Cara Mengatur Uang 500 Ribu Dalam Sebulan

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan
Punya penghasilan hanya 500 ribu per bulan? Terapkan cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan ini agar tetap bertahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tidak semua orang mendapatkan pendapatan yang besar. Sebagian dari mereka bahkan ada yang mendapatkan pendapatan hanya 500 ribu rupiah. Meski begitu, cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan terbilang tidak mudah.

Ada beberapa cara  yang bisa dilakukan untuk mengatur uang 500 ribu dalam sebulan. Cara-cara ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar dengan uang 500 ribu, seseorang dapat tetap bertahan menjalani kehidupannya. Berikut caranya:

1. Catat Dan Buat Rencana Bulanan

Dengan uang 500 ribu dalam sebulan, menghemat menjadi cara  yang bisa ditempuh. Perencanaan yang matang dengan memilah-milah kebutuhan prioritas juga menjadi kunci. Tidak perlu melakukan pemborosan dengan mengikuti keinginan yang belum tentu menjadi kebutuhan.

Uang 500 ribu dapat dimanfaatkan dengan baik asalkan melalui perencanaan yang tepat. Jangan lupa mencatat rencana kebutuhan bulanan dan atur sedemikian rupa. Belanjakan uang sesuai kebutuhan dengan mengacu pada daftar yang telah dibuat tersebut.

2. Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan bisa dilakukan dengan memprioritaskan kebutuhan. Artinya, barang yang dibeli tidak sembarangan melainkan barang yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga, pengeluaran pun tidak membengkak.

Barang yang dibeli pun bisa disiasati dengan membeli barang bekas yang dibutuhkan. Pilih barang bekas yang masih layak pakai dan bagus dengan harga terjangkau. Cara ini akan sangat membantu dalam melakukan penghematan, apalagi dengan uang 500 ribu dalam sebulan.

3. Kurangi Kegiatan Jalan-Jalan dan Makan di Luar

Jalan-jalan sembari makan di luar tentu akan menambah pengeluaran. Dengan uang hanya 500 ribu sebulan, kegiatan tersebut sebaiknya dikurangi. Jika perlu bahkan harus dihindari, karena dapat membuat anggaran menjadi berkurang. Sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan penting lainnya.

Seandainya terpaksa melakukan kegiatan jalan-jalan atau makan di luar, siasati dengan melakukan hal-hal kecil seperti membawa air minum sendiri atau pesan makanan yang benar-benar murah. Sehingga, uang itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

4.  Cari Uang Tambahan

Mencari uang atau penghasilan tambahan bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan sebanyak mungkin. Seperti halnya dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan freelance yang tidak mengikat waktu atau berjualan barang secara online.

Cara lain dalam menghasilkan uang tambahan misalnya dengan menjual pulsa dan kuota, menjadi penulis lepas atau membuat desain logo. Meski demikian, carilah pekerjaan yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Sehingga tidak akan saling bentrok satu sama lain.

5. Ikut Tabungan Berencana

Pertimbangkan untuk ikut tabungan berencana, agar keuangan lebih teratur dan jelas. Tabungan berencana biasanya memiliki sistem yang cukup ketat. Untuk itu, pisahkan rekening tabungan harian dan rekening tabungan.

Dalam melakukan cara ini, sejumlah uang harus disisihkan sehingga bisa didebet otomatis. Jangan sampai saldo kurang dari ketentuan, karena bisa dikenai denda. Untuk itu, pertimbangkan benar-benar jika ingin mengambil cara ini.

6. Jangan Lupa Bersyukur

Bersyukur adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang meski dengan pendapatan hanya 500 ribu  sebagian orang terkadang melupakan hal ini dan cenderung mengeluh dengan keadaan. Padahal dengan bersyukur, hati menjadi lebih tenang dan tentram.

Keadaan hati yang tenang dan tentram tentu akan memberikan efek baik pada tubuh dan otak. Seseorang juga akan lebih fokus dalam menghadapi masalah dan pekerjaan. Pekerjaan pun menjadi cepat selesai. Sehingga waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan.

Cara mengatur uang 500 ribu dalam sebulan memang cukup sulit dan terbilang tidak mudah. Namun dengan usaha yang maksimal, uang 500 ribu tentu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Cara-cara di atas bisa dilakukan sebagai cara menghemat dan mengatur keuangan. Jangan menyerah dan pastikan untuk tetap berusaha.

6 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Parcel snack
Read More

Parcel Snack Sederhana

Saat ini, bermunculan berbagai macam cara membuat parcel snack sederhana. Inilah beberapa pilihan parcel snack sederhana yang bisa di buat sendiri dirumah.