5 Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Bijak agar Tak Jatuh Miskin

Cara Mengelola Keuangan Pribadi
Berikut ini adalah cara mengelola keuangan pribadi dengan bijak untuk terhindar dari kemiskinan:

Thecronutproject.com – Kunci utama agar bisa hidup sukses adalah mampu mengelola keuangan pribadi dengan bijak sehingga tidak mengalami masalah finansial hingga jatuh miskin.

Berapapun gaji yang diterima setiap bulan sesungguhnya tidak akan membuat seseorang merasa kekurangan jika mengetahui cara mengelola keuangan pribadi yang baik dan benar.

Dengan begitu, semua kebutuhan hidup dapat terpenuhi termasuk menabung dan berinvestasi untuk masa depan.

Mengelola keuangan supaya tidak jatuh miskin harus dimulai sesegera mungkin. Namun, bagi yang belum mengetahui bagaimana memulainya jangan khawatir karena tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai segala sesuatu tak terkecuali dalam mengelola keuangan.

Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Berikut ini adalah cara mengelola keuangan pribadi dengan bijak untuk terhindar dari kemiskinan:

1. Berbelanja dengan Cerdas

Perbedaan Penjualan dan Pemasaran

Bukan rahasia lagi kalau berbelanja adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari, tetapi juga bisa membuat seseorang jatuh miskin jika tidak dikendalikan. Berbelanja memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Namun, sebaiknya berbelanja dilakukan dengan cerdas supaya pengeluaran tidak membengkak dan arus keuangan tetap terkendali.

Adapun, belanja cerdas dapat dilakukan dengan membuat rencana pengeluaran bulanan kemudian tentukan barang apa saja yang harus dibeli setiap bulannya. Buatlah juga daftar kebutuhan yang disusun berdasarkan skala prioritas.

Pastikan untuk membeli barang – barang yang diprioritaskan terlebih dahulu lalu membeli barang lainnya jika semua daftar prioritas telah terpenuhi.

Baca juga: 5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Cerdas

2. Bandingkan Harga Barang sebelum Membeli

Cara mengelola keuangan pribadi dengan bijak juga dapat dilakukan dengan selektif dalam membeli barang atau membandingkan harga.

Pastikan barang yang dibeli memang memiliki harga yang sesuai dengan pasaran atau bahkan lebih murah jika dibandingkan di toko lainnya. Cara seperti ini sangat mudah dilakukan dengan mencari tahu harga di internet atau e-commerce.

Membeli barang dengan harga termurah pastinya akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Maka, sebaiknya jangan terburu – buru saat memutuskan untuk membeli barang dan luangkan waktu untuk membandingkan harga.

3. Buatlah Rincian Keuangan Pribadi

Supaya keuangan dapat dikelola dengan baik maka diperlukan rincian dari setiap pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu, setiap uang yang masuk dan keluar dapat terus dipantau.

Rincian keuangan ini bisa dibuat dengan menuliskan apa saja pos keuangan pribadi yang dibutuhkan setiap bulan seperti biaya untuk sewa air dan listrik serta cicilan hutang yang harus segera dilunasi.

4. Evaluasi Pengeluaran Secara Rutin

Setelah merinci keuangan pribadi dan mengeluarkan uang sesuai dengan prioritas kebutuhan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengevaluasi pengeluaran secara rutin.

Jangan lupa untuk membuat catatan terkait apa saja yang telah dibeli atau dibayarkan dalam satu bulan. Kemudian, cek lagi apakah pengeluaran dalam bulan tersebut lebih besar dari daftar pengeluaran yang telah diperhitungkan sebelumnya atau justru lebih kecil.

Jika pengeluaran lebih besar dari perkiraan karena adanya keperluan mendesak, maka pengeluaran di bulan selanjutnya sebisa mungkin harus diminimalisir. Selain mengurangi pengeluaran, bisa juga dengan mencari pemasukan tambahan seperti bekerja menjadi freelancer.

5. Usahakan Menabung dan Berinvestasi

Supaya tidak mengalami masalah finansial atau arus keuangan yang memburuk maka penting untuk mulai menabung dan berinvestasi. Sebab, keduanya dapat menjadi penolong di saat pemasukan rutin berkurang atau pengeluaran yang membengkak akibat karena kebutuhan yang terus meningkat.

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Uang hasil dari menabung dan berinvestasi dapat digunakan dalam keadaan mendesak seperti biaya kesehatan dan biaya hidup di saat kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, setiap kali mendapatkan bonus dari gaji bulanan atau pemasukan tambahan sebaiknya disimpan untuk menabung dan berinvestasi.

Demikian 5 cara mengelola keuangan pribadi dengan bijak. Masa depan keuangan hanya bisa dikelola oleh diri sendiri dan tidak bisa diatur orang lain. Maka, mulailah mengelola keuangan untuk menjamin kehidupan masa depan yang lebih baik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Menabung Untuk Pelajar
Read More

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.