6 Cara Menghemat Pengeluaran Sehari Hari yang Paling Mudah

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari Hari
Begini cara menghemat pengeluaran sehari hari yang paling mudah. Cara atau teknik untuk menghemat uang pengeluaran cocok untuk yang sudah berumah tangga.

Thecronutproject.com – Setiap manusia di bumi ini pasti ada kebutuhan yang harus dipenuhi. Itu artinya, ada pengeluaran dengan nominal tertentu yang tidak boleh tidak harus dijalani. Walaupun demikian cara menghemat pengeluaran sehari hari harus tetap dipahami.

Maka dari itu, di artikel financial yang kesekian kalinya ini, akan dijelaskan cara atau teknik untuk menghemat uang pengeluaran. Sehingga, nominalnya tidak terlalu besar, dan masih lebih besar pemasukan yang diterima.

Cara Menghemat Pengeluaran Sehari Hari

Berikut ini cara menghemat uang pengeluaran sehari hari yang efektif:

1. Membeli yang Dibutuhkan Saja

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara yang pertama ialah silakan membeli barang yang memang dibutuhkan saja. Dan pastikan menghindari membeli barang-barang luks atau mewah yang nilai gunanya tidak terlalu penting apalagi hanya sekadar untuk gaya-gayaan saja.

Ini adalah cara menghemat pengeluaran yang paling efektif namun sulit dilakukan. Karena yang namanya manusia pasti tertarik dengan benda-benda luks sekalipun tidak memiliki nilai kepantasan dan keterdesakan. Semisal sudah punya Hp android lama masih ingin membeli Hp android keluaran terbaru.

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan yang Efektif

2. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Terkadang pengeluaran membengkak disebabkan oleh rasa malas untuk memasak di rumah. Sehingga makan di luar menjadi solusi yang sejatinya kurang sehat dan menghabiskan budget besar.

Ini bukan berarti tidak boleh makan di restoran yang mewah. Tetapi agendakan di waktu-waktu tertentu saja. Semisal di acara ulang tahun, anniversary, atau untuk memberikan reward kepada anak yang lulus ujian dengan nilai tinggi.

3. Belanja Sesuai Rencana di Buku Program Keuangan Harian

Teknik atau cara menghemat pengeluaran sehari hari yang ketiga ialah belanja sesuai rencana yang sudah ditulis di buku program keuangan harian. Tentunya ini sudah dikalkulasi dan disinkronkan dengan besaran pemasukan atau gaji yang didapatkan di bulan itu.

Jika konsisten menjalankan kebiasaan di atas, tentu pengeluaran tidak akan melebar kemana-mana. Bahkan potensi ada tabungan juga sangat besar karena biasanya aktivitas ini juga dimasukkan ke dalam buku rencana keuangan. 

4. Tanamkan di Pikiran Kalau Ngemil Itu Bikin Tubuh Obesitas

Terkadang pengeluaran membengkak kalau terbiasa membeli makanan ringan yang saat ini harganya sangat mahal. Bahkan pizza kecil pun harganya ada yang Rp50.000 bahkan lebih.

Oleh sebab itu, daripada jajan camilan lebih baik kenyangkan dengan makan masakan rumahan. Selain menyehatkan pengeluaran harian juga tidak terlalu besar dibandingkan jajan di luar rumah.

5. Jangan Suka Berselancar di Marketplace

Kebiasaan berselancar di marketplace, terkadang menjadi penyebab tingginya pengeluaran harian. Sebab, jika hanya melihat-lihat saja tidak masalah, tetapi yang jadi masalah adalah ketika produk yang muncul justru merangsang minat untuk segera membelinya.

Ada jaminan kebiasaan ini bisa membuat pengeluaraan sangat besar. Bahkan, uang sudah habis pun masih dibela untuk berhutang hanya karena terpukau dengan produk di marketplace.

6. Kurangi Berkendara dengan Kendaraan Bermotor

Jika ingin menghemat pengeluaran coba kurangi berkendara dengan kendaraan bermotor. Ganti dengan bersepeda atau berjalan kaki jika lokasi yang ingin didatangi tidak terlalu jauh dari rumah.

Baca juga: 6 Cara Mengatur Uang Gaji Suami Ini Bikin Keluarga Sejahtera

Hal ini perlu dilakukan semata untuk mengurangi biaya bahan bakar. Apalagi saat ini, ketika bensin dan sejenisnya harganya terus meninggi. Belum lagi gangguan kesehatan yang bakal dirasakan seperti obesitas dan asam urat disebabkan oleh kurangnya bergerak.

Itulah beberapa cara menghemat pengeluaran sehari hari yang paling mudah dan efektif. Silakan diterapkan jika ingin memiliki tabungan atau paling tidak, tidak ada masalah keuangan yang muncul di dalam rumah tangga. Jadi, selamat mencoba dan semoga ada manfaatnya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like