12 Peluang Usaha Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu

Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu
Mau jualan makanan dengan modal 20 ribu? Bisa banget! Ada banyak rekomendasi yang bisa kamu coba. Beberapa di antaranya bahkan bisa untung sampai 1000%!

Thecronutproject.com – Membuka usaha makanan tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Punya modal 20rb? Peluang usaha jualan makanan dengan modal 20 ribu berikut ini bisa kamu coba.

“Tidak hanya 1 atau 2, ternyata ada banyak pilihan ide jualan makanan modal 20 ribu yang justru menghasilkan cuan besar.”

Pasti kamu punya banyak alasan mengapa lebih memilih bisnis kuliner atau makanan. Seperti misalnya:

  • Potensi pasar cukup luas, besar, bertahan dalam jangka waktu panjang,
  • Bisa dimulai dengan modal ringan,
  • Ada banyak pilihan,
  • Mudah dan praktis,
  • Resiko rendah.

Nah, Kebetulan kamu akan mendapat informasi pilihan rekomendasi jualan makanan modal kecil untung besar di artikel ini.

Pilihan Usaha Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu

Karena rentang modalnya Rp 20 ribuan, maka bahan-bahan yang digunakan pun umumnya berasal dari lingkungan sekitar. Sebaiknya kamu menyimak sekaligus mengingat-ingat, kira-kira rekomendasi mana yang paling relevan dengan bahan yang mudah kamu dapatkan.

Langsung saja, simak sampai selesai, ya!

1. Bisnis Keripik Bayam

jualan makanan unik yang laris

Bayam merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah tropis, seperti Indonesia. Menariknya, bayam juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Nah, ini bisa kamu ambil sebagai ide jualan makanan dengan modal 20 ribu. 

Pembuatan keripik bayam juga cukup mudah. Bahan-bahan yang terpakai tidak jauh-jauh dari:

  • Daun Bayam,
  • Garam, 
  • Penyedap rasa,
  • tepung terigu dan tapioka
  • Kunir, dan beberapa bahan sederhana lainnya.

Di pekarangan rumah tidak ada tanaman bayam? Tenang!

Di pasar tradisional, harga daun bayam juga cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan satu ikat bayam dengan harga Rp 3 ribu sampai Rp 6 ribu.

Hanya dari satu ikat daun bayam itu, kamu bahkan bisa membuat 5 sampai 10 bungkus keripik.  Tertarik jualan makanan unik yang laris satu ini?

2. Jualan Tahu Bulat

ide jualan di rumah yang laris

Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan ringan satu ini? Beberapa waktu lalu, tahu bulat menjadi salah satu makanan yang cukup viral.

“Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan.” 

Begitulah kira-kira jargon khas para penjual tahu bulat. 

Ternyata, bisnis tahu bulat ini bisa kamu mulai dari modal Rp 20 ribuan, lho. Kok bisa? Apa saja bahannya?

  • Tahu putih halus,
  • Baking powder,
  • Kuning telur,
  • Kaldu bubuk.

Untuk modal awal Rp 20 ribuan, tentu saja kamu harus merendahkan ekspektasi. Jumlah tahu bulatnya tidak bisa terlalu banyak. 

Oleh sebab itu, teknik marketing juga sangat berpengaruh untuk mengembangkan uang Rp 20 ribuan jadi puluhan bahkan ratusan ribu

Nah, sesuai namanya, tahu ini terkenal karena berbentuk bulat. Sayangnya, bentuk ini juga bisa gagal dan justru jadi kempes. Apa penyebabnya?

Salah satu penyebabnya adalah karena jumlah minyak penggorengan yang terlalu sedikit. Meski begitu, kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak minyak goreng. Cukup tuangkan minyak goreng ke wajan sampai kira-kira adonan bisa terendam sempurna.

Pelajari juga: 12 Rekomendasi Usaha Makanan Ringan Serba 2000

3. Jualan Cilok

jualan yang laku setiap hari

Cilok merupakan salah satu usaha jualan makanan yang laku setiap hari dan memiliki banyak penggemar. Selain harga belinya yang terjangkau, ternyata harga modal untuk membuat cilok juga cukup murah. Bahkan, kamu bisa memulai bisnis jualan cilok mulai dari Rp 20 ribuan.

Setidaknya, berikut beberapa alasan yang membuat kamu harus mencoba bisnis satu ini.

  • Rasa familiar dengan lidah orang Indonesia,
  • Bahan baku terjangkau dan mudah,
  • Bebas berkreasi,
  • Kerugian minim,
  • Keuntungan lumayan besar,

Pertanyaannya, bagaimana cara mengembangkan modal Rp 20 ribu jadi ratusan bahkan jutaan rupiah?

Secara teori, caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan branding. Caranya pun beraneka ragam. Bisa dengan berjualan keliling atau dengan melakukan promosi pree release untuk produk cilok buatanmu.

Lebih jauh lagi, sebaiknya kuasai teknik untuk memanfaatkan peluang yang ada di sekitar kamu. Dari peluang inilah, kamu bisa membuat inovasi cilok terbaru. 

Bingung? 

Katakanlah di daerah kamu saat ini cilok memang populer, tapi belum ada yang membuat cilok warna-warni. Nah, ini bisa kamu jadikan peluang jualan makanan dengan modal 20 ribu. Barulah setelah itu gencar melakukan promosi. 

Salah satu kunci terpenting untuk mengembangkan usaha jualan yang laku setiap hari ini adalah sabar.

4. Jualan Mie Instan Gelas

Meskipun terkesan remeh, ternyata bisnis mie gelas juga bisa jadi salah satu pilihan jualan makanan dengan modal 20 ribu. Bisnis ini juga memiliki segmentasi yang jelas, yaitu mereka yang ingin makan makanan enak tapi dengan harga terjangkau.

Bayangkan saja, harga satu kemasan mie instan gelas umumnya memiliki harga Rp 1,5 ribu sampai Rp 2 ribu. Kamu bisa menjalankannya dengan harga Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu untuk satu porsinya. 

Sama seperti usaha jualan-jualan sebelumnya, kunci untuk bisa sukses menjalankan bisnis jual makanan modal 20 ribu ini adalah kesabaran dan ketelatenan. 

Lakukan berbagai cara untuk memperkenalkan produk. Salah satunya dengan berjualan keliling atau berdagang di area sekolah.

5. Jualan Kacang Goreng

usaha jajanan rumahan modal kecil

Umumnya, para pedagang di toko hanya akan menjual kacang-kacangan mentah. Padahal, value dan kenaikan harga juga semakin besar jika menjualnya dalam kondisi matang.

Banyak kalangan yang menyukai kacang goreng, apalagi untuk sekedar ngemil. Pangsa pasar untuk ide usaha jajanan rumahan modal kecil dari kacang goreng juga cukup luas, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua. 

Nah, bagaimana bisa modal yang kamu perlukan hanya Rp 20 ribu? Bisa saja, karena kamu hanya membutuhkan bahan-bahan berikut untuk jualan makanan dengan modal 20 ribu.

  • Kacang bawang,
  • garam,
  • bawang putih,
  • Minyak untuk menggoreng.

Proses pembuatannya juga cukup mudah. Hanya saja, kamu perlu kreativitas untuk membuat produk ini menjadi lebih menarik dan berbeda dari produk sejenis lainnya.

Tertarik untuk memulai usaha jualan makanan dengan modal 20 ribu yang satu ini? 

Untuk penjualannya, kamu bisa memasarkan sendiri di pusat keramaian atau menitipkan di tempat-tempat makan seperti restoran atau HIK yang ada di pinggir jalan.

6. Bisnis Jualan Keripik Tempe

Keripik tempe juga bisa kamu produksi dengan modal mulai dari Rp 20 ribuan, lho. Bahkan, bisa kamu jadikan beberapa kemasan, sehingga income atau pendapatannya lebih tinggi.

Resiko gagal balik modal dari berjualan keripik tempe ini cukup kecil. Hal ini karena tingkat ketahanannya juga cukup baik. Jika kamu memproduksi tempe dengan tepat, keripik tempe bisa bertahan hingga 90 hari atau 3 bulan. 

Apakah kamu sudah tahu apa manfaat keripik tempe? Manfaatnya yaitu:

  • Sumber energi,
  • Menurunkan kadar kolesterol,
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan,
  • Mengatasi timbulnya gejala menopause,
  • Menurunkan resiko naiknya tekanan darah tinggi,
  • Mencegah munculnya kanker, dan masih banyak lagi.

Wah, ternyata keripik tempe pun juga memiliki banyak manfaat, ya. Kamu bisa menjadikan ini sebagai branding dan salah satu strategi pemasaran. 

7. Jualan Cireng Keraton

jualan modal 10 ribu

Cireng keraton merupakan salah satu rekomendasi jualan makanan dengan modal 20 ribu. Bahkan, hanya dengan Rp 4 ribu, kamu bisa mendapatkan pemasukan sampai Rp 20 ribu. Maka dari itu, tidak heran jika bisnis jualan modal 10 ribu ini sangat menjanjikan.

Dengan modal kecil saja, kamu sudah bisa membuat beberapa buah cireng. Padahal, satu buah cireng bisa kamu jual seharga Rp 500 atau Rp 1.000.  Nah, untuk tutorial membuat cireng modal minim, kamu bisa simak di sini.

Kira-kira, berapa lama cireng isian bisa bertahan?

Cireng sendiri memiliki daya tahan yang cukup baik. Jika kamu menaruh adonannya di lemari pendingin, mungkin bertahan sekitar 2 hari. Akan tetapi, cireng akan bertahan sampai satu bulan jika kamu menyimpannya dalam freezer. 

Lantas, bagaimana cara agar cireng bisa laku dan laris terjual?

Untuk hal ini, kamu sebaiknya tentukan target pasar yang jelas. Kamu bisa menargetkan anak sekolah. Umumnya anak sekolah akan memilih jajanan yang enak namun murah. Kamu juga bisa menitipkan ke rumah makan atau ke HIK, tempat banyak orang nongkrong.

8. Jualan Cimol

camilan modal 10 ribuan

Cimol juga bisa menjadi salah satu ide jualan makanan dengan modal 20 ribu. Ini lantaran bahan-bahan yang kamu perlukan tidak banyak dan relatif mudah. Bahan baku yang kamu butuhkan hanya:

  • Tepung tapioka Rp 3 ribu,
  • Tepung beras Rp 500
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya,
  • Penyedap rasa Rp 1000
  • Boncabe Rp 500

Jika dari bahan-bahan di atas, dengan modal Rp 5 ribu saja kamu sudah bisa membuat beberapa porsi kecil. 

Untuk membedakan produk kamu dengan orang lain, silahkan tuangkan ide kreatif dan buat inovasi agar calon pembeli juga penasaran. Jangan lupa tentukan target market dan lokasi yang strategis.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba berjualan cimol? Dijamin untung besar, deh!

Baca juga: 6 Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Paling Laris

9. Jual Keripik Daun Pegagan

Daun pegagan sendiri merupakan dedaunan yang bisa tumbuh subur secara alami di beberapa tempat, seperti di perkebunan teh. Salah satu jenis daun herbal ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti misalnya:

  • Meningkatkan fungsi kognitif,
  • Membantu mengurangi gejala kecemasan dan stress,
  • Membantu meringankan bekas luka,
  • Mencegah insomnia, dan lain-lain.

Pada dasarnya, ada banyak cara mengonsumsi daun pegagan. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan merebusnya dan menjadikan lalapan. Namun, rasanya yang cenderung pahit membuat banyak orang kurang menyukainya.

Oleh sebab itu, keripik daun pegagan bisa jadi salah satu solusi untuk menyamarkan rasa pahit yang khas. Untuk membuat keripik pegagan, bahan yang kamu butuhkan juga cukup sederhana, yaitu daun pegagan, tepung terigu dan tapioka, garam, dan penyedap rasa. 

Agar tampilannya makin cantik, kamu bisa menambahkan pewarna makanan alami (kunyit) pada adonan.

10. Jualan Es Lilin

Modal Rp 20 ribu juga cukup untuk memulai usaha es lilin. Karena pangsa pasarnya sudah terukur, yaitu anak sekolah, maka peluang keberhasilan usaha jualan makanan dengan modal 20 ribu ini lumayan besar.

Adapun bahan-bahan untuk membuat es lilin meliputi:

  • 7 sendok makan gula pasir,
  • 4 Sendok makan tepung maizena,
  • 1 liter air putih matang,
  • 1 sachet pop ice,
  • 1 sachet susu kental manis,

Secara keseluruhan, biaya untuk membuat beberapa bungkus es lilin ini tidak lebih dari 10 ribu.  Jadi, ini cukup worth it untuk memulai jualan makanan dengan modal 20 ribu.

Yakin tidak mau mencoba bisnis camilan modal 10 ribuan sampai  20 ribuan yang satu ini?

11. Jualan Sosis Bakar 

Jualan sosis bakar juga menjadi ide jualan di rumah yang laris. Meskipun variannya bakal terlalu sedikit untuk modal kecil, tapi tak masalah. 

Kamu bisa membeli sosis dengan harga yang terjangkau dan menjajakannya di tempat strategis, salah satunya seperti di sekitar sekolah. Lalu, kumpulkan modal sebanyak mungkin dan mulai menambah varian lain selain sosis.

Kamu bisa memasarkan jualan makanan dengan modal 20 ribu ini dengan harga terjangkau, misal Rp 1,5 ribu sampai Rp 2 ribu. Jika satu hari bisa menjual 50-100 buah saja, sudah pasti akan cepat balik modal dan mendapatkan keuntungan besar.

Untuk memperbesar penghasilan, kamu bisa menerapkan berbagai trik penjualan. Contohnya seperti memotong sosis menjadi beberapa bagian.

12. Jualan Jagung Bakar

Jagung bakar juga menjadi ide jualan terlaris mulai dari Rp 20 ribuan dengan peluang yang menjanjikan.

Apakah kamu tahu? Di beberapa pasar tradisional, Rp 5 ribuan bahkan bisa mendapatkan tiga buah jagung.

Jika harga per satu jagung bakar bisa seharga Rp 3 ribu sampai 5 ribuan, bayangkan berapa ratus persen modal dan pendapatan yang bisa kamu dapat? 

Kamu bisa mencari tempat-tempat strategis yang biasa menjadi tempat nongkrong anak muda di malam hari untuk memasarkannya. Tidak masalah jika di awal berjualan kamu hanya menyediakan rasa original. 

Nantinya, sedikit demi sedikit kamu bisa mulai menyediakan varian baru untuk jualan di hari-hari berikutnya agar pembeli tidak merasa bosan. 

Bagaimana? Apakah tertarik untuk jualan makanan dengan modal 20 ribu yang satu ini?

Jadi…

“Modal kecil bukan menjadi penghalang untuk memulai usaha. Semua bisa kamu lakukan sedikit demi sedikit dengan niat dan kesabaran yang besar.”

Itulah tadi beberapa rekomendasi jualan dengan modal 20 ribu. Dari beberapa pilihan tersebut, usaha jagung bakar dan es lilin menjadi pilihan terbaik versi mimin karena modalnya kecil namun bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan. 

Kalau kamu, mau pilih ide jualan makanan dengan modal 20 ribu yang mana? Sebutkan alasannya juga di kolom komentar kenapa kamu memilih ide tersebut, ya!

Rating

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like