Jurusan IT Kerja Apa? Ini Prospek Kerja yang Menjanjikan!

Jurusan IT Kerja Apa
Kuliah jurusan IT kerja apa setelah lulus? Berikut ini rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk lulusan jurusan IT.

Thecronutproject.com – Ingin mengambil kuliah jurusan IT namun masih ragu? Bingung jurusan IT kerja apa nantinya?

IT atau Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang direkomendasikan bagi Anda yang suka serta pandai matematika maupun fisika. Selain itu, kemampuan Anda dalam menguasai teknologi komputer serta internet juga akan memudahkan proses kuliah di jurusan ini.

Jurusan Information Technology juga menjadi salah satu yang diincar oleh banyak calon mahasiswa. Hal tersebut sejalan dengan fakta bahwa dunia akan semakin mengalami kemajuan dan membutuhkan banyak tenaga di bidang IT. Bahkan, hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan orang dari lulusan IT, baik perusahaan swasta, BUMN hingga instansi.

Tidak hanya merupakan jurusan unggul yang favorit, namun jurusan IT juga menawarkan banyak prospek pekerjaan dengan gaji fantastis. Apa saja?

Jurusan IT Kerja Apa?

Bisa dikatakan bahwa IT adalah jurusan unggulan karena berisi orang-orang dengan kecerdasan tinggi. Jadi tidak heran jika nilai dari kepintaran IT expert sangat tinggi.

Lantas apa saja prospek kerja yang bisa Anda coba setelah lulus jurusan IT? Berikut jawabannya.

1. Game Developer

Game Developer

Game developer menjadi salah satu prospek kerja bagi jurusan IT dengan gaji tidak main-main. Anak muda zaman sekarang selalu dipenuhi oleh ide-ide bagus dan inovasi-inovasi yang kreatif.

Tugas Anda sebagai game developer adalah membuat video game atau permainan yang bisa diakses pada berbagai jenis device.

Mulai dari smartphone baik iOS maupun Android, Playstation, Nintendo hingga PC atau laptop. Semakin banyak yang tertarik dengan video game Anda, maka penghasilan yang didapatkan juga semakin besar.

Mengingat antusias masyarakat pada game online yang sangat tinggi dan terus meningkat, game developer dapat dibilang cukup menjanjikan.

2. Software Engineer

Software Engineer

Masih bingung jurusan IT kerja apa? Coba lamar jadi software engineer saja.

Software engineer adalah seorang software expert yang menerapkan prinsip-prinsip dari perangkat lunak yang diterapkan pada desain software, pengujian, pemeliharaan, pengembangan hingga evaluasi software.

Tugas utama software engineer adalah menganalisa, membuat rekayasa perangkat lunak, menyusun spesifikasi, serta menerapkan dan memvalidasi rancangan software tersebut untuk tujuan atau permasalahan tertentu. Nantinya software tersebut akan dioperasikan dan membutuhkan pembaharuan secara berkala.

Software engineer menjadi salah satu profesi yang paling dicari oleh banyak perusahaan di berbagai aspek.

Hal tersebut guna menunjang perangkat yang dimiliki perusahaan untuk berbagai kegiatan serta aktivitas perusahaan supaya lebih mudah, efektif serta efisien dengan teknologi yang lebih canggih pula.

Baca juga: 15 Peluang Usaha Kecil-Kecilan untuk Remaja Minim Modal

3. Network Administrator

Network Administrator

Network administrator merupakan salah satu profesi di ranah IT yang memiliki peran penting dalam mengatur jaringan perusahaan. Dalam profesi ini, Anda harus mempunyai pengetahuan tentang jaringan dan dapat menginstall perangkat milik organisasi ataupun perusahaan.

Sementara itu, tanggung jawab utama seorang network administrator adalah mengawasi teknis WAN atau Wide Area Network, memastikan jaringan komputer perusahaan dalam keadaan baik, merekomendasikan peningkatan peralatan baru untuk menunjang peningkatan jaringan dan masih banyak lagi lainnya.

Semuanya berhubungan dengan jaringan komputer, jaringan komunikasi, infrastruktur nirkabel hingga pengawasan perangkat keras dan perangkat lunak perusahaan. Untuk masalah gaji, tidak perlu ditanyakan lagi, yakni bisa mencapai puluhan juta, mengingat tanggung jawabnya yang tidak mudah.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda lulusan jurusan IT. Jadi, jurusan IT kerja apa setelah lulus? Network administrator jawabannya!

4. System Analyst

Prospek profesi di bidang IT berikutnya adalah sebagai system analyst, yang mana pekerjaan ini lebih berfokus pada penelitian, perencanaan, kemudian mengkoordinasi dan juga memilih software serta sistem untuk kebutuhan suatu institusi.

Profesi ini adalah kunci dalam upaya pengembangan suatu sistem pada perusahaan, misalnya pengembangan layanan digital suatu perusahaan perbankan, maka system analyst bertugas melakukan penelitian, merencanakan hingga memilih software yang tepat serta dinamis untuk perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, sebagai seorang system analyst nantinya Anda juga akan dipertemukan dengan banyak orang dan banyak project.

Anda akan memeriksa atau meneliti sistem yang sudah ada sebelumnya dan menganalisis kebutuhan sistem dalam upaya peningkatan. Secara global, gaji seorang system analyst dapat mencapai 79,7 ribu Dollar per tahun lho!

5. Web Developer

Web Development

Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris adalah bahasa yang mudah dipelajari oleh orang umum, namun bagaimana dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman? Ya, seorang web developer diharuskan mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi pada web.

Untuk bisa merancang, mendesain dan mengembangkan situs web atau aplikasi web, maka seorang web developer harus dapat menganalisis kebutuhan user atau pengguna untuk penerapan suatu konten, fitur kerja, grafis serta kapasitas pada suatu situs web.

Jam kerja untuk seorang web developer cukup fleksibel karena seakan tidak ada habisnya. Jadi, pada umumnya perusahaan-perusahaan yang maju akan memberikan jam kerja yang fleksibel pula pada web developer.

6. Konsultan IT

Kuliah jurusan IT kerja apa setelah lulus? Konsultan IT bisa jadi pilihan profesi untuk lulusan jurusan IT dengan gaji yang tinggi. Pekerjaan ini bisa dikatakan sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyediakan kursi konsultan IT dengan gaji yang cukup tinggi.

Sementara tugas sebagai konsultan IT adalah melakukan perencanaan hingga mengevaluasi IT pada sebuah perusahaan. Nantinya Anda juga akan melakukan banyak aktivitas lain seperti management project, system development, marketing hingga CRM (Customer Relationship Management).

Konsultan IT berperan menjadi jembatan antara anggota staf dengan tim teknis dalam mengetahui kebutuhan strategi bisnis klien. Jadi Anda harus pandai memahami kebutuhan klien dan menuangkannya dalam, bentuk teknologi informasi.

Informasi tambahan: Usaha di bidang IT yang menguntungkan

Seperti yang Anda Ketahui, di era modern ini teknologi informasi sudah tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Dengan begitu secara otomatis, orang-orang yang memiliki kemampuan di ranah IT semakin dibutuhkan. Jadi, jurusan IT kerja apa? Kerja menjadi orang penting dan digaji besar tentunya. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like