10 Ide Jualan Makanan Pedas dengan Prospek Menjanjikan

ide jualan makanan pedas
Membuka usaha makanan pedas tentu harus memikirkan konsep dan peluangnya. Berikut ini beberapa ide jualan makanan pedas yang laris dengan prospek menjanjikan.

Thecronutproject.com – Mayoritas masyarakat Indonesia pecinta makanan pedas. Inilah salah satu alasan ide jualan makanan pedas sangat menarik dan banyak orang yang mencari.

Nah, buat kamu yang sedang bingung mencari ide untuk jualan makanan pedas yang laku dan bisa mendatangkan untung banyak, kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan mengulas peluang usaha jualan makanan pedas yang laris dengan prospek menjanjikan.

Contoh Ide Jualan Makanan Pedas yang Laris dan Menjanjikan

Tak perlu bimbang dengan modal, karena beberapa ide jualan makanan pedas berikut bisa kamu mulai dengan modal kecil. 

Langsung saja, mari kita bahas apa saja peluang usaha makanan pedas yang memiliki peluang bagus untuk kamu coba.

1. Jualan Aneka Keripik Pedas

ide jualan makanan pedas kering

Kamu bisa menjual aneka keripik dengan rasa pedas, seperti makaroni ngehe, keripik kaca beling, keripik singkong pedas, dan lain-lain. 

Ada banyak alasan mengapa jualan keripik pedas bisa jadi ide yang tepat. Berikut beberapa poin pentingnya:

  • Kemudahan mencari bahan baku produksi,
  • Banyak orang yang suka dengan olahan keripik,
  • Penjualan yang cepat jika strateginya berhasil,
  • Tahan lama jika produksi dan pengemasannya tepat,
  • Modal kecil.

Namun, dari berbagai kelebihan tersebut, salah satu tantangan jualan makanan ini adalah bagaimana agar kerenyahan bisa bertahan lama. Agar kerenyahan keripik busa bertahan lama, berikut adalah tipsnya:

  • Iris bahan setipis mungkin,
  • Lakukan perendaman di air kapur sirih,
  • Jangan hemat minyak goreng,
  • Angin-anginkan keripik sebelum masuk ke tahapan pengemasan.

Bagaimana? Sudah siap untuk mencoba jualan makanan pedas ini? Sebaiknya gunakan kemasan yang menarik agar produk kamu tetap bisa bersaing dengan yang lain.

2. Jualan Sambal

makanan pedas yang laris

Jika menggunakan metode produksi yang tepat, sambal tidak akan cepat basi dalam waktu yang singkat. Ini bisa jadi ide jualan makanan pedas yang laris dan layak untuk kamu coba.

Setidaknya ada 7 jenis sambal khas nusantara yang saat ini sedang populer dan bisa kamu jadikan ide jualan makanan online.

  • Sambal terasi,
  • Sambal bawang,
  • Sambal cabai hijau,
  • Sambal pecel,
  • Sambal roa,
  • Sambal bajak.

Lalu, apa rahasia agar sambal tidak mudah basi? Salah satu kunci agar sambal tetap awet selama lebih dari dua bulan adalah kondisi bahan dan minyak. 

Pastikan bahan dalam keadaan segar dan peralatan untuk membuat sambal sudah kamu cuci dengan bersih. Selain itu, tambahkan minyak sedikit pada saat menumis agar sambal jadi lebih tahan lama.

3. Seblak, Makanan Pedas yang Laris

Sebagai makanan khas Sunda, nyatanya seblak justru bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Awalnya, seblak merupakan jajanan kerupuk yang biasa dijadikan sebagai pelengkap makanan berat.

Namun, saat ini seblak justru menjadi salah satu makanan pedas kekinian untuk dijual yang banyak dicari, khususnya sama anak muda. Kenapa?

  • Memiliki rasa yang enak, pedas, dan gurih;
  • Harganya murah;
  • Tersedia aneka topping.

Untuk satu porsi seblak, kamu bisa menjualnya dengan harga Rp 10.000 – Rp 25.000. Kamu juga bisa menjual seblak frozen untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Jika kamu tertarik dengan ide jualan makanan pedas ini, kamu bisa berkreasi dan menciptakan inovasi menu baru. Tawarkan berbagai aneka topping, mulai dari ikan, siomay, ayam, daging, ceker, dan lain-lain. 

Selain itu, tingkatkan cita rasa masakan agar pengunjung selalu ketagihan dan ingin memakannya lagi dan lagi.

Baca juga: 16 Makanan yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa Paling Laris

4. Baso Aci

Baso aci bisa jadi pilihan usaha jualan makanan pedas dengan pengiriman yang luas karena lebih tahan lama. Ada beberapa alasan yang menjadi pendukung untuk melakukan bisnis makanan online untuk pemula ini, yaitu:

  • Modal awal tidak terlalu besar,
  • Bahan cenderung awet,
  • Proses pembuatannya mudah,
  • Potensi keuntungan lumayan menjanjikan.

Bila kamu tertarik untuk membuka bisnis ini, sebaiknya perhatikan berbagai tips berikut:

  • Lakukan inovasi dan buat menu baso aci yang baru,
  • Tambahkan isian dan topping agar produk terkesan berbeda,
  • Lakukan promosi digital di semua platform media sosial melalui endors atau dengan membuat konten sendiri,
  • Konsisten memberikan pelayanan terbaik.

Apakah kamu tertarik dengan ide jualan makanan pedas ini? Kamu bisa melakukan promosi secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Bakso Setan

ide jualan makanan pedas online

Bakso adalah makanan berkuah dan digemari sejuta umat. Walaupun saingan sesama penjual bakso tumpah-tumpah, jangan khawatir! Berjualan bakso masih tetap kompetitif jika menjadi pilihan. 

Apalagi dengan konsep bisnis yang unik dengan rasa super pedas, bisnis bakso akan memiliki nilai tambah sendiri. Kamu bisa memperluas pangsa pasar dengan memasarkan bisnis ini secara online

Jika ingin meraih keuntungan lebih, kamu bisa mencoba makanan unik pedas untuk dijual dengan menghadirkan versi bakso frozen yang sebelumnya sudah divacum. Bakso dengan versi ini bisa tahan lebih lama dan bahkan bisa kamu kirim hingga luar kota.

6. Nasi Goreng Pedas Gila

ide jualan makanan murah untung banyak

Jika masih bingung hendak memilih ide jualan makanide jualan makanan murah untung banyakapa, usaha nasi goreng bisa menjadi alternatifnya. 

Ada tiga jenis bisnis usaha nasi, yaitu berjualan dengan gerobak, warung bongkar pasang di pinggir jalan, atau dengan membuka resto.

Pilih jenis usaha yang akan kamu geluti, karena ini akan mempengaruhi besarnya modal, harga, dan strategi pemasaran. Namun, yang perlu kamu pahami, jenis usaha yang kamu pilih bukan satu-satunya yang menentukan kesuksesan. 

Setidaknya ada 3 faktor penentu sebuah bisnis nasi goreng tersebut sukses atau tidak.

  • Variasi rasa;
  • Pelayanan;
  • Tempat makan, apakah nyaman atau tidak (jika memutuskan tidak hanya berkeliling).

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa memilih untuk join ke bisnis franchise. Kelebihan bisnis ini adalah kamu tidak perlu mencoba resep yang pas dan enak. Selain itu, kamu juga tidak perlu membangun branding dari awal.

Biasanya, kamu akan memperoleh pelatihan terkait prosedur, standar rasa, dan strategi pemasaran.

7. Ceker Setan

Banyak orang yang suka makan ceker atau kaki ayam. Jika ceker kamu olah dengan bumbu yang super pedas, ini bisa jadi rekomendasi usaha jualan makanan pedas yang menjanjikan. Penikmat ceker pastinya akan mengejar cita rasa pedas dari olahan ceker setan.

Modal untuk memulai usaha jajanan pedas kekinian ini juga tidak terlalu besar. Kamu hanya membutuhkan modal sekitar Rp 250 ribu untuk membeli bahan-bahan berikut:

  • Ceker ayam 2 Kg: Rp 70.000
  • Bumbu dan rempah-rempah: Rp 100.000
  • Packaging/plastik: Rp 50.000

Dari modal Rp 250 ribu ini kamu sudah bisa menghasilkan beberapa cup ceker setan yang bisa kamu jual mulai dari Rp 7.000 – Rp 10.000.

Jika tertarik dengan ide jualan makanan pedas ini, sajikan menu ceker setan yang lezat dan pastinya lain dari yang lain. Buat promosi efektif secara online di semua media sosial maupun maupun secara offline.

8. Oseng Mercon

Oseng mercon merupakan olahan daging sapi dengan bumbu rempah yang pedas. Makanan pedas ini sempat terkenal pada masanya. Meskipun begitu, sampai saat ini pun masih banyak orang yang menyukai menu makanan yang satu ini.

Apa yang membuat menarik dari menu ini?

Oseng mercon sangat menggoda dari aroma pedas dan sedapnya, terlebih jika sedang lapar. Biasanya, oseng mercon ini menjadi menu andalan saat di malam hari, baik untuk makan malam atau hanya untuk sekadar teman nongkrong.

Dengan banyaknya peminat oseng mercon, usaha ini bisa menjanjikan keuntunggan hingga Rp 8 juta untuk penjualan 100 porsi setiap harinya. Bagaimana analisis usaha ini dan resep terbaiknya bisa kamu baca di sini.

Pastinya, saat ingin memulai ide jualan makanan pedas ini perlu benar-benar kamu perhatikan bagaimana cara pengolahannya. Pastikan tekstur dan cita rasa dari daging sapi sempurna.

9. Cilok Setan

Cilok merupakan salah satu jajanan murah yang memiliki banyak penggemar. Jika selama ini rasa cilok hanya gurih, tidak ada salahnya untuk mencoba cilok setan dengan rasa yang super pedas.

Setidaknya, berikut alasan yang membuat kamu sebaiknya mencoba ide jualan makanan pedas berupa cilok setan.

  • Rasa familiar dengan lidah orang Indonesia,
  • Bahan baku terjangkau dan mudah,
  • Bisa dimulai dengan modal kecil,
  • Kerugian minim,
  • Keuntungan lumayan besar,

Jika tertarik dengan bisnis ini, lakukan branding untuk memperkenalkan produk kamu. Caranya bisa beraneka ragam, yaitu bisa dengan berjualan keliling atau dengan melakukan promosi secara online.

Salah satu kunci terpenting untuk mengembangkan usaha jualan yang laku setiap hari ini adalah sabar. Selain itu, selalu berikan pelayanan terbaik dan pastikan cita rasa yang kamu hadirkan selalu nikmat. 

Baca juga: 6 Contoh Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Paling Laris

10. Bakso Bakar

Bakso bakar hadir dengan sajian bumbu kacang dengan cita rasa pedas manis. Cita rasanya yang khas membuat makanan ini banyak disukai orang dari berbagai kalangan.

Dengan kondisi seperti itu, pastinya bakso bakar bisa jadi ide jualan makanan pedas yang laris manis. Kamu bahkan bisa memulai usaha ini dengan modal yang minim. 

Harga satu bungkus dengan isi 50 biji biasanya dibanderol dengan harga Rp 40-60 ribu. Jika ingin yang lebih murah dan untung banyak, kami bisa membuat sendiri baksonya. 

Agar terasa berbeda, berikan sedikit inovasi dengan menambahkan rasa madu, barbeque, pedas manis, atau yang lainnya. Namun yang pasti, buatlah cita rasa yang khas agar bakso yang kamu jual tiada duanya.

Untuk pemasaran, jual bakso bakar secara offline di sekitar sekolahan atau tempat-tempat yang ramai. Kami juga bisa mempromosikan secara online atau bekerja sama dengan jasa pengantar makanan.

Itulah tadi beberapa ide jualan makanan pedas yang menguntungkan. Pada dasarnya, salah satu kunci kesuksesan bisnis kuliner terletak pada cita rasa dan inovasi.

Untuk itu, buat makanan dengan cita rasa yang khas dan lezat. Tambahkan sedikit inovasi agar bisnismu berbeda dari yang lain.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk sukses dengan mencoba ide jualan makanan pedas di atas? Apa pun ide usaha yang kamu pilih, lakukan dengan tekad keras dan sungguh-sungguh.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like