Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Laporan, Apa Saja?

Menyusun Laporan

Thecronutproject.com – Jika diminta sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan, berikut ini jawabannya!

Dalam pelaksanaan suatu kegiatan, penyusunan laporan menjadi hal yang sangat penting dilakukan ketika kegiatan tersebut sudah usai. Bukan hanya menjelaskan detail kegiatan saja, melainkan juga penilaian dari kegiatan yang dilaksanakan, laporan yang dibuat juga akan menjadi gambaran bagaimana kegiatan tersebut berjalan. 

Dilihat dari pentingnya suatu laporan dalam kegiatan, terutama kegiatan bisnis, tentu penyusunan laporan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan yang akan berpengaruh pada hasil dari laporan yang hendak dibuat.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan laporan tersebut? Simak ulasannya!

Poin Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Menyusun Laporan

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menyusun Laporan, Apa Saja?

Seperti yang disinggung sebelumnya, laporan menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah kegiatan. Oleh karenanya, pembuatan laporan harus dilakukan dengan saksama dan valid.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan sebuah laporan adalah sebagai berikut:

  1. Struktur laporan

Sebuah laporan akan dikatakan baik jika dibuat dengan menggunakan struktur yang tepat. Pasalnya, struktur laporan akan membuat informasi yang ada di dalam laporan menjadi lebih tertata rapi dan juga berurutan.

Perlu diketahui, untuk setiap jenis laporan terdapat perbedaan struktur untuk memberikan rincian informasi yang lebih sesuai. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mencari tahu struktur laporan yang tepat.

  1. Gambaran kegiatan yang dilakukan

Laporan kegiatan berisi tentang bagaimana sebuah kegiatan dilakukan dari awal hingga akhir. Maka dari itu, gambaran dari kegiatan yang dilakukan menjadi hal yang perlu disertakan secara jelas.

Tentu, akan lebih baik jika jalannya kegiatan digambarkan dengan detail. Meskipun, tidak dengan poin yang teramat rinci.

  1. Penyertaan bukti pendukung

Hal lain yang penting diperhatikan dalam penyusunan laporan adalah penyertaan bukti pendukung. Poin ini cukup krusial karena akan berpengaruh pada mutu suatu laporan. Mengingat laporan yang disertai bukti pendukung cenderung memiliki validasi yang lebih baik.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan berbagai bukti pendukung sesuai kegiatan dan laporan yang hendak dibuat. Misalnya saja, untuk membuat laporan keuangan dari suatu kegiatan perusahaan, bukti pendukung yang bisa disertakan salah satunya adalah nota pembelian.

Baca juga: Contoh Laporan Kegiatan Usaha yang Baik dan Benar

Setidaknya, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu kamu perhatikan berkaitan dengan penyusunan laporan. Tentu saja, selain beberapa hal tersebut, ada hal penting lain yang tidak boleh dilupakan, seperti kesesuaian gaya bahasa yang digunakan, tidak adanya kesalahan dalam penulisan, dan lainnya.

Berbekal informasi di atas, tentu kamu kini sudah memahami dan bisa menjelaskan jika diminta sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan, terutama untuk laporan kegiatan yang bersifat formal atau semi formal.

Sebagai tambahan, jangan lupa perhatikan konsistensi pada penulisan laporan tersebut. Semoga bermanfaat. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like