Cara Mengatur Uang Bulanan

Cara Mengatur Uang Bulanan
Gaji bulanan akan cepat habis kalau tidak diatur dengan baik. Berikut ini cara mengatur uang bulanan supaya hemat. Uang bulanan rumah tangga akan terasa cukup.

Sejatinya cara mengatur uang bulanan itu sangat mudah. Namun terkadang ada rasa malas untuk melakukannya sehingga membuat keuangan di bulan tersebut menjadi tidak teratur atau amburadul.

Karena alasan tersebut, di bawah ini terdapat beberapa teknik untuk mengatur uang bulanan agar tetap ideal. Termasuk mencegah terjadinya hutang yang terkadang memberatkan.

Cara Efektif Mengatur Uang Bulanan Agar Hemat

Berapapun gaji bulanan yang didapat, kalau tidak bisa mengatur keuangan dengan benar, pertengahan atau akhir bulan akan ketar-ketir. Berikut tips mengatur gaji bulanan agar lebih hemat:

1. Membayar Tagihan Rumah Tangga di Awal Bulan

Teknik atau cara mengatur uang bulanan yang pertama ialah membayar tagihan rumah tangga tepat di awal bulan. Ini harus diprioritaskan supaya di bulan tersebut kebutuhan penting rumah tangga tetap terjamin.

Tagihan yang perlu dibayarkan di awal bulan seperti tagihan listrik, PDAM, TV prabayar, wifi internet dan semacamnya. Bisa dibayangkan kalau ini tidak dibayarkan, tentu kehidupan rumah tangga tidak akan nyaman.

2. Sisihkan Uang untuk Tabungan

Jika habis gajian, uangnya jangan langsung dialokasikan untuk pengeluaran. Tetapi tetap ada dana khusus untuk tabungan sekalipun hanya Rp100.000 setiap bulan.

Dan ini harus diambil juga di awal bulan. Karena jika sudah masuk pertengahan atau akhir bulan, dijamin uang tersebut akan habis. Sehingga, di bulan tersebut tidak ada pertambahan nominal tabungan rumah tangga.

3. Beli Kebutuhan Pendukung Seperti yang Tercatat Di Program Finansial Bulanan

Jika ingin keuangan rumah tangga ideal, pastikan membuat catatan program finansial bulanan. Lalu masukkan ke dalamnya produk apa saja yang akan dibeli di bulan tersebut baik produk inti maupun yang pendukung.

Nah, untuk kebutuhan pendukung pastikan dibeli yang memang tercatat di buku program tersebut. Semurah apapun produk yang ingin dibeli, tetapi tidak ada di dalam program lebih baik ditahan dan dananya dialokasikan untuk produk yang nyata-nyata memang dibutuhkan.

4. Masukkan Semua Pemasukan dan Pengeluaran ke Catatan Secara Lengkap

Kalau ingin memiliki keuangan rumah tangga yang sehat, maka terapkan cara mengatur uang bulanan yang keempat ini. Yaitu, memasukkan semua pemasukan dan pengeluaran ke catatan secara lengkap.

Jangan sekali-kali diingat di pikiran, yang justru menimbulkan kerancuan pemikiran, apakah produk sudah dibeli, apakah uang sudah ditabung dan lainnya. Hal yang mengandalkan daya ingat semacam ini yang justru membuat keuangan rumah tangga menjadi rusak.

5. Jangan Lupakan Investasi

Jika ada uang bulanan berlebih, tidak masalah untuk dialokasikan pada investasi. Ini merupakan trik agar di masa depan atau masa ketika sudah pensiun, tidak bermasalah dengan keuangan.

Pada sebagian orang, umumnya dana untuk investasi dialokasikan di awal. Namun, jika sisa gaji tidak seberapa, boleh investasi diambilkan dari sisa gaji setelah dipotong pengeluaran. Sebab, ketika uang sudah diinvestasikan, maka tidak bisa diambil kembali sebelum tiba waktunya.

6. Terapkan Semua Rencana Keuangan Sesuai Porsinya

Maksudnya ialah kalau uang khusus tabungan, maka jangan diambil untuk membeli paket pulsa. Begitu juga jika uang untuk biaya sekolah anak jangan diambil untuk membayar arisan.

Jika ini yang dilakukan, finansial di dalam rumah tangga pasti amburadul. Bisa jadi akan memicu pertengkaran, karena si suami merasa istri maupun sebaliknya tidak bisa mengatur keuangan dengan amanah.

Jika dibaca narasi di atas, sudah jelas kalau cara mengatur uang bulanan sejatinya sangat mudah dan simpel. Namun, seluruh keluarga harus berpartisipasi aktif di dalam tindakan tersebut jika ingin hasilnya maksimal.

Akan tetapi, jika salah satu pihak saja, tentu finansial tetap tidak akan teratur, apalagi kalau semua memiliki sifat boros.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Tips Menabung Untuk Pelajar
Read More

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips menabung untuk pelajar ada beragam. Pelajar memang sebaiknya dibiasakan untuk berhemat dengan cara menabung. Ikuti cara menabung bagi pelajar berikut ini.
Aplikasi Keuangan Rumah Tangga
Read More

Aplikasi Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga itu tidak gampang. Berikut rekomendasi aplikasi keuangan rumah tangga yang cocok sekali untuk digunakan mengatur keuangan.