Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Thecronutproject.com – Untuk mendapatkan modal usaha tentu harus dipikirkan sebelum memulai sebuah bisnis. Apalagi bagi seorang muslim memperoleh modal usaha tanpa riba merupakan hal yang harus dicapai.

Topik riba memang selalu hangat untuk dibicarakan. Bahkan bagi kalangan tertentu kata “riba” bisa menjadi sangat sensitif jika didiskusikan lebih mendalam. Sayangnya, masih banyak juga orang yang belum paham apa itu riba sehingga yang awalnya mau menghindari malah terjun ke sana.

Dalam artikel ini akan dibahas sekilas tentang konsep riba dan bagaimana cara mendapatkan modal usaha tanpa riba agar bisnis bisa lebih berkah.

Sekilas tentang Riba

Secara bahasa, riba artinya adalah tambahan. Jika diaplikasikan pada praktiknya, riba merupakan tindakan menambahkan nilai barang dengan besaran tertentu sehingga jumlahnya menjadi lebih besar.

Riba identik dengan pinjaman atau hutang yang pada akhirnya memberatkan si peminjam. Oleh sebab itu, riba dilarang dalam hukum islam karena merugikan salah satu pihak.

Sumber Modal Sesuai Syariat Islam

Pinjaman

Saat akan memulai sebuah bisnis pasti dibutuhkan modal. Tak jarang seseorang kebingungan mencari dari mana sumber modalnya. Pinjaman dari bank atau pinjaman online memang menggiurkan.

Selain bisa cair dalam waktu singkat, nominalnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun sebenarnya ada cara mendapatkan modal usaha tanpa riba dan mudah proses pelunasannya sehingga bisnis dijalankan sesuai syariat Islam, yaitu:

1. Pinjaman Keluarga atau Teman Dekat

Cara pertama yang bisa dicoba adalah meminjam dari anggota keluarga, kerabat, atau teman dekat. Jika mereka memahami kondisi yang dialami, maka kemungkinan besar mereka akan membantu sesuai kemampuannya.

Agar terhindar dari riba, buat kesepakatan di awal terkait jumlah pinjaman, proses pelunasan, dan besaran angsuran cicilannya. Penting untuk diingat bahwa meskipun pinjaman berasal dari orang terdekat bukan berarti tidak memiliki tanggung jawab untuk melunasi.

Membayar hutang tetap menjadi kewajiban yang tak boleh diabaikan.

2. Jual Aset Pribadi

Kalau pinjaman yang didapat masih kurang atau memang tidak ada orang terdekat yang bisa membantu, coba untuk menjual aset pribadi.

Perhatikan benda-benda di sekeliling apakah ada yang dapat dijual, misalnya kendaraan, properti, perhiasan, atau mungkin koleksi barang bermerek mahal.

Cara ini sebenarnya paling aman karena tidak ada kewajiban mencicil hutang dan resikonya ditanggung sendiri. Apabila bisnis mengalami kerugian, maka tidak ada beban kepada si pemberi hutang.

3. Cari Investor

Mendapatkan modal usaha dari investor harus kalian coba juga. Mencari seseorang yang mau mempercayakan modalnya tidaklah mudah, tapi tak ada salahnya cara ini dicoba.

Sampaikan konsep bisnis yang akan dijalankan atau rencana pengembangan bisnis yang sekarang sedang berlangsung. Jelaskan secara detail, realistis, dan praktis, jangan berupa konsep abstrak yang tidak memiliki tujuan jelas.

Saat ini banyak yang mau menanamkan modalnya ke bisnis-bisnis skala kecil atau rumahan. Satu hal yang perlu diingat, buat kesepakatan khusus tanpa nilai tambah saat calon investor mau menitipkan modalnya.

4. Wakaf Organisasi

Sejumlah organisasi memiliki program sosial dengan konsep wakaf. Beberapa diantaranya ada yang mengkhususkan wakaf untuk bisnis yang direncanakan oleh si calon penerima.

Memang sasaran dari organisasi ini adalah mendukung perkembangan usaha mikro menengah agar bisa bersaing di pasaran.

Sumber modal usaha dari wakaf organisasi tentunya bebas riba karena ini adalah murni bantuan untuk masyarakat. Kalaupun ada kesepakatan pengembalian modal, cicilan disepakati dengan pola yang meringankan dan tanpa bunga.

5. Pegadaian Syariah

Satu lagi, cara mendapatkan modal usaha bebas dari riba adalah melalui Pegadaian Syariah. Tempat ini semakin populer sebagai sumber modal pebisnis pemula karena cairnya bisa cepat dan bebas biaya bunga.

Pada dasarnya konsep pinjaman yang diberikan mirip seperti Pegadaian konvensional, hanya saja di Pegadaian Syariah tidak ada bunga dalam pengembalian modal awal.

Jadi lembaga ini terbilang aman, terpercaya, dan menguntungkan bagi orang yang membutuhkan modal untuk memulai usahanya.

Membuka usaha jajanan rumahan modal kecil juga salah satu cara yang harus dicoba. Modal minim tapi bisa untung banyak dan bebas dari riba.

Sebelum mencari sumber modal usaha, seseorang harus memiliki rencana yang matang terlebih dahulu. Rencana ini meliputi besaran modal yang dibutuhkan, bagaimana penggunaannya, hingga strategi pengembalian cicilan apabila harus berhutang.

Dalam Islam, meminjam uang sebagai modal itu tidak dilarang selama tidak ada bunganya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mendapatkan modal usaha tanpa riba supaya bisnis tetap pada koridor Islam.

Tinggalkan komentar