5 Keuntungan Iklan Online Untuk Penjualan Produk dan Bisnis

Keuntungan iklan online
Kalau kamu punya bisnis atau punya produk untuk dijual, kamu harus tahu keuntungan iklan online supaya makin sukses dan cepat berkembang. Lihat di sini, yuk!

Thecronutproject.com – Sekarang, semua orang punya akun medsos. Di mana ada keramaian, di situ ada uang berkumpul—setuju? Kamu harus tahu keuntungan iklan online dan alasan kenapa kamu harus memanfaatkan kelebihan online marketing untuk jualan dan bisnis.

Lupakan media promosi surat kabar, televisi, papan baliho, spanduk, poster, radio. Sudah saatnya beralih ke strategi promosi yang jauh lebih baik, terukur, dan terbukti menghasilkan keuntungan.

5 Keuntungan Iklan Online dan Manfaatnya

Jabaran strategi pemasaran online yang lebih detail, lihat di bawah, yuk!

Mempromosikan Produk ke Kalangan yang Tepat

Daripada promosi secara offline, keuntungan iklan promosi secara online adalah tepat sasaran menjangkau target yang tepat.

Mempromosikan produk ke kalangan yang tepat adalah kunci sukses berbisnis. Apapun jenis bisnis yang kamu tekuni, promosi tertarget dapat mempercepat penjualan produk, meningkatkan profit, dan membuat brand awareness perusahaan lebih unggul dari kompetitor.

Anggap saja kamu jualan susu formula bayi. Langkah yang tepat adalah promosi langsung ke ibu muda dan calon ibu yang sedang melahirkan.

Masalahnya adalah, tidak mudah memasarkan susu formula bayi secara offline. Selain memakan waktu, kamu juga berlomba dengan waktu. (Produk harus terjual sebelum kadaluarsa.)

Dengan promosi online, platform pengiklan sudah menyediakan fasilitas untuk menargetkan siapa saja orang yang bisa melihat iklan. Mulai dari umur, status pernikahan, aktivitas harian, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik Minat Audiens

Memperlebar Jangkauan Penjualan

Eksposur adalah satu faktor penting ketika berbisnis. Semakin tinggi eksposur, semakin tinggi potensi penjualan produk.

Dengan iklan online, kamu mendapatkan eksposur dengan maksimal setiap harinya. Ketika iklan berjalan, akan selalu ada orang baru yang melihat produk kamu. Meskipun hanya melihat—belum tentu membeli, produk akan terus terekspos selama iklan berjalan.

Cara promosi jualan online untuk meningkatkan eksposur produk juga mudah karena setiap platform sudah menyediakan pengaturan khusus supaya produk dilihat pembeli potensial sebanyak-banyaknya.

Mudah Dioptimasi

Tidak selamanya bisnis atau jualan akan berjalan mulus. Terkadang, ada saja hambatan yang harus kamu lalui. Contohnya, ketika kamu berjualan di warung.

Optimasi yang bisa kamu lakukan adalah, (1) menambah variasi dagangan, (2) mengubah tata letak ruangan, (3) memperbaiki cara menangani pelanggan.

Begitu juga dengan iklan, banyak sekali pengoptimalan yang bisa kamu lakukan. Misalnya kamu berjualan iPhone seken dan beriklan kepada pengguna berumur 18-25 tahun tapi hasilnya kurang memuaskan.

Apa saja yang bisa kamu optimasi?

Pertama, coba ubah jarak umur target menjadi 25-60. Target potensial memang jadi semakin berjarak, tapi bisa jadi penjualan produk meningkat karena ada orang tua atau kakak yang ingin memberikan hadiah gadget iPhone kepada anak atau adiknya.

Itu hanya satu contoh, masih banyak sekali hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penjualan dengan cara iklan online.

Hemat Biaya dan Efisien

Kelemahan iklan secara tradisional terkenal boros dan tidak efisien. Pasang iklan di TV dan radio misalnya, ada alasan kenapa hanya brand besar yang berani memasang. Kenapa? Karena biaya promosinya terlalu mahal.

Contohnya, pasang iklan di TRANS TV. Tarifnya per 3 menit adalah Rp 20 juta sampai Rp 30 juta di jam biasa. Sedangkan jam prime time, tarifnya Rp 50 juta!

Masalahnya adalah, tidak selamanya harga iklan mahal menandakan media promosi tersebut efektif.

Keuntungan iklan online jauh lebih efektif—hemat biaya pula.

Platform iklan seperti Facebook Ads, IG Ads, Tik Tok Ads menyediakan pengaturan yang jelas masalah harga. Semuanya bisa kamu atur dan ubah sesuai kebutuhan promosi.

Intinya, kamu hanya perlu menyesuaikan biaya dengan jangkauan iklan. Semakin banyak orang melihat, semakin lama iklan tayang, semakin besar biaya iklan. Begitu juga sebaliknya.

Fleksibilitas ini menjadikan media iklan secara online lebih efektif daripada promosi tradisional mahal, memakan banyak waktu dan perencanaan, dan belum terjamin keefektifannya.

Format Iklan Beragam

Beda dengan iklan konvensional, keuntungan iklan online sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur sendiri format yang tepat untuk bisnis kamu. Beberapa format iklan yang tersedia adalah:

  • Teks
  • Gambar
  • Video
  • Dan gabungan dari format lainnya

Fleksibilitas ini adalah kunci untuk melariskan jualan kamu. Kenapa? Karena kamu bisa melakukan split testing.

Misalnya, format iklan teks tidak optimal untuk produk, kamu bisa menggantinya dengan format lain dan melakukan eksperimen sampai menemukan format yang tepat.

Referensi artikel mengenai iklan atau promosi:

  1. 6 Cara Menentukan Media Promosi Online yang Tepat
  2. Kata-kata Promosi Produk Kecantikan
  3. Contoh Kata-kata Promosi Makanan di Instagram

Penutup

Lima keuntungan iklan online di atas sudah pasti kamu rasakan di manapun platform yang kamu gunakan untuk promosi.

Yang harus kamu ingat adalah: temukan platform paling pas yang menjadi tempat target potensial produk berada.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like