Cara Menghitung Cash Flow

Thecronutproject.com – Bagaimana cara menghitung cash flow atau arus kas yang benar? Yuk simak caranya dibawah ini, disertai cara membuat laporannya.

Cash flow atau arus kas merupakan salah satu bentuk laporan yang paling penting kehadirannya dalam suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan, melalui laporan ini pengusaha bisa melihat bagaimana perkembangan keuangan di perusahaannya.

Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung cash flow dengan benar dan juga akurat. Sehingga sering menyebabkan pembukuan yang berantakan.

Cara Menghitung Cash Flow Dalam Bentuk Laporan

Untuk menghitung cash flow agar mudah untuk dilakukan, maka tidak jarang beberapa orang melakukan perhitungannya dengan cara dibuatkan laporan terlebih dahulu. Biasanya dalam laporan ini terdapat lima langkah yang bisa dilakukan.

Apabila lima langkah ini dilakukan dengan baik, maka perhitungan cash flow ini bisa dilakukan dengan benar. Adapun beberapa langkah tersebut diantaranya:

1. Menghitung cash flow naik atau turun

Hal pertama yang harus dihitung dalam cara menghitung cash flow adalah dengan menghitung naik turunnya kas pada perusahaan.

Untuk bisa menentukan dan melihat serta menghitung kenaikan dan penurunan ini, maka pengusaha hanya tinggal melihat pembukuan saja atau neraca.

Atau bisa juga dengan melihatnya pada buku kas, baik itu kas besar maupun kas kecil.

2. Menghitung Serta Melaporkan Kas Bersih Pada Aktivitas Operasional

Kas itu bukanlah uang yang sifatnya tetap, artinya kas ini bisa berubah karena memang akan sering digunakan.

Pada langkah selanjutnya supaya perhitungan bisa berlangsung dengan tepat, maka hal yang harus dihitung adalah kas yang sudah dikurangi dengan pengeluaran khusus kegiatan operasional. Jadi uangnya harus segera dipisahkan agar lebih mudah.

3. Menghitung Serta Membuat Laporan Kas Bersih Pada Aktivitas Investasi

Hampir sama dengan langkah sebelumnya, namun kali ini hal yang harus dipisahkan terkait dana untuk investasi.

Untuk kegiatan investasi ini tentunya ada banyak sekali macamnya, seperti pembelian aset berharga yang bisa dijual kemudian, dan sebagainya.

Dalam hal ini penting untuk memperhatikan dengan baik bagaimana investasi tersebut berjalan dan berapa lama metodenya.

4. Menghitung Serta Membuat Laporan Kas Bersih Pada Aktivitas Pendanaan

Kalau pendanaan sebenarnya sama saja dengan dua langkah sebelumnya. Namun untuk pengurangannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kewajiban jangka panjang serta ekuitas dari pemilik bisa menjadi pengaruh dari pengurangan kas. Karena itulah hal ini benar-benar harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi pembukuan kas yang keliru.

5. Menjumlahkan Atau Menghitung Semua Kas Bersih Dari Ketiga Aktivitas

Terakhir apabila semua tiga hal terkait dana operasional, investasi dan juga pendanaan telah selesai dihitung maka hitung selisihnya dan jumlahkan semuanya.

Hasil yang didapat merupakan hasil kas yang sifatnya benar-benar bersih dan bisa dikatakan sebagai penghasilan asli. Hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila beberapa langkah sebelumnya sudah dilakukan dengan benar.

Baca juga: Cara Menghitung EOQ

Cara Membuat Laporan Arus Kas Dengan Metode yang Banyak Digunakan

Surat pernyataan kegiatan usaha

Setelah membahas bagaimana cara membuat laporannya agar hasil cash flow yang dihasilkan dari perhitungan tetap rapi, maka selanjutnya mengetahui bagaimana cara membuat laporan.

Dalam membuat laporan ini sebenarnya ada dua metode yang bisa dilakukan, dan keduanya bisa dipilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

  • Metode langsung (direct cash flow). Yakni fokus kepada kegiatan operasional dikelompokkan menjadi bagiannya masing-masing dengan perhitungan yang terpisah. Metode ini dinilai lebih mudah untuk dimengerti, hanya saja memang caranya sedikit lebih panjang.
  • Metode tidak langsung (indirect cash flow). Kalau metode ini bergantung pada perbedaan antara arus kas dari aktivitas operasi, dan juga keuntungan atau laba bersih. Cara dari metode ini dinilai lebih singkat dibandingkan metode langsung.

Ternyata cara menghitung cash flow bukan lagi hal yang sulit, asalkan sudah mengetahui bagaimana metode serta langkah apa yang harus dilakukan. Jadi jangan bingung lagi ketika harus membuat laporan arus kas ini.

Tinggalkan komentar