Contoh Pendahuluan Proposal Usaha (Penjelasan & Gambar)

Pendahuluan proposal
Bagaimana cara membuat pendahuluan proposal yang benar? Yuk cek contoh pendahuluan proposal usaha berikut ini. Disertai penjelasan makna dan gambar contohnya.

Thecronutproject.com – Dalam menulis sebuah proposal usaha, format yang digunakan oleh setiap penulis bisa saja berbeda. Namun, salah satu bab yang hampir selalu ada dalam setiap proposal adalah bagian awal yang dikenal dengan Bab 1 Pendahuluan.

Mari bahas lebih lanjut mengenai bab pendahuluan serta melihat contoh pendahuluan proposal usaha.

Pendahuluan merupakan bahasan awal topik proposal, yang dibuat dengan sudut pandang penulis.

Dalam bab ini seharusnya pembaca bisa mendapatkan informasi mengenai garis besar permasalahan yang terjadi dan apa saja yang akan dibahas dalam proposal. Namun, penulisannya tidak perlu detail, melainkan garis besarnya saja.

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha

Bab Pendahuluan sendiri terdiri dari beberapa sub bab yang menjelaskan lebih detail mengenai suatu pembahasan. Pada umumnya, bab pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah hingga tujuan proposal dibuat.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah penjelasan dan contoh pendahuluan proposal bisnis dalam mencari investor:

1. Latar Belakang

Sub bab pertama dalam bab pendahuluan adalah latar belakang. Latar belakang menjelaskan secara umum mengenai permasalahan yang dihadapi atau ditemukan oleh penulis.

Selanjutnya, dalam sub bab ini penulis juga perlu menjelaskan mengapa permasalahan tersebut perlu dibahas atau diselesaikan lebih lanjut.

Pada bagian latar belakang, jangan lupa untuk mencantumkan fakta atau data yang berhubungan dengan bahasan proposal. Hal ini akan memperkuat atau meyakinkan investor dengan usaha tersebut. Semakin banyak fakta positif yang tersedia, semakin kuat proposalnya.

Contoh pendahuluan proposal yang baik adalah yang ditulis dengan metode piramida terbalik, yaitu yang semakin mengerucut ke bawah. Atau dengan kata lain semakin ke bawah, penulis semakin menjelaskan secara detail. 

Berikut adalah contoh latar belakang dalam proposal usaha:

Contoh pendahuluan proposal

2. Ruang Lingkup / Profil Perusahaan

Berbeda dengan konsep proposal yang lain, untuk jenis proposal bisnis ini, sub bab keduanya adalah ruang lingkup perusahaan. Berikan detail mengenai usaha yang ingin didanai mulai dari nama perusahaannya, jenis dan nama produknya hingga jumlah karyawannya.

Selanjutnya, jelaskan visi dan misi perusahaan, agar investor bisa mendapatkan gambaran mengenai tujuan dari dibangunnya usaha tersebut.

Pastikan untuk membuat sebuah visi yang hebat serta misi yang memang bisa dijalankan. Hal ini agar investor dapat melihat bahwa visi dan misi tersebut memang dapat tercapai.

3. Aspek Pemasaran

Aspek Pemasaran

Dalam contoh pendahuluan proposal usaha, sertakan juga aspek pemasaran yang akan dilakukan oleh usaha tersebut. Aspek pemasaran terdiri dari target pasar, cara pemasaran hingga total rencana penjualan yang ingin dicapai dalam periode tertentu.

Dengan informasi ini, maka pembaca akan mendapatkan pandangan mengenai prospek usaha tersebut.

4. Tujuan Proposal

Pada contoh pendahuluan proposal, para penulis juga bisa menyertakan tujuannya. Tujuan dalam hal ini bisa dua macam yaitu, tujuan dari dibangunnya usaha tersebut atau tujuan dibuatnya proposal tersebut.

Apabila proposal tersebut dibuat dengan format menginformasikan sebuah perusahaan, maka tujuan yang dicantumkan adalah tujuan dibangunnya perusahaan. Sedangkan apabila tujuan proposal dibuat untuk hal lain, tulislah tujuan dibuatnya proposal tersebut.

Contohnya, apabila proposal dibuat untuk bekerja sama dengan pihak lain, maka tujuannya bisa sebagai berikut:

  • Mempererat kerja sama antara Perusahaan A dengan Perusahaan B
  • Meningkatkan penjualan untuk perusahaan A dan Perusahaan B

Referensi artikel lainnya:

Contoh pendahuluan proposal bisnis bisa saja berbeda-beda, tergantung dengan jenis proposal yang dibuat. Untuk mempermudah proses pembuatannya, tentukan tujuannya terlebih dahulu. Dengan begitu, para penulis bisa menulis bab pendahuluan hingga isinya dengan mudah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like