3 Cara Meningkatkan Brand Awareness Paling Efektif

Cara Meningkatkan Brand Awareness
Menguatkan brand awareness sangat diperlukan setiap bisnis. Pelajari cara meningkatkan brand awareness berikut ini supaya brandmu makin terkenal.

Thecronutproject.com – Bangun brand awareness diperlukan setiap bisnis. Ada macam-macam media promosi dan cara meningkatkan brand awareness. Simak langkahnya dibawah ini!

Sebuah bisnis atau usaha, baik yang menawarkan produk atau jasa, butuh memperkenalkan brand-nya kepada calon konsumen. Tentunya, butuh waktu dan usaha yang tidak sedikit untuk membuat brand dikenal oleh konsumen hingga terjadi penjualan.

Untuk itulah perusahaan butuh strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness. Cara meningkatkan brand awareness dapat dilakukan menggunakan berbagai macam media promosi. 

Brand Awareness, Apakah Itu?

Kemampuan konsumen mengenali atau mengingat sebuah merek, produk, atau jasa adalah definisi sederhana dari brand awareness. 

Ketika seseorang mengingat atau mengenali suatu brand, baik itu slogan, tagline, nama, gambar maupun logo, maka hal tersebut bisa menjadi pendorong atau penggerak untuk membeli atau menggunakan jasa atau produk yang dia ingat. 

Brand awareness yang kuat ibarat kunci masuk ke dalam kotak memori calon konsumen untuk membuat sebuah bisnis menjadi lebih unggul dari pesaingnya. 

Cara Meningkatkan Brand Awareness 

Branding

Untuk menguatkan brand awareness bisnis Anda, coba beberapa cara berikut ini:

1. Nama, Logo dan Tagline yang Unik Dan Memiliki Nilai

Praktisi Branding 50 Tahun dari Indonesia, Pak Subiakto Priosoedarsono, yang biasa disapa dengan Pak Bi menjelaskan dalam sebuah episode podcast KasiSolusi bahwa nama atau merek yang memiliki CTA (call-to-action) serta value (nilai) yang jelas lebih cepat dikenal.

Maka, jangan asal pilih atau membuat nama, logo juga tagline untuk produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Anda perlu memberikan nilai (value) yang jelas, unik dan solutif bagi konsumen Anda. Tentunya, buat agar elemen-elemen ini mudah dipahami dan diingat. 

2. Kolaborasi Dengan Brand Lain dan Libatkan Influencer

Era ini adalah era-nya kolaborasi berbagai industri. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan berkolaborasi bersama brand lain yang sudah memiliki basis konsumen yang kuat. 

Selain itu, jika Anda memiliki budget yang cukup, melibatkan influencer yang kredibel serta memiliki audiens yang cocok untuk jenis bisnis Anda dapat membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness

Baca juga: 3 Media Untuk Mempromosikan Iklan yang Efisien & Efektif

3. Gunakan Berbagai Macam Media Promosi

Cara meningkatkan brand awareness dapat dikuatkan dengan menggunakan berbagai strategi dan media promosi.

Berikut ini adalah beberapa pilihan macam media promosi yang patut Anda coba gunakan untuk brand awareness.

  1. Merchandise

Merchandise atau goodies masih menjadi media promosi yang digandrungi pelanggan. Pasalnya, goodies atau merchandise biasanya berbentuk barang yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Anda dapat membuat merchandise dan menyelipkan logo, tagline atau unsur kampanye promosi lainnya yang terkait erat dengan bisnis Anda pada merchandise.

Bentuk merchandise pun bisa mulai dari gantungan kunci, canvas bag, mug, alat tulis hingga payung, sesuai dengan budget dan target audiens Anda.  

  1. Media Sosial

Rasa-rasanya sangat kecil kemungkinan sebuah bisnis tidak memiliki media sosial. Selain karena biaya kelola yang murah, cara meningkatkan brand awareness melalui media sosial juga dikenal efektif. 

Media sosial dengan berbagai fiturnya memfasilitasi Anda untuk membuat berbagai jenis konten, mulai dari konten visual, audio hingga audio visual. Anda tidak hanya bisa beriklan lewat medsos untuk meningkatkan brand awareness, tetapi juga membuat konten hiburan dan edukasi yang sesuai dengan bisnis Anda. 

  1. Press Release

Yang satu ini termasuk ragam media promosi yang tetap lestari mulai zaman media promosi cetak, visual, hingga digital di era ini. Selain biayanya yang terjangkau, press release membantu bisnis mendapatkan eksposur yang lebih luas karena biasanya dimuat dalam media berita nasional maupun regional.

Dengan layanan press release yang memiliki durasi pengerjaan relatif cepat, rekanan media yang variatif, brand awareness bisnis Anda bisa lebih cepat dioptimalkan.  

Yuk, gunakan jasa press release The Cronut Project untuk tingkatkan brand awareness bisnis Anda! Konsultasi? Gratis!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like