5 Faktor yang Paling Utama Pendukung Keberhasilan Usaha

Keberhasilan usaha
Apa saja faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha? Berikut ini faktor pendukung keberhasilan usaha yang perlu Anda miliki.

Thecronutproject.com – Tidak hanya strategi, berikut ini ada beberapa faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha.

Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi pelaku usaha atau pebisnis, selain visi untuk  membawa dampak baik atau mengatasi suatu masalah dan keresahan, tentunya ada keinginan agar keberhasilan usaha tercapai.

Keberhasilan usaha memiliki beragam arti yang berbeda untuk setiap pelaku usaha. 

Dalam sebuah jurnal ilmiah dari UMM, menurut Sujuti Jahja (1997), “keberhasilan usaha adalah suatu keadaan dimana usaha mengalami peningkatan dari hasil yang sebelumnya dan menjadi bagian utama dari sebuah perusahaan dimana segala aktivitas yang ada di dalamnya ditujukan untuk mencapai suatu keberhasilan.”

Ada begitu banyak variabel yang dapat menunjang seorang pebisnis mencapai kesuksesan dalam bisnis atau usaha yang dilakukannya. Artikel kali ini akan mengulas  faktor mendasar yang mendukung pencapaian tersebut. 

5 Faktor Pendukung Keberhasilan Usaha yang Perlu Anda Miliki

Faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha

Dari berbagai buku, artikel profesional, Buck Lawrimore dalam halaman newsletter LinkedIn-nya menyampaikan 5 faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha. 

  1. Strategi

Yang termasuk dalam faktor pertama ini adalah kualitas seseorang dalam menerapkan fokus strategisnya. Pengetahuan seorang pelaku usaha tentang kewirausahaan, keterampilan dalam menerapkan pengetahuan tersebut, komitmen terhadap misi dan nilai yang dibangun, serta kedisiplinan dan kemampuan bekerja sama dalam tim.

Tidak hanya itu, setiap misi disertai dengan tujuan yang memang dapat direalisasikan, serta strategi, taktik dan tanggungjawab yang jelas.

Strategi juga mencakup panduan sistem untuk setiap aksi yang direncanakan, dikomunikasikan dengan jelas dan memiliki sistem manajemen yang realistis dan harmonis dengan strateginya.  

Baca juga: 8 Strategi Cara Meningkatkan Omset Penjualan Paling Ampuh

  1. SDM

Dalam laman Business Sniper, sumber daya manusia juga disebut sebagai faktor pendukung keberhasilan usaha. Bukan hanya dari segi kerjasama dalam organisasi atau perusahaan, tetapi juga mencakup penempatan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi dan nilai yang tepat. 

SDM tidak hanya tentang kapasitas, tetapi juga karakter mulai dari hubungan kerja, kepercayaan, kontribusi, sikap, tanggungjawab dan juga eksekusi. Di samping itu, proses belajar dan perkembangan setiap individu juga berperan penting dalam aspek SDM. 

  1. Operasional

Sistem, prosedur kerja dan proses operasional yang terjamin perlu dibangun untuk mengelola seluruh operasional usaha atau bisnis. Ketiga hal tersebut berlaku untuk semua bagian bisnis Anda. 

  1. Marketing

Memiliki pemahaman tentang prinsip dasar dalam marketing sangat dibutuhkan. Setelah itu, hal tersebut perlu didukung dengan kemampuan untuk melakukan tes, perbaikan metode dan strategi secara konsisten. 

Selain itu, memperhatikan faktor hubungan dengan pelanggan, segi penjualan dan daya tanggap terhadap perubahan dan kondisi yang ada juga menjadi bagian dari aspek marketing.

Baca juga: Cara Sukses Menjadi Pengusaha di Usia Muda

  1. Finansial

Berbicara tentang aspek finansial, bukan melulu tentang uang saja. Tetapi di dalamnya ada aset, peralatan, fasilitas, produk dan jasa yang berpengaruh pada perkembangan usaha.

Hal ini juga terkait dengan pengelolaannya tentunya. Pengelolaan aset, dana, fasilitas, produk atau jasa dapat berpengaruh pada proses pengambilan keputusan dan kebijakan untuk kelangsungan perusahaan dan bisnis. 

Jika Anda berniat atau sudah memulai bisnis Anda, jangan mengabaikan faktor yang paling utama pendukung keberhasilan usaha di atas.

Tidak ada salahnya melakukan evaluasi dan pembaharuan, atau menerapkan pendekatan baru untuk setiap faktor tersebut untuk meminimalisasi risiko kegagalan. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like