[Studi Kasus] 5 Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google
Raih peringkat teratas Google merupakan impian pemilik website. Menurut pengalaman, begini cara menaikkan peringkat website di Google.

Thecronutproject.com – Berada di peringkat teratas Google merupakan tujuan utama para pemilik website. Jika tercapai, hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness hingga konversi penjualan. Bayangkan jika laman web kamu sering muncul saat user mencari kata kunci tertentu. Tentu saja kesempatan konversi yang kamu dapat makin besar.

Kesempatan tersebut bukan hanya berlaku untuk website lawas, melainkan juga yang masih baru. Selain itu, kamu pun tak perlu khawatir dengan keberadaan kompetitor karena cara menaikkan peringkat website di Google ini sudah terbukti banyak dilakukan pemain website lama dengan traffic mencapai ribuan hingga jutaan.

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Tanpa berlama-lama lagi, langsung terapkan cara berikut sampai website kamu berhasil berada di page one Google.

1. Riset Kata Kunci

Untuk menaikkan peringkat website di pencarian Google, maka kamu perlu mengikuti kemauan user. Cara yang paling sederhana yaitu membuat konten dengan menggunakan kata kunci yang sedang banyak dicari.

Jangan pernah membuat konten tanpa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Karena jika tidak ada orang yang mencarinya, sebagus apapun konten tersebut akan percuma.

Ada beberapa jenis kata kunci yang disarankan, antara lain:

  • kata kunci yang terus-menerus dicari orang, contohnya: “cara mencerahkan wajah”
  • kata kunci yang sedang trend atau musiman, contoh: “cara mencerahkan wajah dengan [produk yang sedang tren]”, “sejarah kemerdekaan Indonesia”, “kronologi pesawat [nama pesawat] jatuh”
  • kata kunci yang spesifik, contoh: “cara mencerahkan wajah untuk kulit sawo matang”

Rekomendasi tools riset kata kunci bisa gunakan Semrush, ahrefs, Ubersuggest atau bisa menggunakan Google Trend.

2. Buat Konten Berkualitas

Jika sudah mendapatkan kata kunci yang tepat, selanjutnya membuat konten yang berkualitas. Yang dimaksud dengan konten berkualitas adalah konten yang menjawab kebutuhan user.

Jika konten kamu menggunakan kata kunci “cara menghilangkan jerawat” maka sepanjang pembahasan hanya membicarakan bagaimana cara menghilangkan jerawat. Hindari menambahkan hal yang tidak perlu, seperti “cara mencerahkan wajah”.

Pastikan informasi yang dibagikan merupakan karya orisinil sehingga kredibilitas website terjaga. Kemudian, masukkan kata kunci pada bagian awal, tengah, dan akhir.

3. Optimasi Meta Title, Description dan URL

Menurut pengalaman pribadi, optimasi judul, deskripsi dan permalink bisa menaikkan peringkat website di Google.

Pastikan di dalam semua bagian tersebut berisi kata kunci target dengan memperhatikan ketentuan berikut.

  • Buat meta title yang menarik dengan maksimal 60 karakter
  • Buat judul kombinasi dengan angka, power word, dan kata kunci utama terdapat di judul
  • Maksimal karakter meta description 160 yang memberikan garis besar konten secara keseluruhan
  • URL tidak mengandung angka, simbol serta tidak kapital

4. Tampilan Website User-friendly

Selain dari segi konten, tampilan laman web turut andil berkontribusi dalam menentukan peringkat sebuah website di mesin pencari Google. Salah satunya adalah menggunakan tema website yang mendukung tampilan mobile.

Banyak sekali pilihan tema yang ringan dan user friendly. TheCronutProject sendiri menggunakan tema Squaretype.

Jika sudah, maksimalkan performa kecepatan website dengan beberapa hal berikut:

  • Optimasi gambar berat
  • Sewa hosting terbaik
  • Menggunakan tema website yang ringan
  • Embed video ke dalam konten

Terakhir yang bisa kamu terapkan agar peringkat website naik yaitu mendapatkan backlink dari media nasional. Backlink adalah tautan yang mengarah ke website sebagai rujukan.

Strategi ini dapat memberikan kesan kepada Google bahwa website kamu terpercaya hingga dijadikan rujukan oleh website lain.

Website yang masih baru memang sulit mendapatkan backlink. Diperlukan usaha yang besar untuk mendapatkannya. Namun hal tersebut bukan lagi masalah karena sekarang bisa kamu memesan dengan mudah melalui jasa backlink media nasional.

Vendor jasa backlink media nasional yang bisa diandalkan adalah TheCronutProject. Sudah berpengalaman lebih 2 tahun dan sudah dipercaya banyak blogger dan perusahaan.

Itulah tadi beberapa cara menaikkan peringkat website di Google. Dengan menerapkan cara di atas secara konsisten, website baru sekalipun berkesempatan besar menempati ranking pertama di hasil pencarian Google.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like