasi Resiko

Uang yang disetorkan oleh investor akan disebar ke berbagai instrumen sehingga tidak akan anjlok sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Misal, reksa dana tidak hanya menempatkan ke salah satu jenis seperti saham saja, tapi juga ke jenis yang lain.

Reksa dana sendiri memiliki empat jenis, yaitu reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, dan reksa dana pendapatan tetap. Manajer investasi akan mencocokkan portfolio para investor dengan jenis investasi yang sesuai.

Diversifikasi ini akan sulit dilakukan bagi investor individual karena terbatasnya dana investasi. Namun, karena reksa dana adalah kumpulan dari berbagai investor, dana bisa disebar secara optimal. Diversifikasi risiko pun bisa dilakukan secara optimal.

5. Transaksi Dilakukan Secara Online

Tidak perlu repot-repot mendatangi perusahaan investasi ketika melakukan investasi reksa dana. Saat ini, banyak platform reksa dana online yang bisa digunakan.

Para investor bisa melakukan transaksi atau melihat data investasi melalui ponsel atau laptop. Perbincangan dengan manajer investasi pun terasa mudah dan singkat karena tidak perlu bertemu satu sama lain.

Pahami juga apa saja perbedaan investasi langsung dan tidak langsung

Selain itu, biaya transaksi juga murah, bahkan ada beberapa reksadana yang tidak perlu membayar biaya investasi. Investasi reksa dana memang semakin diminati, khususnya kaum muda yang belum memiliki banyak modal. Itulah keuntungan investasi reksadana yang bisa didapatkan!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Manfaat investasi asing
Read More

5 Manfaat Investasi Asing

Apa saja manfaat investasi asing di Indonesia? Nah, berikut ini manfaat dari investasi asing yang dirasakan Indonesia setidaknya ada 5 manfaat.