Cara Menolak Tawaran Kerja

Menolak tawaran pekerjaan
Jangan sembarangan menolak tawaran pekerjaan. Ikuti contoh kalimat cara menolak tawaran kerja yang sopan berikut. Anda akan dinilai profesional dan beretika.

Thecronutproject.com – Ada kalanya, bukan perusahaan yang bingung menolak pelamar kerja. Sebaliknya, Anda sebagai pelamar yang bingung mencari cara menolak tawaran kerja.

Hal ini bisa dimaklumi karena dunia kerja sangat dinamis dan tidak terduga-duga. Seringkali tawaran yang diberi perusahaan tidak sesuai dengan ekspetasi.

Bukannya kurang bersyukur, sikap ini bertujuan untuk mendapatkan kenyamanan kerja. Jika memang posisinya berlawanan dengan yang ingin dilamar atau gaji kurang sesuai, maka sah-sah saja menolak tawaran kerja tersebut.

Supaya tetap beretika dan profesional, simak yuk bagaimana cara menolak tawaran kerja dengan halus dan sopan. Sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.  Bisa mengirim melalui email atau surat. 

Alasan Mengapa Harus Menolak Tawaran Kerja Secara Halus

Tentu saja Anda harus menolak tawaran kerja yang ada dengan baik. Ini akan sangat berpengaruh bagi karir Anda ke depannya. Orang yang sopan dan mengerti aturan akan sangat dihargai di lingkungan kerja.

Jika Anda tidak menolak dengan baik, bisa saja hal tersebut menyebar di kalangan perusahaan dan tentunya itu bukan hal yang baik.

Selain itu, sebagai manusia yang berakal dan memiliki tata krama, menolak dengan baik artinya menghargai sesama manusia. Maka dari itu, daripada langsung tidak datang atau menolaknya dengan kasar, Anda harus menggunakan cara menolak tawaran kerja yang baik.

Cara Menolak Tawaran Kerja yang Baik dan Benar

Daripada langsung menghosting perusahaan, ada baiknya Anda mengirimkan surat penolakan tawaran kerja atau bisa juga melalui email.

Beberapa hal yang harus dikatakan saat menolak tawaran kerja:

1. Mengucapkan terimakasih karena telah diberikan kesempatan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin menolak sebuah pekerjaan adalah berterimakasih. Yaitu terimakasih atas waktu yang diberikan selama sesi interview dan kesempatan karena sudah diizinkan untuk bergabung ke dalam perusahaan.

Sebab, proses rekruitmen karyawan baru membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan. Sebagai bentuk apresiasi Anda kepada tim HRD, maka penting mengucapkan terimakasih.

Contoh:

Kepada (nama perusahaan)

Terimakasih karena sudah memberi kabar baik dan dipilih untuk bergabung ke perusahaan. Namun setelah mempertimbangkannya kembali, saya tidak bisa menerima tawaran ini disebabkan (alasan)

2. Memberikan alasan yang baik tetapi tidak perlu mendetail

Melanjutkan poin pertama tadi, setelah mengucapkan terimakasih Anda harus memiliki alasan yang jelas. Sampaikan alasan dengan singkat dan tidak boleh berlebihan, contohnya sampai 5 paragraf. Jika alasan terlalu panjang mengesankan Anda orang yang banyak alasan atau mengada-ngada.

Beberapa contoh alasan yang jelas seperti gaji kurang sesuai, posisi yang ditawarkan tidak sesuai potensi Anda atau bisa juga karena sudah mendapat pekerjaan yang lebih cocok. Sampaikan secara jujur, tidak masalah.

3. Menambahkan Kalimat Perminta Maafan

Tidak ada cara menolak lamaran kerja dengan sopan yang paling tepat selain mengucapkan permintaan maaf. Meskipun Anda berhak menolak dan tidak salah, namun mengucapkan minta maaf juga lebih baik.

Sebab bagaimanapun juga, Anda sudah mematahkan harapan perusahaan dalam memiliki karyawan baru. Kalimat sederhana ini mampu memberi pengaruh yang besar untuk menjaga hubungan baik Anda dengan perusahaan.

Rasa hormat yang Anda berikan juga mencerminkan sikap profesional dan bertanggung jawab. Kalimat permohonan maaf sebaiknya disampaikan sebelum alasan penolakan.

Hal ini akan membuat perusahaan lebih menghormati dan segan kepada Anda. Apabila merasa kurang pas sebelum alasan penolakan, maka bisa mengubahnya menjadi di akhir surat.

Anda bisa menutup surat penolakan dengan mengucapkan salam dan mohon maaf sebesar-besarnya.

4. Sampaikan Penolakan Atas Tawaran Kerja Segera

Memang betul, menolak tawaran kerja harus melalui beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Meskipun demikian, bukan berarti bisa seenaknya. Karena di dunia kerja semua berperang melawan waktu dan menuntut serba cepat.

Jangan sampai perusahaan kehilangan waktu percuma hanya gara-gara menunggu kepastian dari Anda. Jika memang Anda tidak berminat untuk bergabung, pihak perusahaan bisa mencari kandidat lain dan membuka rekruitmen baru.

Oleh karena itu, sebisa mungkin segera menyampaikan penolakan dan jangan menggantung. Lebih baik menyampaikan melalui telepon, namun jika memang tidak bisa maka tidak salah melalui email dan surat.

Contoh surat menolak lamaran kerja secara halus:

Kepada PT. Maju DEF Abadi

Terimakasih sudah mengirim kabar baik ini dan kesempatan yang Anda berikan untuk saya bergabung ke perusahaan. Namun mohon maaf, setelah mempertimbangkan beberapa hal dan memikirkannya baik-baik, saya memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan lain.

Sebab, posisi dan gaji yang diberikan rasa lebih cocok dengan keinginan saya.

Sekali lagi, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas penolakan ini. Salam hormat dari Andra untuk PT. Maju DEF Abadi.

Dengan menulis surat sebagaimana cara menolak tawaran kerja di atas, maka Anda sudah melakukan yang terbaik, yakni tanpa membuat pihak perusahaan sakit hati. Bagaimanapun, Anda harus memperlakukan perusahaan bekas calon tempat kerja Anda dengan baik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like