Cara Menentukan Harga Jual Sparepart Motor

Sparepart motor
Pebisnis harus mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual spare part motor yang sesuai. Cara ini bertujuan agar keuntungan yang didapat semakin besar.

Thecronutproject.com – Bisnis peralatan untuk sepeda motor sekarang ini bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat. Hal ini dikarenakan kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Namun sebelum memulai bisnis ini ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu bagaimana harga jual spare part motor. Pebisnis harus mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual spare part motor yang sesuai.

Cara Menentukan Harga Jual Sparepart Motor

Dalam menentukan harga jual spare part motor ini tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa faktor yang bisa dilakukan apabila ingin menentukan harga.

Semua faktor ini penting untuk ditaati karena dengan begitu harga jual yang didapatkan bisa sesuai dan tepat sasaran. Adapun langkah cara menentukan harga jual spare part motor tersebut diantaranya :

1. Mengidentifikasi Sparepart Apa yang Ingin Dijual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi bagaimana kondisi sparepart yang dijual. Apakah spare part tersebut memiliki kualitas yang biasa saja atau memang memiliki kualitas yang baik.

Dengan mengidentifikasi bagaimana kondisi spare part yang ingin dijual, maka menentukan harga akan jauh lebih mudah.

2. Menentukan Berdasarkan Biaya

Cara yang satu ini dinilai merupakan cara yang paling mudah untuk diterapkan, serta yang paling banyak digunakan.

Pertama adalah menghitung semua biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk tersebut lalu, tambahkan dengan rentang keuntungan yang ingin diraih.


PK = M X P / 100
rumus menghitung harga spare part
PK = pengambilan keuntungan dalam bentuk rupiah
M = Modal
P =  Persentase yang diinginkan

3. Harga Jual Sparepart Motor Berdasarkan Tujuan Khusus

Cara Menentukan Harga Jual Sparepart Motor

Kalau yang satu ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti mengapa ingin menjual sparepart dengan harga yang sebelumnya sudah ditentukan.

Bisa dikatakan ini adalah tujuan mengapa barang tersebut ingin dijual. Beberapa tujuan yang ingin dicapai biasanya terkait meningkatkan angka penjualan, serta ingin memperkenalkan produk ke mata publik, dan beberapa faktor lainnya.

4. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Kompetisi

Selanjutnya adalah cara yang bisa dilakukan apabila sebelumnya sudah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini berfungsi untuk mengetahui bagaimana kompetisi pasar sekitar, apalagi jika masih baru.

Ketahui dulu berapa kompetitor menjual harga barangnya. Pastikan jika ingin produk laku, maka tentukan harga jangan sampai yang lebih tinggi bahkan kalau bisa dibuat lebih murah.

5. Menentukan Harga Jual Berdasarkan Biaya Tambahan

Dalam sehari-hari pasti ada saja biaya operasional yang dikeluarkan. Untuk menutup biaya pengeluaran tersebut, pengusaha boleh mengambilnya dari keuntungan harga jual.

Karena itu sebelum menentukan harga jual sparepart motornya, pengusaha bisa melakukan terlebih dahulu perhitungan biaya operasional harian. Supaya harga yang ditawarkan bisa tetap memberikan keuntungan.

6. Mengetahui Rumus Perhitungan

Terakhir ada baiknya untuk mengetahui tentang bagaimana rumus perhitungan yang bisa diterapkan.

Rumus pertama bisa dari perhitungan bahan baku modal + (bahan baku modal X markup).

Lalu perhatikan juga rentang atau margin dari penentuan harga jual ini. Margin sendiri merupakan hasil dari harga jual dikurangi harga modal, lalu dibagi dengan harga jual. (Harga jual – harga modal)/ Harga jual.

Perkiraan Keuntungan Dari Bisnis Sparepart Motor

Untuk keuntungan dari bisnis sparepart motor ini memang tidak besar, jika dihitung per satu item yang dijual. Karena untuk satu itemnya seseorang hanya bisa mendapatkan keuntungan dari harga jual paling tinggi 10%.

Pelajari selengkapnya di artikel tips usaha perlengkapan kendaraan

Meskipun begitu, apabila semua item tersebut dijual secara berbarengan, dan dalam sehari bisa melakukan penjualan dalam jumlah banyak maka keuntungan yang dihasilkan sangat besar.

Oleh karena itu bagi yang ingin memulai usaha spare part motor ini, tidak perlu lagi merasa bingung. Apalagi sekarang untuk mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual spare part motor bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk ragu saat hendak membuka usaha ini.

0 Shares:
2 comments
  1. Bener juga sih. Jualan sparepart kalau stok dikit untungnya gk sberapa. Tpi kalau laku dlm jumlah banyak, untungnya bakal kelihatan. Jual sparepart sma buka bengkel motor biar makin cuan.

    1. Kalau mau lebih untung lagi harus ada sampingannya juga. Bener apa kata kak Alby, sambil buka bengkel juga. Oh iya, jual sparepart di toko online juga biar makin untung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara promosi produk
Read More

Cara Promosi Produk

Cara promosi produk terbagi dua, yaitu promosi secara online dan offline. Bagaimana cara promosi produk yang efektif agar meningkatkan penjualan? Simak caranya.