Cara Mencari Supplier di Tokopedia yang Terpercaya

Thecronutproject.com – Memilih supplier di Tokopedia memang tidak bisa disepelekan. Kita harus paham bagaimana cara mencari supplier yang terpercaya di marketplace seperti tokopedia, lazada, shopee dan lainnya.

Supplier merupakan pihak yang penting karena memiliki tugas menyalurkan sebuah barang kepada distributor, lalu baru kemudian sampai ke tangan konsumen.

Keberadaan supplier ini pun terkadang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Maka dari dari itu artikel kali ini akan membahas cara mencari supplier di Tokopedia yang terpercaya.

Cara Mencari Supplier Terpercaya di Tokopedia

Karena di Tokopedia cukup banyak terdapat supplier-supplier yang menjual berbagai jenis barang. Disebabkan hal itulah artikel ini membahas cara mencari supplier, khususnya di Tokopedia.

1. Cari Barang Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mencari terlebih dahulu jenis barang yang akan dicari. Karena seperti yang sudah dikatakan diatas, di Tokopedia terdapat banyak sekali supplier yang menjual berbagai jenis barang. Jika ingin berbisnis fashion, carilah supplier-supplier yang bergerak pada bidang fashion.

Karena pada bidang fashion barang yang dijual atau dipasarkan tidak akan pernah kehabisan model. Tentunya hal itu dikarenakan bidang fashion selalu berkembang setiap saat.

Sehingga para penjualnya tidak akan kehabisan ide untuk model yang akan dipasarkan. Hal ini tentunya juga akan menguntungkan sebagai distributor.

2. Temukan Seller Yang Paling Sering Aktif

Salah satu poin penting yang harus dilakukan adalah memperhatikan waktu aktif si seller atau supplier tersebut. Carilah supplier yang paling sering aktif pada akun Tokopedia.

Karena biasanya, supplier yang seperti itu lebih cepat untuk merespon segala hal. Dibandingkan supplier yang jarang terlihat aktif.

Paling tidak memilih supplier yang terlihat aktif dalam 3 hari sekali. Jika setelah diperhatikan supplier tersebut hanya aktif satu kali dalam seminggu lebih baik untuk tidak memilihnya.

Hal itu supaya untuk menghindari terjadinya kerugian di masa yang akan datang. Selain itu pula, supplier yang jarang aktif juga tidak dapat merespon dengan cepat komplain yang diajukan. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan kerugian tersendiri.

3. Cari Informasi Tentang Rules Penjualan Seller Tersebut Diakunnya

Hal ini perlu diketahui sebelum memilih supplier di Tokopedia. Karena biasanya supplier memiliki rules, atau aturan mereka sendiri. Sebagai distributor tentunya harus benar-benar mengerti tentang rules tersebut sebelum membeli barang mereka.

Salah satu contoh rules yang biasanya diterapkan adalah dalam hal ketersediaan barang.

Ada beberapa supplier yang hanya menyediakan barang sesuai dengan pesanan, atau sistem PO. Sedangkan yang lainnya ada juga yang memiliki barang yang selalu tersedia. Sehingga para pembelinya tidak harus menunggu terlebih dahulu.

Maka dari itu, carilah supplier yang seperti itu, yang memiliki barang ready untuk dikirimkan. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menerima barang tersebut.

4. Sempatkan Untuk Membaca Review Pembeli

Review

Hal ini pun meskipun terlihat sepele namun sangat penting untuk dilakukan. Dengan melihat review pembeli sebelumnya maka tentunya akan terbentuk bayangan tentang barang tersebut.

Pertimbangkan antara komen positif dan negatif yang diterima oleh supplier tersebut. Hal ini juga untuk mengurangi kemungkinan kerugian di masa yang akan datang.

5. Hubungi Seller Tersebut

Setelah menemukan seller atau supplier yang tepat sesuai kriteria yang diinginkan maka langkah selanjutnya adalah menghubunginya. Tujuan menghubunginya ini adalah untuk menginformasikan, bahwasanya ingin menjadi distributor barang yang mereka jual.

Selain itu juga, keuntungan untuk menginformasikan hal ini adalah untuk mendapatkan harga khusus. Karena tidak jarang ada beberapa supplier yang memiliki harga khusus untuk orang yang membantu memasarkan produk-produk mereka.

Kamu juga wajib pelajari cara menentukan harga reseller agar tidak kebingungan kasih harga produknya.

Itulah cara mencari supplier di Tokopedia yang terpercaya. Banyaknya supplier di marketplace tersebut tentunya membuat bingung. Namun, dengan cara dan langkah-langkah diatas maka tentunya bisa untuk membimbing supaya menemukan supplier yang terpercaya.

Tinggalkan komentar