2 Contoh Surat Masuk Perusahaan dan Proses Identifikasinya

Contoh Surat Masuk Perusahaan
Bingung mau buat surat masuk perusahaan? Berikut contoh surat masuk perusahaan dan proses identifikasinya guna memudahkan proses pembuatan.

Thecronutproject.com – Ketika ada orang yang menjustifikasi urgensinya surat perusahaan di zaman digital ini. Nyatanya, masih ada pertanyaan, “seperti apa contoh surat masuk perusahaan?”

Memang tidak dapat dipungkiri, meskipun sekarang penggunaan surat sudah tidak terlalu banyak. Tetapi, setiap perusahaan pasti membutuhkan surat, baik itu surat masuk maupun surat keluar perusahaan. Yang nantinya surat tersebut digunakan sebagai media komunikasi antara pihak-pihak yang berkepentingan.  

Surat masuk sendiri adalah semua surat yang diterima oleh perusahaan dari pihak tertentu.  Ketika kamu bertugas menerima surat, maka kamu harus memberitahukan isi surat tersebut kepada pihak yang berkepentingan dan juga mengirimkan surat balasan kepada pihak yang berkepentingan.

Contoh Surat Masuk Perusahaan

Agar lebih mudah memahami, kamu bisa membaca ulasan ini sampai selesai!

PT. Coconut Project adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang produksi aneka macam kelapa. PT. Coconut Project tidak pernah lepas dari yang namanya membuat berbagai macam atau contoh surat masuk dan keluar perusahaan.

Sebagai karyawan baru yang bertugas mengurus masalah surat menyurat, mungkin kamu tidak akan sulit membedakan datangnya surat masuk dan surat keluar. Tetapi, akan merasa sedikit kesulitan jika harus mengidentifikasi surat tersebut dan membuatnya.

Ambil contoh pada kasus ini, kamu harus mengidentifikasi surat masuk perusahaan terlebih dahulu.  Ada banyak surat masuk yang PT. Coconut Project terima dari perusahaan lain, instansi, maupun perorangan.

Contoh Surat Masuk Perusahaan Tentang Perkenalan

PT. Plastik Kemasan
Jalan Mahameru No.111, Medan
Telp. 061-111222, Email: ptplastikmedan@gmail.com
Website: ptplastikkemasan.com

Medan, 10 September 2020

Nomor : 119/ PKM/ 10/ 2020
Perihal : Perkenalan Perusahaan

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Coconut Project
Jalan Jenderal Sudirman No.111
Medan

Dengan hormat,

PT. Plastik Kemasan merupakan perusahaan kami yang bergerak di sektor industri pembuatan wadah/ kemasan minuman dan makanan dari plastik. Adapun perusahaan kami saat ini sudah berpengalaman selama kurang lebih 10 tahun dalam memproduksi aneka wadah/ kemasan minuman dan makanan yang berkualitas dan tahan lama.

Hingga saat ini, kami sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai kota di Indonesia. Kami juga sudah memiliki banyak gerai penjualan untuk memasarkan wadah/ kemasan minuman dan makanan hasil produksi kami kepada para agen dan individu.

Dalam kesempatan ini, kami pun bermaksud menawarkan kerjasama dengan perusahaan PT. Coconut Project yang Bapak/Ibu pimpin, sekiranya bersedia menjadi distributor wadah/ kemasan minuman dan makanan dari plastik. Tentunya, kami akan memberikan harga spesial untuk perusahaan PT. Coconut Project agar mendapat keuntungan yang lebih maksimal.

Jika Bapak/ Ibu pimpinan bersedia menjalin kerjasama, maka cukup menghubungi kami dengan mengirimkan surat balasan atau menghubungi pada nomor yang telah tersedia.

Demikian surat perkenalan dari kami. Atas perhatian dan perkenaan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Plastik Kemasan,

Andi Saputra

Contoh Surat Masuk Perusahaan Tentang Pemberitahuan Pengiriman Barang

PT. Plastik Kemasan
Jalan Mahameru No.111, Medan
Telp. 061-111222, Email: ptplastikmedan@gmail.com
Website: ptplastikkemasan.com

Medan, 08 Oktober 2020

Nomor : 123/ PKM/ 10/ 2020
Perihal : Pemberitahuan Pengiriman
Lampiran : 2 Lembar

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Coconut Project
Jalan Jenderal Sudirman No.111
Medan

Dengan hormat,

Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu pimpinan PT. Coconut Project atas kepercayaannya membeli wadah/ kemasan plastik untuk minuman dan makanan dari perusahaan kami. Surat pesanan Bapak/Ibu tertanggal 06 Oktober 2020 dengan nomor surat 121/PCP/10/2020 sudah kami terima.

Dengan ini kami juga memberitahukan bahwa barang yang Bapak/Ibu pesan sudah kami kirimkan melalui ekspedisi kilat Express pada hari ini, Selasa, 08 Oktober 2020.

Bersama ini kami juga melampirkan fotokopi resi pengiriman dan faktur pembelian barang pesanan tersebut. 

Mengenai pembayaran, Bapak/Ibu dapat mengirimkannya ke Rekening Bank BNI Cabang Iskandar Muda dengan nomor rekening 111222333, atas nama PT. Plastik Kemasan. Mohon juga apabila sudah membayar faktur, perusahaan dapat mengirimkan bukti pembayarannya.

Demikian informasi pengiriman ini kami sampaikan. Atas perhatian dan perkenaan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Plastik Kemasan,

Andi Saputra

Dari dua contoh agenda surat masuk perusahaan yang PT. Coconut Project terima, bisakah kamu mengidentifikasinya?

Baca juga: 7 Contoh Surat Perkenalan Perusahaan, Jasa dan Produk

Identifikasi Surat Masuk

1. Penggunaan Bahasa

Ya, meskipun surat di atas bukan contoh surat masuk dinas perusahaan, tetapi penggunaan bahasanya sama-sama formal. Memang inilah ciri khas pembuatan surat perusahaan, baik itu surat masuk maupun surat keluar.

2. Penomoran

Setiap perusahaan memiliki kode penomoran yang berbeda. Mulai dari penggunaan kode jenis surat, kode nomor urut, kode bulan, kode tahun, hingga kode akronim perusahaan. 

Pada contoh ini “119/ PKM/ 10/ 2020” dan “123/ PKM/ 10/ 2020”, sama-sama dikeluarkan oleh PT. Plastik Kemasan yaitu dengan penggunaan akronim PKM. Surat terbit pada bulan 10 tahun 2020. Namun, no urut keluarnya beda, yaitu 119 dan 123.

3. Isi

Isi surat masuk bisa berbeda, tergantung kepentingan. Jika kamu harus membuat, lihatlah contoh surat masuk dan keluar dalam satu perusahaan sesuai kepentingannya. 

Misalnya saat kamu bingung harus membuat surat izin masuk perusahaan. Kamu bisa melihat contoh surat izin masuk perusahaan pada artikel berikutnya.

Semoga identifikasi contoh surat masuk perusahaan di atas bisa bermanfaat.  Selamat bekerja!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like