Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Cara meningkatkan penjualan di shopee
Meningkatkan penjualan di shopee wajib dipelajari agar omset yang di dapat semakin besar. Berikut ini cara meningkatkan penjualan di shopee biar makin laris.

Meningkatkan penjualan merupakan harapan semua pelaku usaha. Saat ini, berjualan di e-commerce tengah menjadi trend di kalangan para pebisnis. Salah satu platform e-commerce yang paling banyak digunakan pebisnis Indonesia adalah Shopee.

Pasalnya, cara meningkatkan penjualan di Shopee cukup mudah sehingga bukan hal yang mustahil untuk meraup keuntungan yang banyak.

Berbagai cara meningkatkan penjualan di aplikasi e-commerce ini juga dapat menggunakan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh pihak Shopee.

Tips Meningkatkan Penjualan di Shopee Secara Cepat

Berikut ini beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee agar cepat laku:

1. Melakukan Kampanye

Cara jualan di shopee tanpa stok barang

Kunci utama dalam meningkatkan penjualan di Shopee adalah dengan memperlihatkan produk kepada pembeli potensial.

Untuk itu, Shopee menyediakan fitur My Campaigns untuk mengkampanyekan produk yang dijual.

Jika mengaktifkan fitur ini, produk akan ditempel di situs web yang banyak dikunjungi pembeli.

Meskipun mampu meningkatkan penjualan dengan pesat, Shopee menyediakan fitur ini secara gratis. Namun, para penjual harus memperhatikan beberapa kriteria, seperti :

  • Memuat gambar dan deskripsi produk yang layak
  • Bersedia untuk memberikan diskon sebesar 10 hingga 20 persen
  • Menawarkan harga yang menarik

Cara melakukan kampanye di Shopee juga sangat mudah. Penjual hanya perlu masuk ke akun Shopee dan memilih fitur Pusat Pemasaran. Pada bagian Mendatang, segera pilih fitur Kampanye.

2. Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Top Picks

Selain fitur kampanye gratis, cara meningkatkan penjualan di Shopee juga dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Top Picks. Fitur ini sengaja dirancang untuk meningkatkan cross selling.

Adanya fitur ini memungkinkan penjual untuk menambahkan 4 sampai 8 produk dalam suatu koleksi.

Hal ini diyakini dapat memicu para pembeli untuk menambahkan banyak produk ke keranjang belanja. Dengan demikian, penjualan Shopee akan meningkat secara keseluruhan. 

Cara menggunakan fitur ini juga terbilang sangat mudah.

  • Pertama, buka Pusat Penjual.
  • Kemudian, pilih Pusat Pemasaran dan klik Pilihan Top atau Top Picks dari kolom Alat Pemasaran.
  • Setelah itu, pilih Tambah Koleksi.

Untuk menambahkan produk, penjual dapat menekan tombol tambah berwarna hijau. Usahakan untuk memilih produk terbaik karena penjual hanya diberi kesempatan untuk menambahkan delapan produk.

Setelah itu, penjual hanya tinggal mencentang berbagai produk yang ingin dimasukkan dan klik konfirmasi.

Bila sudah, masukan judul koleksinya dan klik simpan. Terakhir, penjual hanya tinggal memilih aktifkan koleksi sekarang atau nanti. Koleksi penjual akan terlihat pada dashboard Pilihan Teratas. Untuk menonaktifkan fitur ini, penjual dapat menekan saklar berwarna hijau.

3. Mengikuti Flash Sale

Selanjutnya, penjual dapat meningkatkan penjualan dengan mengikuti Flash Sale. Fitur ini memang disediakan oleh Shopee dan nantinya produk yang mengikuti event ini akan ditampilkan di beranda.

Dengan adanya fitur ini, penjual dapat meningkatkan penjualan karena sebagian besar pembeli pasti mengunjungi Flash Sale.

Fitur ini menjadi salah satu fitur terpopuler di Shopee. Jika mengikuti Flash Sale, toko online akan mendapat lebih banyak pengunjung.

Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada penjualan produk. Selain itu, cara mengikuti Flash Sale juga cukup mudah.

Cara mengikuti Flash Sale adalah sebagai berikut :

  • Memenuhi beberapa persyaratan, seperti peringkat toko yang bagus, tidak terlambat mengirim produk, memberikan pelayanan yang baik, dan 0 poin penalti
  • Masuk ke Solusi Penjual SG
  • Kemudian, pilih slot yang mau dibeli
  • Melakukan proses pembelian slot Flash Sale sesuai dengan prosedur
  • Setelah membeli slot, masuklah ke akun Seller Center
  • Pilih Pusat Pemasaran
  • Kemudian, fitur Flash Sale akan muncul pada Alat Pemasaran
  • Pilih Flash Sale yang ingin diikuti
  • Selanjutnya, pilih Nominasikan Produk
  • Pilih produk yang akan disertakan dalam Flash Sale. Lalu, klik konfirmasi.

Perlu diperhatikan, proses memasukkan produk dalam Flash Sale ini akan berlangsung maksimal 7 hari kerja. Jadi, penjual harus sabar untuk menunggu produknya diikutsertakan dalam Flash Sale.

4. Menyediakan Voucher

Cara meningkatkan penjualan di Shopee yang terakhir adalah memberikan voucher kepada para pelanggan. Dengan adanya voucher ini, pembeli akan tertarik untuk membeli banyak produk yang dijual di toko.

Voucher yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak voucher yang disediakan pihak Shopee. Mulai dari voucher gratis ongkir, voucher potongan belanja, hingga voucher cashback koin.

Saat ini, pihak Shopee menyediakan dua jenis voucher secara keseluruhan, yakni :

  • Voucher toko : dapat digunakan untuk semua produk yang dijual di suatu toko
  • Voucher produk : hanya dapat digunakan atau berlaku pada produk tertentu

Selain memilih voucher yang sudah disediakan pihak Shopee, penjual juga dapat membuat voucher sendiri. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Penjual hanya perlu mengunjungi Seller Center. Kemudian, pilih Marketing Center. Setelah itu, klik Voucher dan pilih fitur Membuat Voucher Baru.

Tentukan jenis voucher apa yang akan dibuat dan masukkan detailnya. Bila penjual ingin membuat voucher produk, pilih salah satu produk yang diinginkan. Setelah itu, klik simpan dan voucher akan ditampilkan sesuai dengan jenisnya.

Voucher toko akan ditampilkan pada halaman atau beranda toko. Adanya voucher toko ini membuka peluang besar untuk toko terlihat pada saluran Shopee Live atau pakan Shopee.

Sementara itu, voucher produk hanya dapat terlihat jika pembeli sudah menekan produk yang diberikan fitur eksklusif tersebut.

Berbagai jenis voucher yang ditawarkan ini nantinya dapat dibagikan kepada banyak orang dengan menggunakan kode tertentu. Setelah voucher selesai dibuat, voucher tersebut akan tampil pada dashboard voucher.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee dengan mudah. Penting bagi penjual untuk mengetahui berbagai fitur di atas.

Referensi artikel yang pas dengan topik ini:

Pasalnya, jika penjual mengetahui strategi yang tepat dalam mempromosikan produknya, maka bukan hal yang mustahil untuk meraup keuntungan puluhan hingga ratusan juta rupiah. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Usaha Laundry
Read More

Tips Usaha Laundry

Ingin sukses usaha laundry walaupun saingan banyak? Terapkan saja tips usaha laundry berikut ini supaya bisa bertahan dalam persaingan dan cepat sukses.