15+ Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Paling Laris!

jualan makanan yang laku setiap hari
Mau jualan makanan tapi takut sepi karena banyak pesaingnya? Berikut ide jualan makanan yang laku setiap hari. Cek konsep usaha dan tipsnya.

“Kalau mau jualan makanan, pasti saingannya besar, deh. Nggak yakin bakal bisa jualan makanan yang laku setiap hari.”

Eits, tunggu dulu! Jangan langsung pesimis begitu. 

Meski pesaing bisnis makanan sangat banyak, faktanya usaha ini tetap menjanjikan. Setidaknya, berikut alasan mengapa bisnis makanan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

  1. Makanan merupakan kebutuhan setiap orang.
  2. Modal yang dibutuhkan kecil.
  3. Ada banyak jenis dan variasi.
  4. Resiko rendah, karena jika tidak laku makanan bisa kamu konsumsi sendiri.
  5. Dapat menghasilkan keuntungan sekitar 20-40 persen.
  6. Mudah dan praktis.

Namun, meski memiliki potensi yang besar, bukan berarti kamu bisa asal-asalan. Alangkah lebih menguntungkan jika memilih ide jualan makanan yang laku setiap hari.

Daftar Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Artikel ini akan memberikan beberapa ide jualan makanan yang laku setiap hari yang bisa memberikan keuntungan setiap harinya.

1. Bubur Ayam

Selain rasanya yang enak, bubur ayam banyak dicari karena ramah di gigi dan lambung. 

Bagi anak-anak yang belum bisa mengunyah dengan benar dan para lansia, bubur ayam merupakan makanan istimewa. Bubur ayam juga makanan penolong bagi orang yang sakit, seperti tipes.

makanan yang cocok untuk dijual

Meski terbilang bisnis kecil-kecilan, jika kamu bisa mengembangkan, maka omzetnya pun menggiurkan. Terlebih lagi, pangsa pasar bisnis ini tidak hanya terbatas pada anak-anak dan lansia saja, tetapi juga remaja dan orang dewasa.

Untuk memulai bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini, berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.

  • Lokasi jualan, pilih lokasi yang strategis;
  • Celah pesaing, perhatikan dengan teliti kelebihan dan kelemahan masing-masing pesaing;
  • Pilihan menu, buat menu yang bervariasi;
  • Harga, buat harga yang terjangkau, tetapi tetap sesuai dengan nilai yang kamu tawarkan.

Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk memikirkan strategi pemasaran yang efektif.

2. Bakso

Bakso adalah makanan berkuah dan digemari sejuta umat. Walaupun saingan sesama penjual bakso tumpah-tumpah, jangan khawatir. Berjualan bakso masih tetap kompetitif jika dijadikan pilihan ide jualan makanan yang laku setiap hari. 

Apalagi dengan konsep bisnis yang unik, bisnis bakso akan memiliki nilai tambah sendiri. Sebagai ide, kamu bisa membuat bakso berbentuk love atau dengan isian yang lebih bervariatif, bisa mozzarella, irisan daging, sambal, dan lain-lain.

jualan yang laku setiap hari

Selain itu, kamu juga bisa memperluas pangsa pasar dengan memasarkan bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini secara online. Kamu bisa update story di WhatsApp, Facebook, Instagram, atau bekerja sama dengan GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

Jika ingin meraih keuntungan lebih, kamu juga bisa menghadirkan versi bakso frozen yang sebelumnya sudah divacum. Bakso dengan versi ini bisa tahan lebih lama dan bahkan bisa kamu kirim hingga luar kota.

3. Mie ayam

Tak kalah tenar dengan bakso, mie ayam juga sangat digemari. Bahkan, sekarang mulai banyak mie ayam yang dijual keliling dengan harga murah. Mereka menyasar target pasarnya para pelajar dan ibu-ibu yang sedang ngerumpi. 

Agar usaha bisnis mie ayam terkesan lain, kamu bisa berinovasi dengan menjual mie ayam goreng atau menghadirkan aneka varian topping. Kamu juga bisa menawarkan layanan pesan antar dengan kemasan menarik.

Ide jualan makanan yang laku 2021

Tertarik dengan bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini? Berikut tahapan-tahapan yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis mie ayam.

  • Racik mie ayam dengan resep terbaikmu
  • Bidik target market yang pas
  • Buat inovasi
  • Tentukan lokasi usaha yang strategis. Jika ingin membuka bisnis online juga tidak masalah.
  • Lakukan promosi di berbagai media sosial
  • Gunakan kemasan yang sesuai (jika melayani pesan antar)

Sudah siapkah kamu mengukir kisah sukses dengan bisnis mie ayam?

4. Gorengan

Jualan aneka gorengan merupakan ide jualan makanan kering yang laku setiap hari. Bahkan, orang yang sedang diet saja sering gagal kalau sudah melihat aneka gorengan. 

Tidak hanya ramai di perkotaan, di perkampungan pun orang-orang sangat menyukai gorengan. Saking diminatinya, rasanya ide jualan makanan yang laris di kampung ini tak pernah sepi pembeli. 

Setidaknya berikut adalah alasan kenapa bisnis gorengan memiliki prospek yang menjanjikan.

  • Modal awal yang kamu butuhkan terbilang kecil
  • Hampir semua kalangan menyukai gorengan
  • Tetap banyak peminat meski harganya naik
  • Tidak membutuhkan tempat jualan yang mewah
  • Proses pembuatannya mudah
  • Mudah untuk dikembangkan dan bisa bertahan lama

Jika pilihan kamu jatuh pada ide jualan gorengan, pastikan membuat merek di gerobak agar jualan kamu mudah dikenal orang. Kamu juga bisa berinovasi dengan menghadirkan aneka gorengan yang sehat.

5. Pecel

Pecel adalah makanan khas Jawa yang banyak dijumpai di Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Banyak orang tidak menyukai olahan sayur, tetapi suka jika dibuat pecel.

Usaha pecel bisa menjadi ide usaha makanan yang menggiurkan dan memiliki prospek bagus dan cerah. Alasannya:

  • Bisa mendatangkan keuntungan yang bombastis,
  • Bisa dimulai dengan modal kecil,
  • Proses pembuatannya mudah, sehingga pemula juga bisa mencoba bisnis ini,
  • Konsumen tak terbatas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,
  • Bahan baku mudah diperoleh.

Selain pecel, kamu juga bisa berinovasi dengan menambahkan ketupat berbungkus plastik, tahu isi, bakwan, dan jagung rebus yang dibubuhi ampas kelapa.

6. Aneka Kue Mini

Jika lokasi rumah kebetulan berada di tempat kuliner atau di pasar, jualan makanan yang laku setiap hari ini lumayan menjanjikan walaupun modalnya juga lumayan banyak. Biasanya penjual aneka kue mini bersedia menerima pesanan dalam jumlah besar. 

Kamu dapat menjual kue-kue ini dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran. Buat inovasi terbaru yang membuat usaha kamu terlihat berbeda dari yang lain. Bisa dari rasa, bentuk, dan lain sebagainya.

jualan makanan unik yang laris

Kamu juga bisa mencoba untuk membuat Bento Cake berupa aneka kue mini yang diolesi krim dan aneka hiasan menarik. Kue dengan jenis ini sedang digemari oleh kalangan remaja dan para K-Popers.

Kamu bisa meletakkan kue-kue mungil nan cantik ini di wadah yang mirip styrofoam bernama bagasse. Jika sudah terkenal, bisnis ini bisa menjadi bisnis jualan online yang laku setiap hari.

7. Cilor Kipas 

Ada yang ingin jualan makanan dengan modal 20 ribu? Cilor kipas bisa jadi pilihannya. Ini merupakan salah satu jualan makanan unik yang laris. 

Bedanya dengan cilor biasa, cilor kipas menggunakan tusuk sate yang dibagi menjadi tiga di bagian ujungnya. 

Salah satu ide jualan makanan yang laku setiap hari di sekolah ini sangat diminati pelajar, karena harganya murah, tetapi terlihat banyak. Untuk menjalankan bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini, pilih lokasi strategis yang dekat dengan sekolah atau kampus.

8. Kebab

Sampai sini masih ada yang bertanya-tanya jualan makanan yang laku setiap hari? Jika masih ada yang bertanya, jawabannya adalah kebab. Namun, kebab biasanya hanya cocok dijual di daerah perkotaan dan area kulineran.

Meski hanya populer di area perkotaan atau area kuline, bisnis kebab tetap menawarkan berbagai keuntungan, seperti:

  • Pemasaran tidak terlampau susah, karena bisnis ini sudah terkenal;
  • Peminatnya tidak pernah turun;
  • Bahan bakunya mudah diperoleh;
  • Harganya dapat menyesuaikan harga pasar;
  • Penjualan bisa dilakukan secara offline maupun online.

Jual variasi kebab dengan nama-nama seperti lebanese kebab, burger kebab, super burger, dan hotdog kebab. Kemudian, hadirkan pilihan toping keju slice atau keju parut dan berbagai toping lain agar semakin menarik.

9. Pempek

Pempek atau empek-empek merupakan makanan khas Palembang yang sudah dikenal luas di pulau Jawa. Banyak yang menyukai pempek karena pas di lidah. Bumbunya juga terasa segar dengan ciri khas asamnya. 

jualan makanan ringan yang laku setiap hari

Jika tertarik dengan bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Gunakan bahan baku berkualitas,
  • Cari resep terbaik,
  • Pilih lokasi usaha yang strategis,
  • Buat strategi pemasaran yang efektif,
  • Tentukan harga jual yang kompetitif,
  • Jangan lupakan kemungkinan resiko usaha.

Kemungkinan yang bisa menjadi resiko gagalnya bisnis ini adalah persaingan yang semakin ketat serta harga bahan baku yang naik. Untuk itu, lakukan inovasi dan jadikan bisnismu berbeda dari yang lain.

10. Donat Bertopping 

Donat merupakan makanan yang disukai oleh semua kalangan. Di kesempatan kali ini, kamu tidak menjual donat biasa, melainkan donat aneka topping yang istimewa.

jualan makanan yang lagi hits

Kamu bisa memvariasikan topping donat dengan berbagai rasa dan gambar agar terlihat estetik. Ide penggunaan topping yang bisa kamu gunakan di antaranya:

  • Gula halus;
  • Fla lembut klasik;
  • Milk cream;
  • Crunch & Lotus biscoff;
  • Cokelat;
  • Milo;
  • Green tea glaze, dan masih banyak lagi.

Selain mengkreasikan topping, kamu juga bisa mengkreasikan rasa dan bahan pembuatan. Bisa menggunakan bahan baku kentang, membuat donat bakar, dan lain-lain.

Ide untuk jualan online ini sifatnya tidak mudah basi dan tahan lama, sehingga kerugiannya pun tidak terlalu besar.

11. Nasi Goreng

Jika masih bingung hendak memilih ide jualan makanan yang laku setiap hari, usaha nasi goreng bisa menjadi alternatifnya. Makanan ini biasanya banyak dicari saat malam hari. Namun, tidak menjadi masalah jika kamu ingin membukanya dari siang hari.

Ada tiga jenis bisnis usaha nasi goreng yang kerap kita jumpai, yaitu berjualan dengan gerobak, dengan warung bongkar pasang di pinggir jalan, atau dengan membuka resto.

Pilih jenis usaha mana yang akan kamu geluti, karena ini akan mempengaruhi besarnya modal, harga, dan strategi pemasaran. 

Namun, yang perlu kamu pahami, jenis usaha yang kamu pilih bukan satu-satunya yang menentukan kesuksesan. Setidaknya ada 3 faktor penentu sebuah bisnis nasi goreng tersebut sukses atau tidak.

  • Variasi rasa;
  • Pelayanan;
  • Tempat makan, apakah nyaman atau tidak (jika memutuskan tidak hanya berkeliling).

Sebagai pelengkap menu, kamu bisa menambahkan capcay, kwetiau rebus atau goreng, mie goreng, dan nasi mawut. Kamu juga bisa berinovasi agar bisnis nasi gorengmu berbeda dari yang lain.

12. Sate

Sate bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari selanjutnya yang memiliki peluang besar. Biasanya, menu ini banyak disantap di malam hari. 

jualan online yang laku setiap hari

Pilihan jualan sate ini juga beragam, ada sate ayam, sate kambing, dan lain-lain. Kamu bisa berinovasi dengan beberapa hal berikut, sehingga bisa menciptakan trend baru.

  • Variasikan dengan jenis sate yang lain;
  • Ciptakan citarasa yang baru dan berbeda;
  • Tambahkan garnish agar terkesan semakin memikat;
  • Bisa kombinasikan sate dengan kuah;
  • Beri nama yang unik.

Bagaimana? Berminat untuk mencoba usaha yang satu ini?

13. Martabak

Sebagai makanan yang populer di berbagai kalangan, tak ada salahnya jika kamu mencoba jualan makanan yang laku setiap hari yang satu ini. 

Kamu tidak perlu menyewa tempat atau membuat gerobak. Cukup gunakan handphone dan buka bisnis ini secara online untuk menghemat biaya.

Jika tertarik dengan bisnis jualan makanan yang laku setiap hari ini, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut agar bisnis kamu bisa berkembang.

  • Tentukan konsep dan jenis usaha martabak yang hendak kamu jalankan;
  • Hitung modal dengan benar;
  • Buat inovasi dan beri ciri khas yang berbeda;
  • Tambahkan sentuhan modern;
  • Lakukan promosi secara gencar dan efektif;
  • Buat pelanggan percaya pada bisnis kamu.

Meski penjual martabak banyak jumlahnya, tapi prospek bisnis ini tetap menguntungkan, terlebih jika kamu mampu menghadirkan trend baru.

14. Roti Bakar

Sebagian orang mungkin menganggap remeh usaha ini karena dirasa terlalu sederhana dan kurang menguntungkan. 

Padahal, roti bakar bisa menjadi ide jualan makanan yang laku setiap hari. Apalagi trend pasar belakangan ini semakin banyak remaja yang keluar bersama teman-temannya hanya sekadar untuk ngobrol santai atau hangout.

jualan makanan kering yang laku setiap hari

Setidaknya, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan membuka bisnis roti bakar.

  • Modal untuk memulai usaha tidak selalu besar;
  • Bisnis ini banyak disukai masyarakat dari mulai anak-anak hingga orang dewasa;
  • Pengolahannya mudah, sehingga cocok untuk pemula;
  • Memiliki banyak varian rasa yang bisa kamu kreasikan;
  • Memiliki prospek yang tinggi.

Tertarik dengan bisnis yang satu ini? Jangan lupa beri inovasi agar bisnismu berbeda dari yang lain.

Baca juga: Perincian Modal Usaha Roti Bakar dan Keuntungannya

15. Frozen Food

Jika ada yang bertanya, “jualan apa yang cepat laku?” Frozen food bisa menjadi pilihan tepat, karena hampir semua anak menyukainya. Jika tidak laku pun bisa dimasukkan lagi ke lemari pendingin untuk dibekukan.

Sejauh ini, frozen food laku keras di kalangan anak-anak dan remaja. Terbukti dari banyaknya ibu rumah tangga yang membuka usaha ini di depan rumah. 

Pengolahannya pun mudah, biasanya dipotong-potong, lalu digoreng dan dimasukkan plastik. Ada juga yang diberi bumbu balado atau yang lain.

Baca juga: Menghitung Modal Usaha Frozen Food dan Potensinya

Agar semakin menarik, kamu bisa menawarkan pilihan frozen food bebas pengawet yang aman bagi anak-anak. Kamu juga bisa menambahkan layanan delivery order untuk minimal pembelian tertentu.

Itulah tadi 15 contoh usaha jualan makanan yang laku setiap hari. Tak perlu terlampau memikirkan apakah bisnis kamu akan laris atau tidak, karena:

Usaha yang sukses adalah usaha yang dijalankan dengan tekad kuat, bukan hanya dipikirkan apalagi dibayangkan.

Cukup pilih satu jenis usaha yang menurutmu menarik dan memiliki prospek tinggi di lingkunganmu. Kemudian, buat konsep usaha dan mulai jalankan usaha jualan makanan yang laku setiap hari tersebut tanpa menyerah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like