6 Ide Jualan Makanan Kekinian dan Strategi Jualannya!

Ide jualan makanan kekinian
Di zaman sekarang ini jualan makanan kekinian bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut ini contoh ide jualan makanan kekinian yang laris.

Thecronutproject.com – Selain bagian dari kebutuhan primer kehidupan, hari ini makanan juga menjadi bagian dari bahasan lifestyle. Tidak sedikit yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis kuliner makanan kekinian. Ada begitu banyak ide jualan makanan kekinian yang bisa Anda jajaki.

Melihat data statistik di Statista pada Juli 2021 lalu, peluang bisnis makanan diestimasikan akan mengalami kenaikan hingga 10,79 % hingga tahun 2025 mendatang. Ide dan kreatifitas dapat Anda temukan hampir dalam setiap kategori jenis makanan. 

Rekomendasi Jualan Makanan Kekinian yang Laris

Nah, agar lebih mudah, kami siapkan beberapa ide jualan makanan kekinian berdasarkan jenis kategorinya untuk Anda coba. Perhatikan baik-baik, siapa tahu salah satunya cocok dengan keahlian Anda!

Makanan Tradisional Indonesia

Indonesia sangat kaya akan berbagai jenis makanan tradisional, mulai dari makanan berat hingga pencuci mulut. Belum lagi jajanan yang biasa ada di pasar, atau disebut jajanan pasar atau makanan jadul.

Ingatkah Anda bagaimana kreativitas memungkinkan klepon bertransformasi dan dijual dalam bentuk cake (kue)? Begitu pula dengan cake nastar yang pada muncul dan menjadi perhatian banyak orang di penjuru Indonesia? Juga kue balok yang muncul dengan berbagai varian rasa kekinian. 

Dengan sedikit inovasi, jajanan tradisional atau jajanan jadul Indonesia sangat mungkin untuk Anda jadikan ide bisnis makanan kekinian. Berikut ini beberapa ide jualan makanan kekinian yang laku setiap hari :

1. Kreasi Jajanan Klepon

Jajanan klepon

Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras ketan yang diisu dengan gula merah dan direbus hingga matang, kemudian dibalur dengan parutan daging kelapa. 

Dari sebuah klepon jadul, Anda bisa saja membuat inovasi klepon dengan isian lain mulai dari keju mozarella yang gurih dan lentur, hingga selai-selai buah atau selai kekinian yang mengundang rasa penasaran. 

Selain itu, ternyata, klepon bisa pula dimodifikasi ke dalam bentuk donat, atau jika ingin memadukan dengan gaya western, kreasikan resepnya sehingga menjadi Lammington Klepon Cake

Jadi, jajanan klepon yang udah di kreasikan bisa menjadi ide jualan makanan kekinian yang laris.

2. Rangin Waffle

Salah satu peserta program acara Master Chef Indonesia, Olivia Tommy, lewat channel Youtubenya, pernah juga memberikan ide makanan kekinian yaitu inovasi kue rangin. Kue rangin, dikenal juga di berbagai daerah dengan nama kue pancong. 

Untuk ide kreatifnya, Olivia mencoba mengkreasikan bentuk kue rangin menjadi kue rangin waffle kemudian diberi topping sesuai selera. 

Selain proses memasak dan bahan yang mudah, rasanya akan membangkitkan memori tetapi dengan tambahan topping tentu memberi sensasi baru yang unik. 

3. Ide Jualan Wingo Babat Kekinian

Satu lagi kue tradisional yang ternyata bisa dimodifikasi menjadi modern oleh seorang santri dari Pesantren Darul Fiqh Lamongan.

Ide membuat wingko babat dengan dua model, yaitu wingo isi dan wingko topping menjadi inspirasi dan meraih juara harapan 1 dalam Lomba Inovasi Bisnis Santri, Hari Santri Nasional 2021 yang diadakan oleh OPOP Jatim.

Siapa sangka, jajanan rumahan ini ternyata bisa juga dipadupadankan dengan berbagai jenis isian, bahkan topping kekinian yang banyak digandrungi kawula muda.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan ide dari para santri inovatif ini untuk ide jualan makanan kekinian Anda sendiri, terutama yang berasal dari Jawa Timur!

4. Lemper Goreng

Jajanan tradisional yang tergolong basah ini memang terkenal enak karena rasa gurih dari isian dan beras ketan yang digunakan. Biasanya, kue lemper diolah dengan cara dikukus sehingga teksturnya kenyal dan empuk luar dalam.

Tapi kini, ada jenis lemper goreng yang kabarnya tak kalah enak. Lemper goreng punya tekstur krispi di luar karena dibalut dengan telur dan tepung roti, serta pulen di bagian dalamnya. 

Ciri khas lemper yang selalu bersama dengan ayam juga bisa diakali sehingga tidak hanya berisi ayam suwir biasa. Anda bisa memanfaatkan berbagai olahan ayam khas Indonesia seperti  ayam suwir pedas, ayam rendang suwir atau ayam woku untuk memberi cita rasa yang lebih unik. 

Inovasi lemper goreng menjadi pelengkap jajanan khas Indonesia yang rasanya kurang lengkap tanpa jenis gorengan. 

Baca juga: 15+ Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Paling Laris!

Makanan Berat Tapi Praktis

Bukan hanya dari segi rasa dan juga komposisi atau nama, tetapi makanan bisa saja diinovasikan lewat kemasannya. Beberapa makanan luar negeri yang sudah diadaptasi di Indonesia cukup populer, sebut saja rice bowl, dan tteokbokki. 

Nah, selain kedua makanan ini, ada dua jenis makanan berat kekinian yang praktis yang bisa jadi ide jualan makanan kekinian Anda di tahun 2022 ini nih.

1. Ramen In A Cup

Ramen In A Cup

Ramen adalah salah satu jenis makanan jepang yang berbahan dasar mie. Makanan ini berbeda dengan ramyeon dari Korea yang biasanya merupakan mie instan seperti mie instan kemasan di Indonesia.

Jika umumnya, ramen Jepang memiliki kuah, untuk ide makanan kekinian berupa ramen in a cup ini dibuat dengan porsi yang lebih efisien, tetapi cukup mengenyangkan, lengkap dengan topping, tetapi tanpa kuah atau bisa disebut dengan dry ramen. Ada juga varian dengan kuah yang dimasukan dalam wadah cup terpisah. 

Ramen In A Cup dikemas dalam wadah berbentuk cup plastik transparan seperti cup minuman kekinian, dengan mie dan bumbu serta toppingnya, dan dapat disantap menggunakan sumpit atau garpu dari wadah tersebut.

Ide jualan makanan kekinian ini bisa jadi kategori cemilan di jam-jam darurat lapar kantor di sore hari, atau makanan praktis siang hari. 

2. Kreasi Taco Kekinian Cita Rasa Khas Indonesia

Makanan khas Meksiko yang satu ini juga merambah perlahan tapi pasti pasar makanan kekinian di Indonesia. Ada berbagai inovasi taco, bahkan sebuah gerai sushi pun mencoba mengemas sushi mereka dalam bentuk taco.

Terdiri dari wrap (bungkus) berupa roti tortilla yang menjadi sumber karbohidratnya, taco biasanya memiliki isian protein hewani dan nabati yang bervariasi serat saus yang khas nan eksotis dari saus guacamole berbahan alpukat. 

Jangan takut untuk mencicipi rasa taco di gerai besar dan populer dari Amerika yang sudah hadir di Indonesia.

Kemudian, buat sendiri kreasi taco dengan cita rasa khas Indonesia dengan kreativitas Anda sendiri. Selain praktis, taco ini juga tergolong makanan padat yang mengenyangkan, cocok dijual di kalangan pekerja. 

Strategi yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Bisnis Makanan

Sebelum memulai jualan makanan kekinian, ada banyak persiapan dan strategi yang perlu Anda lakukan dengan cermat. Diantaranya adalah beberapa hal di bawah ini :

Peluang Pasar

Ketika Anda akan membuat produk, teliti secara menyeluruh peluang pasar dan prediksi perkembangan serta permintaan juga penyediaan barang tidak hanya dalam waktu dekat tetapi juga untuk jangka waktu yang lebih panjang. 

Walaupun makanan kekinian bisa cocok untuk hampir semua jenis pasar baik itu secara gender maupun umur, tetapi Anda tetap perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang potensi pasar makanan kekinian.  

Menjadi viral bukanlah target pertama Anda dalam berjualan makanan kekinian, tetapi memastikan peluang perkembangan dan pertumbuhan produk dan bisnis itu sendiri menjadi langkah pertama yang penting. Produk yang viral belum tentu bisa bertahan dengan lama jika tidak disertai dengan riset ketersediaan barang, dan permintaan atau tren dalam jangka panjang.  

Persiapkan Business Plan yang Jelas

Sekiranya Anda berniat jualan makanan kekinian dari rumah dengan skala kecil, jangan anggap business plan sebagai hal yang sepele dan tidak perlu dilakukan. Business plan untuk usaha bermodal ringan atau kecil justru lebih perlu dipersiapkan dengan baik, diantaranya adalah :

  • Keuangan : mulai rincian modal dan penggunaannya hingga perputarannya
  • Pekerja : Anda perlu memetakan bagian-bagian penting untuk menangani berbagai area mulai dari pra produksi, produksi hingga penjualan. Jika modal usaha Anda kecil, memberdayakan diri sendiri dengan bantuan orang terdekat dengan segenap waktu dan tenaga yang ada adalah jalan yang umumnya ditempuh terlebih dahulu. 
  • Menu makanan, nama, dan harga jual : perlu disesuaikan dengan target pasar dan tentunya lokasi yang ingin Anda sasar. Untuk itu, perlu diingat juga pentingnya mengetahui kompetitor bisnis Anda. 

Kualitas, Inovasi dan Strategi Promosi

Jangan pernah melupakan bahwa lidah pelanggan Anda tidak dapat dibohongi dengan materi promosi sekeren apapun. Sebelum melakukan promosi, Anda perlu menentukan standar kualitas produk Anda, begitu pula supplier dan juga proses produksi hingga distribusinya. 

Selain itu, tetap berusaha untuk terus berinovasi dengan menjadi yang terbaik, yang pertama atau yang paling unik agar tidak kalah dari kompetitor Anda. Di samping itu, tidak ada salahnya mencoba untuk berkolaborasi dengan kompetitor untuk mengembangkan ide jualanan makanan kekinian bersama untuk menggaet pasar dan loyalis yang lebih besar. 

Strategi promosi juga memegang peran yang penting dalam bisnis makanan kekinian. Sebaiknya perhatikan tren promosi yang terus berkembang, terutama secara digital atau online. Saat ini, promosi digital memang sangat membantu dalam peluncuran, perkembangan dan pertumbuhan berbagai jenis bisnis, terutama jenis bisnis makanan dan minuman kekinian. 

Kelola Aset dengan Cerdas

Sebagai calon pengusaha, terlepas dari masalah modal dan pekerja, Anda juga patut tahu aset apa saja yang perlu Anda kelola. Diantaranya adalah aset digital berupa merek dan hak cipta yang perlu diurus legalitasnya. 

Pangsa pasar Indonesia yang didominasi pemeluk agama Islam sudah memiliki tingkat awareness tentang kehalalan produk, terutama makanan. Maka pastikan, bahwa seluruh jenis bahan dan proses produksi yang Anda jalankan halal.

Disamping itu, mendaftarkan hak cipta atau merek produk Anda juga penting terutama untuk jangka panjang. Brand adalah sebuah intangible asset yang perlu Anda kelola sejak dini untuk menghindari kerugian besar di masa depan. 

Pelajari dan cari konsultan legal dan yang berwenang untuk sertifikasi halal dalam proses pengelolaan aset-aset Anda. Tidak sedikit brand atau merek yang telat mendaftarkan sertifikasi halalnya atau hak cipta sehingga terbelit masalah hukum. 

Walaupun di luar sana saat ini sangat banyak jenis makanan kekinian dengan peluang bisnis menjanjikan, dua kategori makanan kekinian di atas adalah rekomendasi dari beberapa sumber pilihan kami. 

Selain meninjau dari segi rasa, keduanya adalah kategori yang dipertimbangkan sangat cocok dengan kondisi dan situasi sosial di Indonesia beberapa tahun terakhir yang cocok dengan gaya hidup praktis tetapi juga inspiratif dengan cita rasa lokal berpadu dengan cita rasa modern.  

Jika salah satu dari kategori ide jualan makanan kekinian di atas menginspirasi Anda, ini saatnya untuk Anda mulai melakukan penelitian produk dan mengumpulkan informasi peluang dengan terperinci dan memulai eksekusi strategi dari awal untuk hasil yang optimal.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like