7 Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta

Cara Menabung untuk Beli Rumah
Gaji 2 juta mau punya rumah masih memungkinkan atau tidak? Gunakan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta berikut ini.!

Thecronutproject.com – Gaji 2 juta mau punya rumah masih memungkinkan atau tidak? Tidak ada yang tidak mungkin, ada beberapa cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta di zaman modern seperti sekarang. Asalkan ada niatnya pasti semua bisa tercapai.

Pertama-tama, tumbuhkan dulu niat untuk membeli rumah. Tentukan tujuannya dengan jelas, rumah seperti apa yang akan dibeli dan mulailah menabung dari sekarang. Seperti apa strategi menabungnya? 

Bagi orang-orang yang hanya punya gaji 2 juta, membeli rumah mungkin akan terasa cukup sulit. Namun dengan menabung secara perlahan pasti impian ini bisa terpenuhi.

Cara Menabung untuk Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Berikut ini 7 cara efektif untuk menabung agar dapat membeli rumah dengan gaji 2 juta:

1. Tetapkan Target Menabung

Tips pertama, tetapkan dulu target menabungnya. Misalnya, kamu sudah jelas ingin menabung untuk membeli rumah maka buat lebih rinci lagi target tersebut. Langsung tentukan saja durasi waktu menabung dan kapan jumlah tabungan terpenuhi.

Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan survei dan mencari referensi rumah yang ingin dibeli. Cari tahu berapa harga yang harus di jangkau, sehingga bisa punya gambaran berapa banyak tabungan yang harus dimiliki.

Mungkin memang terasa berat saat harus menghitung target membeli rumah dengan gaji 2 juta. Namun jika dihitung dengan cermat dan direncanakan dengan baik, maka hal ini tidak akan terasa berat.

2. Buat Rencana Keuangan

Jangan lupa buatlah rencana keuangan yang cermat dan rinci. Menabung memang terlihat mudah padahal pada kenyataannya penuh tantangan. Terasa semakin sulit, jika tidak ada rencana finansial yang matang.

Dari gaji 2 juta yang sudah diperoleh tadi, buat rencana plot pemakaian dana. Segera bagi dana tersebut, misalnya untuk kebutuhan harian, tagihan, dan tabungan. Ini bisa jadi pilihan cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta yang sangat efektif.

3. Buat Rekening Khusus

Tips berikutnya, buatlah rekening khusus untuk menampung dana tabungan. Ini sangat direkomendasikan untuk membantu uang tabungan benar-benar terkumpul dan tidak berkurang karena dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Banyak orang merasa tidak perlu membuka rekening khusus tabungan dan mencampur dana tabungan dengan dana harian. Akhirnya, uang tabungan tidak pernah terkumpul karena selalu digunakan setiap hari tanpa sadar.

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan, Ikuti Tips ini Pasti Bisa!

4. Aktifkan Fitur Autodebet

Banyak bank kini menawarkan fasilitas menabung yang efektif. Misalnya saja dengan hadirnya fitur autodebet. Pemilik rekening tidak perlu menyetorkan uang tabungan secara manual, karena saldo akan ditarik secara otomatis.

Jadi, setiap bulannya nasabah bisa menentukan berapa banyak uang yang akan ditarik untuk masuk ke rekening tabungan. Fitur autodebet akan bekerja menarik saldo tersebut secara otomatis, sehingga tanpa terasa rekening tabungan akan penuh.

5. Tentukan Jumlah yang Ditabung

Tentukan berapa banyak uang yang ingin ditabung setiap bulannya. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun ternyata penting dan akan membantu uang tabungan cepat terkumpul. Jangan menabung seenaknya, karena bisa saja merusak target tabungan yang sudah dibuat tadi.

Total gaji 2 juta, bisa ditentukan berapa banyak yang akan masuk ke rekening tabungan. Pastikan untuk konsisten memenuhi nominal tersebut sampai target jumlahnya terpenuhi.

Ini mungkin terasa mudah, namun prakteknya bisa jadi sangat sulit. Banyak yang sudah menentukan nominal tabungan namun pada akhirnya sulit memenuhi target tersebut. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, contohnya karena ada pengeluaran mendadak.

6. Minimalkan Pengeluaran

Cobalah untuk meminimalkan pengeluaran sebisa mungkin. Salah satu cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta adalah menggunakan uang tersebut dengan seminimal mungkin. Nilai 2 juta itu sendiri tidaklah besar jadi, memang sudah seharusnya untuk dihemat.

Jika ingin menabung lebih banyak maka harus mengeluarkan uang lebih sedikit. Usaha yang bisa dilakukan adalah menerapkan gaya hidup minimalis. Tekan pengeluaran sebanyak mungkin dan tahan semua keinginan yang bersifat konsumtif.

Mungkin memang berat untuk berhemat, namun ini menjadi cara terbaik agar target bisa tercapai secepatnya. Fokuslah pada target utama membeli rumah, sehingga upaya berhemat akan terasa jauh lebih ringan.

Baca juga: 6 Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

7. Lakukan Investasi

Ini merupakan cara paling direkomendasikan, jika ingin bisa membeli rumah dengan modal gaji yang kecil. Jangan hanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan namun investasikan uang tersebut agar bisa berkembang.

Sekarang ada begitu banyak pilihan aset investasi yang dapat diandalkan. Pilih saja mana yang paling sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi. Ada reksadana saham, reksadana pasar uang, investasi saham, logam mulia, dan masih banyak lagi.

Coba terapkan semua cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 2 juta ini. Hal paling penting untuk memulainya adalah menetapkan target dan motivasi. Tetaplah fokus sampai tujuan bisa tercapai dan kalau bisa cari sumber pemasukan lain untuk mempercepat impian terwujud.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like