Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta
Gaji tiap bulan kurang lebih 2 juta ingin menabung dan bisa hemat? Bisa saja, berikut tips yang harus di lakukan.

Thecronutproject.com – Dapat gaji 2 juta per bulan tapi ingin mengatur keuangan agar hemat dan bisa menabung? Bisa kok, ikuti cara mengatur uang gaji 2 juta berikut ini.

Saat mendapatkan gaji, tidak dapat dipungkiri sering kali akan merasa bahwa gaji yang didapatkan hanya akan berlalu begitu saja.

Untuk menghindari hal tersebut sempatkanlah menyisihkan waktu untuk mencari cara mengatur uang gaji 2 juta per bulan, seperti membayar tagihan, belanja kebutuhan dan lain sebagainya. Jadi, tanpa terasa gaji yang didapatkan tidak akan habis begitu saja.

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta per Bulan

Cara mengatur gaji

Mendapatkan gaji seringkali membuat orang-orang mengabaikan perencanaan keuangan, terutama untuk simpanan di masa depan. Sehingga sering kali orang menjadi lebih sulit di masa depan, akibat pengelolaan keuangan yang berantakan.

Hindari hal tersebut dengan beberapa cara jitu untuk mengelola gaji bulanan berikut ini :

1. Gunakan Aturan 50/30/20

Agar selalu cukup walau gaji 2 jutaan yaitu dengan cara alokasikan gaji dengan mengikuti aturan 50/30/20 langsung pada hari saat penerimaan gaji.

Contohnya jika gaji per bulan adalah sebesar 2 juta rupiah, maka sisihkan 50% dari pendapatan bulanan itu untuk kebutuhan sehari-hari seperti stok makan, sabun untuk mencuci, bensin kendaraan, cicilan kendaraan dan lain sebagainya. 

Lalu, sisihkan 30% untuk memenuhi keinginan sekunder atau kebutuhan tidak tetap. Seperti, skincare, shopping baju, cemilan yang sifatnya tidak wajib, pergi berlibur atau sekedar jalan-jalan keliling kota dan lain sebagainya.

Lalu yang terakhir adalah 20% untuk tabungan masa depan dan pembayaran hutang piutang.

2. Membuat Laporan Keuangan

Jangan lupa menghitung semua pendapatan dan berbagai macam pengeluaran premier hingga sekunder. Seperti mengkategorikan sebagai pengeluaran tetap atau variabel.

Contoh biaya tetap :

  • Sewa Rumah
  • Cicilan Mobil / Motor
  • Asuransi
  • Tagihan Operasional Rumah (Internet, listrik, air dan lain sebagainya)

Contoh biaya variabel :

  • Makan
  • Liburan
  • Cemilan
  • Bensin Kendaraan dan lain sebagainya

Membuat laporan keuangan seperti ini bisa menjadi salah satu alternatif cara mengatur uang gaji 2 juta perbulannya.

Baca berita: Usai THR PNS Habis, Gaji ke-13 Sebentar Lagi Cair, Siap-Siap Ya!

3. Bayar Tagihan Secara Otomatis

Jika pemasukan bulanan langsung ke dalam rekening, maka membuat tagihan otomatis adalah salah satu cara yang pas untuk membantu menghindari keterlambatan pembayaran pada tagihan. Sehingga mengurasi resiko terkena denda dan menambah pengeluaran di setiap bulannya. 

Ini sangat berguna untuk orang yang sulit meluangkan waktu untuk membuat perencanaan secara rinci dan kesulitan dengan kebiasaan menabung. Sehingga akan terhindar dari tagihan yang menumpuk ataupun godaan untuk berbelanja yang berlebihan.

4. Hilangkan Pengeluaran Kecil

Dalam hal penganggaran, seringkali hal-hal kecil masuk dalam anggaran pengeluaran. Seperti, Langganan koran yang jarang sekali dibaca, atau langganan TV kabel yang jarang sekali dihidupkan dan di tonton. 

Maka, memangkas pengeluaran kecil yang bahkan tidak digunakan bisa menjadi pertimbangan agar dapat di alih fungsikan kepada keperluan yang lain. atau bahkan di masukan kedalam anggaran tabungan untuk masa depan.

5. Metode Anggaran 80/20

Dengan aturan ini dapat dikatakan bahwa memasukan 20% dari pendapatan dalam tabungan dan menghabiskan sisanya.

Hampir mirip dengan metode 50/30/20 namun pada metode ini juga dikenal dengan anggaran “Membayar diri sendiri” atau anti anggaran. 

Ini adalah cara sederhana untuk mencapai dan memelihara stabilitas keuangan dengan memastikan tabungan yang dimiliki akan cukup untuk membantu melewati masa-masa yang sulit.

Bagi yang dapat penghasilan 500 ribuan, simak artikel cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan

Tips Anggaran Keuangan

Selain dengan metode-metode yang telah dijabarkan diatas. Berikut ini adalah sedikit tips anggaran yang juga dapat jadi bahan pertimbangan :

  • Jangan bingung antara kemewahan dan kebutuhan. Makan adalah suatu kebutuhan namun, makan di restoran bintang lima adalah suatu kemewahan. Jika memang harus memangkas pengeluaran maka kurangilah kemewahannya.
  • Perhatikan hal-hal kecil lainnya. Seperti, suka menghabiskan waktu di warung kopi sehari-hari. mungkin dapat dikurangi menjadi satu kali dalam sebulan.
  • Gunakan uang tunai. Kartu kredit dan debit adalah kemudahan yang dapat digunakan secara berlebihan. Membelanjakan dengan uang tunai dan menuliskan cek ke dalam anggaran keuangan lebih akan lebih akurat dalam mencatat anggaran di setiap bulannya.

Nah, Itu adalah beberapa cara mengatur uang gaji 2 juta perbulan yang dapat diaplikasikan dengan mudah di kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya akan menstabilkan pemasukan dan pengeluaran, namun juga dapat meminimalisir pengeluaran secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like