Cara Menghitung Harga Jual Emas Perhiasan

Thecronutproject.com – Menghitung harga jual emas wajib dipahami bagi kamu yang ingin berinvestasi emas. Ada rumus tersendiri untuk menghitung emas perhiasan ini.

Seperti yang diketahui bahwa pada setiap waktunya kebutuhan manusia akan investasi semakin meningkat. Sayangnya pada zaman dahulu, pilihan manusia untuk investasi sangat sedikit, salah satunya adalah emas.

Bahkan emas pun tidak banyak yang dijual secara murni kebanyakan dijual dalam bentuk perhiasan. Itulah sebabnya banyak yang bingung bagaimana cara menghitung harga jual emas perhiasan.

Karena tentu harga jual ini perlu untuk diketahui sebagai modal awal melakukan investasi. Namun tentu saja harga jual emas secara utuh dengan harga jual emas sebagai perhiasan akan berbeda antara satu dengan lainnya.

Padahal sebenarnya investasi logam mulia seperti ini sangat mudah untuk dilakukan, oleh karena itu penting untuk menghitung bagaimana harga jualnya.

Jenis Penggunaan Emas

Untuk penggunaan emas sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kelompok dan tidak semuanya digunakan sebagai investasi. Bisa dibilang penggunaan emas ini sangat beragam, hal ini dikarenakan untuk investasi sekalipun penggunaan emas sangat mudah.

Seseorang tidak perlu repot melakukan perhitungan yang rumit seperti pada investasi lainnya. Adapun beberapa jenis penggunaan emas tersebut diantaranya :

1. Konsumsi Sebagai Perhiasan

Pertama adalah penggunaan emas sebagai perhiasan yang sudah umum dilakukan bahkan oleh negara besar seperti China dan India. Bahkan penggunaan emas sebagai konsumsi untuk perhiasan mencapai 52%.

Hal ini dikarenakan emas dianggap sebagai logam mulia yang paling mudah untuk dibentuk dan paling tahan terhadap suhu, dan kelembaban.

2. Investasi

Selanjutnya adalah investasi, nah untuk bentuk emas investasi ini berbeda dengan emas untuk perhiasan. Karena emas untuk investasi berbentuk logam mulia utuh seperti emas batangan, maupun emas kepingan.

Kebutuhan akan investasi ini semakin besar kian harinya, dan emas dinilai sebagai pilihan investasi yang murah, mudah, dan juga gampang.

3. Mata Uang

Selain sebagai investasi, emas juga bahan yang sering digunakan sebagai sebuah mata uang. Dulunya emas ini digunakan untuk pembayaran dalam semua transaksi ekonomi.

Bentuk emas untuk pembayaran sendiri juga berbeda-beda. Namun semakin kesini, emas dibentuk menjadi satu bentuk yang sama yakni koin.

Cara Menghitung Harga Jual Emas Perhiasan

Karena sebelumnya sudah dibahas bahwa produksi emas 52%nya digunakan untuk perhiasan, maka sekarang saatnya mengetahui bagaimana perhitungan harga jualnya. Sebelum itu perlu diketahui bahwa perhiasan emas itu tidak semuanya berupa emas.

Ada campuran dengan perbandingan 75% emas murni, dan 25% bahan lain yang digunakan untuk membuat tampilan emas semakin cantik dan memikat.

Bila melihat hal tersebut, tentu harga jual emas perhiasan dengan harga jual emas murni beda. Belum lagi jika ditambahkan dengan perhitungan ongkos buat, dan sebagainya.

Karena itu dalam cara menghitung harga jual emas perhiasan ada rumusnya tersendiri. Rumus menghitung emas perhiasan yakni,

Harga emas X jumlah kadar emas di dalam perhiasan

Jumlah kadar emas di dalam perhiasan ini sebelumnya sudah diketahui yakni 75%. Untuk harga emas sendiri tergantung berapa karat emas tersebut. Ada emas yang 24 karat, 23, dan 18.

Sebagai contoh saat menggunakan rumus perhitungan di atas, harga emas yang diambil adalah harga emas 24 karat.

Secara global harga emas tersebut di angka Rp 500 ribu per gram. Jadi jika dimasukkan ke rumus, maka hasilnya :

 
 
500 ribu X 75% = Rp 375 ribu untuk satu gramnya

Jadi itulah tadi bagaimana cara menghitung harga jual emas perhiasan. Harganya lumayan berbeda dengan harga emas murni dalam bentuk batangan.

Hal ini dikarenakan emas seperti ini sudah tercampur dengan bahan lainnya. Sehingga jangan kaget lagi jika ada perbedaan harga antara emas murni, dengan harga jual emas perhiasan.

Tinggalkan komentar