Cara Translate Indonesia ke Jawa Akurat dan Gratis

Cara Translate Indonesia ke Jawa
Sedang mencari cara translate Indonesia ke Jawa dengan akurat? IMTelkom Translator hadir untuk Anda yang ingin belajar bahasa Jawa.

Thecronutproject.com – Seperti yang diketahui, Indonesia adalah sebuah negara yang kaya, tidak hanya sumber daya alamnya saja namun juga keragaman bahasa dan adat istiadat. Salah satu bahasa yang kini tengah diminati adalah bahasa Jawa, terlebih lagu-lagu bahasa Jawa sedang booming di kalangan luas bahkan luar negeri.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam dan belajar bahasa Jawa tapi masih kesulitan dan sedang mencari cara translate Indonesia ke Jawa, Anda bisa memanfaatkan situs IMTelkom Translator.

Menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa tidak hanya untuk kepentingan pendidikan seperti mengerjakan tugas saja, ada juga yang ingin mengartikan lagu jawa dan yang lainnya.

Tentang Bahasa Jawa

Sebelum lanjut ke bagaimana cara translate bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu informasi dasar mengenai bahasa Jawa yuk.

Sama seperti bahasa daerah lainnya, bahasa Jawa merupakan bahasa yang biasa digunakan  untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari antara satu orang dengan orang lain oleh orang Jawa.

Karena seperti yang diketahui untuk Jawa itu sendiri masih ada Jawa Timur, Jawa Barat dan juga Jawa Tengah sehingga bahasa yang digunakan juga terkadang berbeda, hanya saja secara umum masih sama atau tidak jauh berbeda.

Sementara itu, yang membedakannya dari bahasa daerah lain adalah bahasa Jawa memiliki tingkatan bahasa, mulai dari bahasa ngoko dan bahasa krama. Adapun perbedaan keduanya yaitu:

1. Bahasa Jawa Ngoko

Bahasa ngoko adalah bahasa jawa Jawa yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih muda atau orang yang sebaya.

Di samping itu, bahasa Jawa ngoko juga biasa digunakan oleh orang dengan status sosial yang lebih tinggi dengan orang yang status atau tingkatan sosialnya lebih rendah.

Contoh bahasa Jawa ngoko:

  • “Wes madang urung?” artinya :(sudah makan belum)
  • “Ojo ngapusi yo..” artinya (jangan bohong ya..)
  • “Mangkat sekolah jam piro?” artinya (berangkat sekolah jam berapa?)

2. Bahasa Jawa Krama

Tingkatan selanjutnya ada bahasa krama yang merupakan bahasa Jawa halus dan digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang usianya lebih tua atau dengan orang yang Anda hormati. Selain itu bahasa krama juga digunakan kepada orang dengan status sosial lebih tinggi.

Bahasa krama selanjutnya dibedakan lagi menjadi dua bahasa yakni bahasa krama lugu (masih ada sisipan kata ngoko) dan bahasa krama inggil yang sepenuhnya menggunakan bahasa krama.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Terjemahan yang Tepat Agar Anda Tidak Kecewa

Cara Translate Indonesia ke Jawa Menggunakan IMTelkom Translator

Sebenarnya cara translate bahasa Indonesia ke Jawa cukup mudah, berikut caranya:

  • Pertama silahkan kunjungi situs IMTelkom Translator atau langsung klik Translate Jawa-Indonesia
  • Kemudian pilih bahasa Jawa yang ingin Anda pilih, apakah ngoko, krama alus atau krama lugu (maksimal 50.000 karakter)
  • Lalu tap Translate dan tunggu hingga hasil terjemahan keluar.
  • Selesai.

Jadi bagaimana, sangat mudah dan cepat bukan menerjemahkan kata atau bahkan bacaan dari bahasa Indonesia ke Jawa dengan IMTelkom Translator?

Tidak hanya itu saja, dari situs tersebut Anda juga dapat mempelajari bahasa Jawa lebih dalam lagi dan tips bagaimana cara belajar bahasa Jawa yang cepat dan mudah. Anda dapat mulai belajar dari kosa kata yang paling mudah terlebih dahulu atau kata yang sudah biasa Anda dengar.

Kemajuan teknologi memang membawa dampak yang sangat luar biasa, kini cara translate Indonesia ke Jawa menjadi semakin mudah. Apalagi dengan kehadiran IMTelkom Translator yang memiliki tools translate dengan 110 bahasa, keren kan? Yuk coba dan buktikan akurasinya.

Baca berita menarik dari TheCronutProject di GOOGLE NEWS
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like