3 Contoh Profil Perusahaan & Panduan Lengkap Membuatnya

profil perusahaan
Ingin membuat profil perusahaan yang unik, kreatif, dan disukai banyak orang? Simak contoh profil perusahaan dan panduan membuatnya berikut ini!

Thecronutproject.com – Ibaratkan anggota tubuh, profil perusahaan adalah wajah dari bisnis yang kamu dirikan. Semakin bagus profil perusahaan, maka semakin banyak orang tertarik dengan perusahaan tersebut.

Butuh contoh profil perusahaan terkeren untuk referensi? Kita punya panduan lengkap membuatnya juga lho!

Pengertian Profil Perusahaan

Profil perusahaan atau company profile adalah sebuah media yang dibuat untuk memperkenalkan bisnis pada publik.

Tujuan company profile bisa beragam, mulai dari perkenalan bisnis baru, promosi produk, atau pembaruan branding. 

Berbeda dengan materi promosi biasanya, sebaiknya company profile mengandung visi, misi, sejarah perusahaan, dan kenapa perusahaan menciptakan suatu produk.

Agar kamu lebih paham bagaimana profil perusahaan itu, coba baca contoh profil perusahaan dari Tesla berikut ini:

(sumber: https://www.tesla.com/about

Profil perusahaan adalah satu-satunya media di mana kamu bebas menceritakan perjuangan bisnis dari 0 dan tujuan utamanya sekaligus melakukan promosi soft-selling kepada orang-orang yang membaca profil perusahaan tersebut.

Daftar Isi Profil Perusahaan

Buat kamu yang masih awam dalam membuat profil perusahaan, ada beberapa komponen terpenting untuk menyusun company profile, di antaranya:

1. Sejarah/Timeline Perjalanan Perusahaan

Komponen pertama yang bisa kamu masukkan ke dalam profil perusahaan adalah sejarah atau timeline perjalanan bisnis dari awal berdiri sampai sukses.

Dengan melihat kerja keras perusahaan, harapannya audiens dari company profile bisa menaruh simpati pada perusahaan.

Karena tersentuh hatinya, audiens pun akan tertarik untuk “terhubung” dengan bisnis tersebut, entah dengan menjadi konsumen atau bergabung sebagai tim.

Bagaimana cara menceritakan sejarah dalam profil perusahaan? Coba cek contoh company profile BRI berikut ini.

2. Visi, Misi, dan Cita-Cita Perusahaan

Hal kedua yang perlu dimasukkan adalah visi misi perusahaan. Kalau bisnismu tidak punya sejarah keren untuk diceritakan, punya visi misi yang bagus bisa jadi penggantinya.

Agar penyampaian visi misi tidak terkesan kaku dan sekadar gimmick, kamu bisa menjelaskan visi misi tersebut dalam bentuk storytelling, contohnya adalah company profile lawas dari GOJEK berikut ini:

3. Orang-Orang Berpengaruh di Dalamnya

Komponen berikutnya yang perlu dimasukkan dalam profil perusahaan adalah orang-orang di balik layar yang berjasa membuat bisnis besar seperti sekarang.

Agar menarik dibaca, sebaiknya tampilkan profil orang-orang berjasa tersebut lengkap dengan perjuangan dan pencapaian yang telah mereka lalui.

Contoh profil perusahaan yang paling menarik dalam menceritakan perjuangan founder-nya adalah Janji Jiwa.

(cek videonya disini: https://www.youtube.com/watch?v=p1v_Ibv8WiM&t=19s

4. Kinerja Perusahaan

Tujuan membuat company profile salah satunya untuk menarik hati investor agar mau menginvestasikan dana ke perusahaan.

Oleh karena itu, saat membuat company profile, pastikan untuk mencantumkan kinerja perusahaan, bagaimana kondisinya saat menghadapi krisis, berbagai pencapaian dan penghargaan yang sudah diraih, dan sebagainya.

(contoh pencapaian Telkomsel dalam company profile-nya, sumber: https://www.telkomsel.com/en/about-us/our-story

5. Budaya Kerja Perusahaan

Komponen kelima yang sangat penting dimasukkan ke dalam profil perusahaan adalah budaya kerja, terutama jika kamu ingin menarik lebih banyak anak muda masuk ke bisnis/perusahaan yang kamu miliki.

Salah satu contoh company profile terbaik yang menunjukkan budaya kerja adalah Tokopedia’s Nakama Story.

(sumber: https://www.youtube.com/watch?v=LowfXMQzw70

6. Produk Unggulan Perusahaan

Agar audiens pembaca/penonton profil perusahaan terpikat untuk membeli produk, kamu bisa memasukkan produk-produk bisnis ke dalam company profile.

Akan lebih baik jika kamu juga bisa memasukkan sejarah, komposisi, rekor penjualan, atau penghargaan yang pernah diraih produk tersebut.

7. Program Khusus Perusahaan

Agar profil perusahaan makin komplit, pemilik bisnis juga bisa memasukkan program khusus perusahaan ke dalam company profile-nya lho!

Di Indonesia, mayoritas perusahaan besar memasukkan program khusus berupa CSR (corporate social responsibility) ke dalam company profile, contohnya seperti Unilever.

Cara Membuat Company Profile yang Kreatif dan Menarik

Saat ini, ada beragam format company profile yang bisa kamu pilih, mulai dari cetak, desain website, video, sampai 360 virtual tour.

Apapun format favoritmu, ada beberapa langkah membuat company profile yang tidak dapat kamu lewatkan, yaitu:

1. Lengkapi Isi Profil Perusahaan Terlebih Dulu

Cara membuat company profile yang pertama adalah dengan melengkapi profil perusahaan terlebih dulu.

Sebelum eksekusi, pastikan isi profil perusahaannya lengkap, mulai dari nama brand perusahaan, visi misi, sejarah, budaya kerja, dan hal-hal lain yang ingin dimasukkan.

2. Tentukan Tujuan Pembuatan Company Profile

Dari contoh-contoh profil perusahaan yang sudah disebutkan di atas, kamu mungkin paham kalau sebagian besar company profile tersebut punya tujuan berbeda.

Misalnya Kopi Janji Jiwa:Trip To Origin bertujuan menceritakan perjalanan founder-nya sampai bisa mendirikan Janji Jiwa. Sedangkan Nakama Story menceritakan budaya kerja dan mindset tim Tokopedia.

Jadi sebelum membuat profil perusahaan, pastikan kamu sudah tahu lebih dulu apa tujuan pembuatannya. Untuk branding, kah? Menarik minat calon pekerja? Atau apa?

3. Pilih Format Profil Perusahaan Paling Sesuai

Setelah isi profil perusahaan dan tujuan pembuatannya lengkap, kamu bisa mulai menentukan format company profile yang ingin dibuat.

Kalau kamu ingin menyebarkan proposal pendanaan ke calon investor, company profile cetak dan PPT adalah yang terbaik.

Akan tetapi jika kamu ingin menampilkan company profile ke banyak orang sekaligus, sebaiknya membuat profil perusahaan berformat video/website/360 virtual tour.

4. Pakai Teknik Storytelling

Mayoritas perusahaan dan start-up besar menggunakan teknik storytelling dalam company profile untuk membuat informasi di dalamnya lebih mudah dipahami.

Menggunakan teknik bahasa storytelling adalah salah satu cara membuat company profile paling mudah dan efektif. Saat membuatnya, kamu bisa lebih bebas karena tidak harus pakai kata-kata formal dan kaku.

Baca juga: Contoh Pendahuluan Proposal Usaha (Penjelasan & Gambar)

Contoh Profil Perusahaan

Setelah membahas isi dan cara membuat company profile, di bawah ini ada beberapa contoh profil perusahaan paling kreatif pilihan TheCronutProject.

1. Contoh Profil Perusahaan Dalam Website

Saat ini, sebagian besar perusahaan telah memiliki company profile yang diletakkan di dalam website/landing page. Salah satu contoh profil perusahaan berbentuk web terbaik adalah milik Google (https://about.google/) .

Contoh profil perusahaan

Desainnya sederhana tapi informatif, dengan copywriting yang to-the-point menunjukkan misi Google.

2. Contoh Profil Perusahaan Berbentuk Video

Selain berbentuk website, profil perusahaan dengan format video juga mulai populer. Contoh profil perusahaan berbentuk video misalnya seperti milik Semen Gresik berikut:

3. Contoh Profil Perusahaan Berbentuk 360 Virtual Tour

Dari tadi mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih 360 virtual tour itu? 360 virtual tour adalah foto dengan dimensi 4D yang memberikan sensasi berkeliling suatu tempat tanpa harus mengunjunginya langsung.

Agar lebih paham, coba simak contoh company profile dengan format 360 virtual tour di link berikut: https://alt.3dvista.com/samples/real_estate_virtual_tour.html 

Demikian bahasan tentang contoh profil perusahaan dan cara membuatnya! Sudah menentukan mau buat company profile dengan gaya apa?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Nama usaha yang bagus
Read More

Nama Usaha yang Bagus dan Artinya

Pemilihan nama usaha yang bagus diharapkan dapat membuat usahanya berjalan lancar. Berikut tips membuat nama usaha yang bagus dan artinya.
Parcel snack
Read More

Parcel Snack Sederhana

Saat ini, bermunculan berbagai macam cara membuat parcel snack sederhana. Inilah beberapa pilihan parcel snack sederhana yang bisa di buat sendiri dirumah.