Ide Usaha di Bidang Jasa

Usaha di Bidang Jasa
Buat yang baru lulus sekolah atau masih mahasiswa dan bingung cari kerja. Jenis usaha di bidang jasa berikut ini sangat cocok dan menguntungkan.

Thecronutproject.com – Usaha bidang jasa adalah bisnis yang mengandalkan ilmu, keahlian dan tenaga di bidang tertentu. Buat yang baru lulus sekolah atau masih berstatus mahasiswa, merintis usaha di bidang jasa bisa menjadi hal yang sangat berharga.

Bukan hanya masalah uang, tetapi juga menambah pengalaman. Sementara itu, karyawan bisa merintisnya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Jenis usaha yang satu ini umumnya tidak membutuhkan modal besar karena yang ditawarkan utama adalah jasa. Ada banyak contoh profesi yang bisa Anda tekuni bermodalkan ilmu dan skill. Peluang masih terbuka lebar bagi siapapun yang ingin memulainya.

Contoh Usaha di Bidang Jasa

Jika Anda mampu mengeksplorasi, bisnis di bidang jasa sangatlah banyak. Apa sajakah itu? antara lain adalah sebagai berikut:

1. Usaha jasa MUA (Make Up Artist) bagi Anda yang menyukai dunia make up

Apakah Anda sedang kuliah di jurusan fashion atau memiliki hobi rias? Jika benar demikian, Make Up Artist patut untuk dicoba.

Peluang dari jasa ini cukup menjanjikan dengan targetpasar  industri entertaiment di Indonesia dan bayarannya lumayan mahal.

2. Usaha jasa fotografer lepas untuk berbagai momen

Cara jual foto di shutterstock

Bagi yang hobi bermain kamera dan mengabadikan tempat-tempat indah, merintis karir sebagai fotografer freelance adalah pilihan bagus. Disela-sela kesibukan sebagai seorang mahasiswa dan karyawan, Anda bisa mengasah skill memotret.

Selain memperbanyak memotret, jangan lupa membaca buku-buku fotografi. Upload hasil di media sosial sebagai portofolio dan mulai tawarkan kepada teman-teman.

Karena memotret adalah kegiatan berkunjung ke suatu tempat, ini bisa sekalian menjadi momen liburan.

Bingung hasil fotonya dijual dimana? Wajib baca cara jual foto di shutterstock

3. Usaha jasa sebagai guru les private

Sedikit orangtua yang bisa menemani belajar anak-anak mereka setiap hari, khususnya para pekerja. Nah, Anda bisa memanfaatkan ini sebagai peluang usaha. Target pasar yang luas dan sama sekali tidak membutuhkan modal.

Namun pastikan Anda bisa menguasai bidang pelajaran yang akan di les dan bisa menyampaikan dengan baik. Mulailah menawarkan kepada anak-anak di lingkungan sekitar atau teman Anda.

4. Usaha jasa penulis freelance

Usaha penulis konten

Hampir setiap bisnis yang ada sekarang ini pasti memiliki website dan membutuhkan konten artikel untuk tetap update. Peluang menjadi content writter bisa dilirik untuk meraup keuntungan.

Modal yang dibutuhkan adalah koneksi internet dan laptop. Ditambah sikap telaten membaca, kemampuan mengarang dan menulis ulang sebuah topik.

Pelajari bagaimana cara yang benar menulis artikel sesuai kebutuhan klien, seperti artikel SEO, artikel copywriting dan artikel informasi.

5. Usaha jasa desain grafik bagi Anda yang menyukai desain

Tidak kalah populer dari artikel, jenis konten yang juga dibutuhkan oleh banyak pihak adalah desain grafis. Apalagi sebagian besar orang lebih menyukai informasi dalam bentuk gambar daripada tulisan.

Peluang usaha di bidang desain grafik terdiri dari beberapa macam. Bisa menjadi pembuat logo, editor template promosi dan lain sebagainya. Lagi-lagi kreativitas Anda yang menentukan perkembangan usaha.

6. Usaha jasa Event Organizer berbagai event

Semua orang bisa memulai bisnis sebagai event organizer asalkan mampu merancang dan menyusun acara dengan rinci. Setiap susunan acara harus disusun secara matang sehingga bisa memberi kesan yang baik dam tidak biasa-biasa saja.

Event organizer terbagi ke dalam beberapa bidang seperti ulang tahun, acara tujuh belasan, pernikahan, pameran dan konser.

Fokuslah pada satu bidang terlebih dahulu baru dan lingkup kecil. Seiring berjalannya waktu bisa menambah bidang dan lingkupnya.

Apapun keterampilan yang Anda miliki, Anda bisa menjadikannya sebagai komoditi bisnis Anda. Apalagi untuk jaman modern seperti sekarang ini. Di mana semuanya menjadi serba mudah.

Orang-orang ingin yang instant. Jadi bukan sebuah hal aneh lagi kalau untuk mengkomersilkan atau menjual sesuatu.

Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Merintis Usaha Bidang Jasa

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebagai mahasiswa dan karyawan yang ingin memulai bisnis di bidang jasa.  Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan pekerjaan atau usaha yang Anda rintis tersebut tidak mengganggu kuliah dan pekerjaan utama
  2. Akan lebih baik jika usaha di bidang jasa tersebut Anda lakukan sesuai dengan passion Anda sehingga Anda akan enjoy melakukannya
  3. Untuk tarif jasa yang Anda tawarkan, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang kisaran atau range harga untuk jasa tersebut
  4. Sebaiknya Anda mengorganisir usaha jasa Anda tersebut dengan baik sehingga jika ada kesempatan untuk memperbesar usaha tersebut, Anda akan lebih mudah
  5. Jangan lupa mempromosikan usaha Anda dengan baik dan juga jangan lupa untuk meminta testimoni karena kualitas jasa Anda juga perlu diketahui oleh calon pelanggan

Tak ada yang tidak mungkin selama Anda mau. Begitu juga tentang merintis usaha di bidang jasa bagi mahasiswa. Semoga artikel ini bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Usaha jajanan rumahan modal kecil
Read More

Usaha Jajanan Rumahan Modal Kecil

Hasilkan untung banyak dengan usaha jajanan rumahan modal kecil ini. Trik bersaing agar bisnis jajanan laku keras dan contoh usaha jajanan yang banyak peminatnya.
Usaha konter pulsa dan kuota
Read More

Usaha Konter Pulsa Dan Kuota

Ingin buka usaha konter pulsa dan kuota tapi masih bingung berapa modal yang dikeluarkan? Simak rincian modal dan cara usaha konter pulsa dan kuota berikut ini.
Bisnis cemilan sehat
Read More

Bisnis Camilan Sehat

Membuka bisnis cemilan sehat merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Agar untung banyak, pelajari cara usaha cemilan sehat di rumah yang unik dan menghasilkan.