Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran CPNS

Surat lamaran cpns
Lamaran CPNS tentu berbeda dengan surat lamaran ke perusahaan swasta. Berikut ini contoh surat lamaran cpns dari berbagai instansi disertai gambar dan file pdf.

Thecronutproject.com – Pendaftaran CPNS yang idealnya dibuka setiap tahun selalu menyedot perhatian dan minat calon pelamar. Apalagi lamaran CPNS terbuka untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari diploma, sarjana, dan pascasarjana.

Untuk bisa diterima, pelamar harus memenuhi syarat administrasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah surat lamaran dan pelamar harus tahu contoh surat lamaran CPNS.

Contoh surat lamaran CPNS tentu tidak sama dengan surat lamaran ke perusahaan swasta. Itulah mengapa calon pelamar harus aturan dan contoh surat lamaran untuk CPNS yang standar. Jangan khawatir, semua itu akan dibahas dalam artikel ini.

Surat lamaran kerja adalah hal yang harus dibuat oleh calon pelamar. CPNS juga merupakan lowongan pekerjaan yang memerlukan surat lamaran sebagai salah satu syarat administrasinya.

Tetapi, contoh surat lamaran CPNS tidak sama dengan surat lamaran ke perusahaan biasa. Ada standar dan format penulisan yang harus diperhatikan.

Karena termasuk dalam surat dinas atau kedinasan, maka surat lamaran CPNS sangat tergantung pada instansi mana yang mengeluarkan. Lowongan CPNS yang dibuka biasanya terdiri dari kementrian, pemprov, pemkab/pemkot. Semua instansi ini biasanya memiliki format surat lamarannya sendiri-sendiri.

Mengetahui kepada instansi mana surat lamaran ditujukan sangat penting karena ini akan dicantumkan pada tujuan surat. Selain itu juga untuk mengetahui format surat lamaran dari instansi tersebut.

Ingat, surat lamaran CPNS sangat tergantung pada instansi apa yang akan dilamar. Jadi, calon pelamar harus tahu dulu akan melamar CPNS di instansi apa.

Hal ini tentu membedakan surat lamaran CPNS dengan surat lamaran ke perusahaan biasa/swasta. Menulis surat lamaran ke perusahaan swasta umumnya hanya mengacu kepada kaidah-kaidah surat menyurat resmi secara umum. Tidak ada pakem resmi dari perusahaan selain pakem secara umum.

Surat lamaran ke perusahaan juga berfungsi sebagai “etalase” bagi si pelamar. Perusahaan akan cenderung melihat bagaimana pelamar menunjukkan keseriusannya melamar kerja melalui surat lamaran.

Ada juga perusahaan yang menganggap surat lamaran hanya sebagai cover letter atau pengantar dari keseluruhan dokumen lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran CPNS

Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran yang diambil dari beberapa instansi mulai dari kementrian, pemprov, pemkot/pemkab. Setiap instansi memiliki format sendiri walaupun secara umum bab-bab atau klausul dalam surat lamaran adalah sama.

Selain surat lamaran, biasanya pelamar juga akan diminta membuat surat pernyataan bebas narkoba dan tindakan kriminal. Dan juga surat pernyataan bersedia untuk ditempatkan dimana saja. Kali ini pembahasan akan fokus pada contoh surat lamaran CPNS saja seperti berikut ini. :

1. Surat lamaran CPNS Kemendikbud

Contoh surat lamaran CPNS untuk Kemendikbud

Kemendikbud membuka lowongan CPNS untuk mengisi posisi-posisi yang kosong di kementrian ini. Bagi para pelamar di kementerian ini, maka harus menyertakan surat lamaran.

Contoh surat lamaran CPNS untuk Kemendikbud adalah seperti contoh terlampir ini. Hendaknya memperhatikan contoh ini karena merupakan format yang diminta Kemendikbud.

Data file berupa pdf bisa di unduh disini

2. Surat Lamaran CPNS Pemkot Surabaya

Surat Lamaran CPNS Pemkot Surabaya
Surat Lamaran CPNS Pemkot Surabaya (2)

Pemkot Surabaya merupakan pemerintah kota yang juga rutin membuka lowongan CPNS. Pemkot Surabaya juga memiliki format surat lamaran CPNS yang harus diikuti oleh para pelamar. Jadi, perhatikan baik-baik seperti apa format yang diminta agar peluang lolos tes administrasi lebih besar.

3. Surat Lamaran CPNS Pemprov Jawa Barat

Contoh Format Surat Lamaran CPNS Provinsi Jabar

Lowongan CPNS juga sering dibuka oleh Pemprov, salah satunya adalah Pemprov Jawa Barat. Untuk bisa melamar CPNS di Pemprov Jawa Barat, pelamar harus membuat surat lamaran yang formatnya sudah ditentukan oleh Pemprov Jawa Barat. Contoh surat lamaran CPNS Pemprov Jawa Barat ini bisa dijadikan rujukan ketika nanti melamar.

4. Surat Lamaran CPNS Kejaksaan Agung

Surat Lamaran CPNS Kejaksaan Agung

Surat lamaran CPNS untuk Kejaksaan Agung umumnya dilengkapi dengan surat pernyataan bebas narkoba dan tindakan kriminal.

Format surat lamaran CPNS Kejaksaan Agung juga sudah ditetapkan oleh Kejaksaan Agung, jadi calon pelamar harus memenuhi format tersebut. Untuk surat pernyataan bebas narkoba dan tindakan kriminal juga sudah ada formatnya dari Kejaksaan Agung.

5. Surat Lamaran CPNS Kemenkumham

Surat Lamaran CPNS Kemenkumham

Kemenkumham merupakan salah satu kementerian yang diminati para pelamar CPNS. Format surat lamaran sudah ditetapkan dan para pelamar harus menggunakan format ini. Disarankan untuk tepat menuliskan surat lamaran ini karena merupakan salah satu syarat administrasi.

6. Surat Lamaran CPNS Kemenag

Surat Lamaran CPNS Kemenag

Menjadi PNS di Kemenag juga banyak diminati. Lowongan CPNS di kementrian ini biasanya dibuka untuk berbagai lulusan mulai dari D3-S2. Untuk bisa memenuhi persyaratan administrasi, pelamar harus membuat surat lamaran CPNS yang formatnya sudah ditentukan.

Umumnya akan diminta juga membuat surat pernyataan bebas narkoba dan pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja.

7. Surat Lamaran CPNS Kemenlu

Surat Lamaran CPNS Kemenlu

Posisi-posisi CPNS di Kemenlu umumnya tersedia untuk jurusan S1-S2. Banyak orang berminat melamar karena pekerjaan di Kemenlu cukup menantang dan menarik. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah membuat surat lamaran CPNS Kemenlu. Formatnya bisa dilihat dan dicontoh pada link ini.

8. Surat Lamaran CPNS Kemenkes

Surat Lamaran CPNS Kemenkes

Kemenkes rutin membuka lowongan CPNS dan ini juga termasuk kementerian yang diminati banyak pelamar. Posisi-posisi di Kemenkes bisa diisi oleh para pelamar yang lolos seleksi.

Seleksi pertama adalah seleksi administrasi dimana para pelamar harus membuat surat lamaran. Format surat lamaran CPNS Kemenkes bisa diunduh dan dibuat seperti contoh ini.

9. Surat Lamaran Kementerian Kelautan dan Perikanan

Surat Lamaran Kementerian Kelautan dan Perikanan

Sejak Ibu Susi Pudjiastuti menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan, banyak orang ingin menjadi PNS di kementrian yang satu ini. Beruntungnya, kementrian ini juga rutin membuka lowongan CPNS.

Untuk bisa melamar, calon pelamar harus membuat surat lamaran yang sesuai dengan format yang diminta oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ikuti contoh terlampir, ya.

10. Surat Lamaran CPNS Pemkot Depok

Surat Lamaran CPNS Pemkot Depok

Pemkot Depok adalah salah satu dari sekian banyak Pemerintah Kota di Indonesia yang rutin membuka lowongan CPNS. Format surat lamaran CPNS Pemkot Depok harus diikuti oleh para pelamar yang ingin lolos seleksi administrasi.

Perlu diperhatikan juga bahwa format ini adalah standar dari Pemkot Depok jadi para pelamar tidak bisa membuat surat lamaran versi pribadi.

11. Surat Lamaran CPNS Kementerian Perhubungan

Surat Lamaran CPNS Kementerian Perhubungan

Menjadi PNS di Kementerian Perhubungan juga diminati banyak orang. Pasalnya, lowongan CPNS yang dibuka oleh Kementerian Perhubungan berasal dari berbagai lulusan. Lulusan SMA/SMK, D3, S1, dan juga S2 berkesempatan untuk melamar.

Untuk bisa lolos seleksi administrasi, maka pelamar harus membuat surat lamaran yang sesuai dengan format dari Kementrian Perhubungan seperti contoh ini.

Baca juga contoh surat pernyataan kegiatan usaha

Itulah tadi contoh surat lamaran CPNS dimana setiap instansi memiliki formatnya masing-masing. Sebagai calon pelamar, perhatikan betul format surat lamaran yang diminta agar tidak membuat kesalahan. Semoga artikel ini bisa membantu pembaca sekalian yang sedang mempersiapkan diri melamar menjadi CPNS.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like