6 Cara Mengatur Uang Gaji Suami Ini Bikin Keluarga Sejahtera

Cara Mengatur Uang Gaji Suami
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatur uang gaji suami dalam rumah tangga

Thecronutproject.com – Dalam kehidupan rumah tangga, biasanya seorang istri mempunyai tugas mengatur keuangan. Istri harus mengetahui cara mengatur uang gaji suami yang efektif dan tepat. Sehingga, kebutuhan rumah tangga dapat tercukupi.

Meski begitu, banyak diantara para istri yang kurang mengetahui cara mengatur gaji suami. Mereka cenderung malas untuk mempelajarinya dan menganggap itu menjadi hal sepele.

Cara Mengatur Gaji Suami yang Efektif dan Tepat

Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatur uang gaji suami dalam rumah tangga:

1. Sisihkan Kebutuhan Inti

Mengatur uang gaji

Penting adanya untuk mengetahui apa saja hal yang menjadi kebutuhan inti dalam rumah tangga. Kebutuhan inti dalam rumah tangga biasanya mencakup uang makan sehari-hari, uang pendidikan anak, uang darurat dan sebagainya.

Dengan menyisihkan gaji suami yang nantinya bisa dipergunakan sebagai kebutuhan inti, tentu akan menciptakan rasa aman dalam rumah tangga. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi keinginan untuk berbelanja sesuatu hal yang tidak penting.

2. Buat Daftar Kebutuhan sesuai Pendapatan

Cara mengatur uang gaji suami paling sederhana yakni dengan membuat daftar kebutuhan rumah tangga. Pilah-pilah, mana yang termasuk dalam kebutuhan inti, kebutuhan sampingan dan tabungan. Jangan lupa untuk dicatat dalam bentuk daftar hal apa saja yang dibutuhkan.

Daftar tersebut biasanya dilakukan dalam jangka satu bulan atau disesuaikan dengan pendapatan dan kebutuhan. Sesuaikan pengeluaran dengan pemasukan  yang ada.

Prioritaskan kebutuhan pokok dalam rumah tangga, agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

3. Hindari Hutang

Menolak tawaran pekerjaan

Hutang dapat berdampak pada keuangan rumah tangga. Hutang dapat memberi beban pendapatan dan tentu berdampak pula pada kondisi psikologis keluarga.

Apalagi dengan hutang yang berbunga, uang pengembalian akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Masih punya hutang? Simak artikel cara bebas dari hutang tanpa membuat hutang baru

Kalaupun terpaksa harus mengambil hutang, jangan lupa untuk melakukan perhitungan yang tepat. Artinya, sesuaikan dengan pendapatan, jangka waktu hutang serta jumlah pembayarannya. Hal ini juga mencegah penumpukan hutang yang berlebihan di kemudian hari.

4. Kurangi Kebiasaan Belanja dan Makan di Luar

Daftar belanja

Kebiasaan belanja hal yang tidak penting biasanya dilakukan oleh seorang istri. Untuk itu, membatasi keinginan belanja yang berlebihan harus dilakukan. Memprioritaskan kebutuhan inti menjadi kunci dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Selain itu, mengurangi makan di luar juga perlu dikurangi. Hal ini lantaran dapat menambah pengeluaran rumah tangga.

Apalagi, harga makanan di luar cenderung lebih mahal dibandingkan jika memasak sendiri. Sesekali waktu, boleh makan di luar namun jangan dilakukan setiap hari.

5. Lunasi Tagihan Sesuai Waktu yang Ditentukan

Melakukan pembayaran tagihan rumah tangga tepat waktu dapat menjadi salah satu cara mengatur uang gaji suami. Karena, pelunasan tepat waktu tidak akan meninggalkan tanggungan untuk kedepannya. Sehingga, membuat keuangan rumah tangga lebih stabil.

Tagihan-tagihan yang dimaksudkan ini yakni tagihan listrik, air, telepon, TV Kabel dan sebagainya. Pembayaran tepat waktu pada tagihan tersebut juga tidak memberikan tambahan biaya denda. Dengan begitu, uang yang dikeluarkan juga tidak akan semakin banyak.

6. Menabung sebagai Salah Satu Prioritas

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Menabung bisa dilakukan untuk mempersiapkan masa depan. Jangan sampai gaji suami habis hanya untuk kebutuhan setiap bulannya saja, tetapi juga sisihkan sebagai uang tabungan juga.

Menabung juga memiliki cara tersendiri bagi rumah tangga. Misalnya, dengan menyisihkan sisa uang belanja atau langsung memotong pendapatan di awal bulan.

Ngomongin soal menabung, simak pembahasan cara menabung 1 juta per bulan

Bagi kehidupan rumah tangga, menabung harus menjadi sesuatu yang dipaksakan. Jika tidak demikian, maka tidak akan mempunyai tabungan keluarga yang nantinya bisa digunakan saat mendesak.

Itulah 6 cara mengatur uang gaji suami yang bisa dilakukan oleh seorang istri dalam rumah tangga. Kecakapan ini tentu sangat dibutuhkan dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Kemampuan pengaturan keuangan rumah tangga sangat bermanfaat dan berdampak pada kehidupan keluarga. Untuk itu, jangan lupa untuk lakukan keenam hal di atas.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Menabung Untuk Pelajar
Read More

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.