Cara Menabung 1 Juta Per Bulan, Ikuti Tips ini Pasti Bisa!

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan
Mau ngumpulin uang 1 juta dalam sebulan? Ikuti cara menabung 1 juta per bulan berikut ini. Pasti bisa kalau step by step-nya benar.

Kali ini, Cronut Project akan mengulas beberapa cara menabung 1 juta per bulan. Tapi, ingat, harus KONSISTEN!

Kamu merasa uang gaji atau penghasilan lewat dari rekening begitu cepat bagai debu ditiup angin? Pengennya sih cepat mencapai financial freedom alias kemandirian finansial, tapi kalau ceritanya seperti di atas, bisa lebih rumit.

Tips untuk mulai konsisten menabung 1 juta dalam sebulan ini, tidak hanya bermanfaat untuk Ibu rumah tangga, pekerja baru, tapi bahkan bisa diterapkan secara umum untuk yang masih kuliah.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Ada beberapa tips dasar yang perlu diterapkan sejak awal. Selain itu, di artikel ini, ada juga beberapa model cara menabungnya.

Yuk, disimak dan diterapkan.

1. Tentukan dan Estimasikan Kebutuhan Primer, Sekunder, Tersier

Mungkin hal ini terdengar klise, tetapi menentukan dan memisahkan kebutuhan primer, sekunder dan tersier adalah salah satu dasar cara menabung 1 juta per bulan yang akan membantu kamu mengelola pengeluaran kamu.

Hal ini berlaku untuk terutama untuk para perempuan baik yang bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga, maupun yang bekerja di sektor lainnya dan muda-mudi yang masih jomblo.  

Kebutuhan primer umumnya terdiri dari :

  • pangan,
  • sandang,
  • papan  atau makanan,
  • pakaian dan rumah,
  • juga kesehatan,
  • pendidikan.

Untuk rumah artinya termasuk listrik, biaya wi-fi atau pulsa dan data smartphone penghuni rumah, upah ART (jika ada).

Untuk makan, di sana ada kebutuhan air minum, bahan makanan pokok, minyak dan gas, juga bumbu dan persediaan cemilan. Untuk kebutuhan sandang, perhatikan kembali bahwa tidak berarti setiap bulan kamu wajib membeli baju baru, ya. 

Setelah mendaftar kebutuhan primer, sekunder dan tersier, jangan lupa untuk masukan estimasi biaya untuk setiap pos kebutuhan primer terlebih dahulu. Setelah itu, buat daftar kebutuhan sekunder dengan estimasi biaya yang diperlukan, begitu pula untuk kebutuhan tersiernya. 

Setelah itu, kamu akan tahu prioritas apa yang ingin kamu penuhi dari kebutuhan sekunder dan jumlah dana yang dibutuhkan sebagai target menabung kamu. 

Baca juga: 4 Bank Terbaik Untuk Menabung Yang Mudah dan Menguntungkan

2. Pisahkan Uang dengan Jumlah yang Sesuai untuk Setiap Pos Kebutuhan

Setelah kamu tahu berapa jumlah biaya yang kamu butuhkan untuk setiap pos kebutuhan primer, ketika mendapat jatah uang bulanan atau gaji atau penghasilan bersih, segera pisahkan uang tersebut ke pos-nya masing-masing. 

Ingat, kamu sudah punya target jumlah tabungan, jika memang memungkinkan maka, segera pisahkan pula jumlah uang untuk tabungan dan masukan ke dalam posnya. Cara ini adalah cara yang analog tapi cukup ampuh sebagai cara menabung 1 juta per bulan di rumah. 

3. Buka Rekening Khusus untuk Tabungan 

Punya rekening khusus tabungan ini penting-penting gak, karena kamu bisa saja menabung 1 juta per bulan dengan metode lain, seperti mencicil tabungan harian dengan jumlah yang variatif. Ini akan dibahas di poin terakhir. 

Lain ceritanya kalau ternyata sisa dari penghasilan dikurangi keseluruhan kebutuhan primer kamu mengizinkan kamu untuk langsung menyisihkan uang sebanyak 1 juta. Selamat! Kamu gak perlu susah payah lagi. Cukup langsung mentransfer dana ke rekening khusus tabungan. 

Tips menabung satu juta per bulan untuk kasus seperti ini adalah hindari menggunakan tabungan dengan layanan m-banking, atau internet banking.

Tujuannya untuk menghindari kamu membuka aplikasi m-banking, atau internet banking dan bertransaksi dengan MUDAH untuk belanja kebutuhan sekunder atau tersier secara impulsif!

4. Track Keuangan Bulanan

Memulai yang satu ini sama sulitnya dengan memulai menabung. Tracking keuangan bulanan kamu lakukan dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan untuk masing-masing pos kebutuhan kamu.

Tips ini membantu kamu untuk menginvestigasi atau mendeteksi aroma boncos, dan melakukan antisipasi boncos yang lebih besar. Tapi di samping itu, kamu juga akan lebih mudah tahu di pos mana yang butuh dikurangi atau ditambah jumlah dananya untuk di periode mendatang. 

Kamu bisa membuat tabel Excel sederhana, atau menggunakan aplikasi expenses tracker gratis dari smartphone.

5. Hindari Menggunakan Kartu Kredit, Pay Later APALAGI PINJOL

Kalau ketika baca cara menabung 1 juta per bulan di poin ini, kamu membatin : “TAPI KHAAAN…” beli penghapus yang besar untuk menghapus kalimat itu!

Kembali ke tips pertama, tujuan kamu menabung adalah untuk bisa segera merasakan financial freedom

MAKA, hindari bermudah-mudah untuk ‘berhutang’. Kartu Kredit, Pay Later, apalagi pinjol adalah godaan untuk kamu membeli sesuatu dengan uang yang belum dan belum tentu akan kamu miliki. 

Selain bunga-nya yang merugikan kamu dari sisi dunia, dan dari sisi syariat jika kamu muslim, cara-cara ini cuma akan membuat kamu lebih konsumtif ketimbang produktif dan efektif dalam mengelola keuangan kamu!

Ini juga yang akan menghambat kamu untuk memulai pola keuangan yang lebih sehat, yaitu dengan menabung baik harian, pekanan atau bulanan.

Jadi, mau pilih mana: pelan tapi sehat dan selamat, atau cepat tapi sebelum akhir bulan isi kantongmu ‘kiamat’?

6. Buat Target Menabung 

Di samping membuat catatan kebutuhan primer dan estimasi dana yang kamu butuhkan untuk setiap pos, menyeimbangkannya dengan jumlah penghasilan yang kamu terima setiap bulan, kamu juga perlu membuat target jumlah tabungan. 

Dalam ulasan kali ini, targetnya adalah menabung 1 juta per bulan, maka kamu bisa membuat target tabungan per hari, atau per pekan dengan penyesuaian jumlah untuk mencapai target tersebut. 

7. Menyesuaikan Gaya Hidup dan Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, bukan berarti kamu mengurangi jatah makan hingga jatuh sakit demi menabung.

Yang dimaksud adalah menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi nyata keuangan kamu, jangan impulsif atau terlalu konsumtif terbawa arus FOMO (Fear Of Missing out). 

Komitmen dengan diri sendiri untuk mendahulukan yang utama, butuh dan penting, ketimbang yang bukan kebutuhan primer tapi kasih diskon dan harga miring.

Lain hal, jika ternyata kebutuhan primer kamu dan penghasilan bulanan kamu kurang memungkinkan untuk menabung 1 juta per bulan, maka tips menabung 1 juta per bulan yang selanjutnya adalah mempertimbangkan mencari revenue stream (sumber penghasilan) tambahan. 

Cari sumber penghasilan yang bisa kamu kerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama kamu, seperti menjadi freelancer di bidang yang sesuai minat, hobi, keterampilan atau bahkan yang terkait dengan keahlian profesional kamu. 

Simulasi Menabung 1 Juta Per Bulan

Ada beberapa tips menabung 1 juta per bulan dengan menggunakan kalender sebagai berikut :

1. Harian (Asumsikan bahwa rerata 1 bulan berjumlah 30 hari)

  • Cara pertama : supaya kamu bisa memiliki tabungan berjumlah 1 juta rupiah dalam sebulan, targetnya untuk menyisihkan uang setidaknya 30 – 35 ribu per hari. 
  • Cara kedua : menabung per hari dengan menambah 5 ribu setiap harinya, dimulai dengan 10 ribu di hari pertama, hari kedua menjadi 15 ribu, hari ketiga 20 ribu dan seterusnya
  • Cara ketiga : menabung dengan jumlah 20 ribu per hari untuk 10 hari pertama, 30 ribu per hari untuk 10 hari berikutnya, dan 50 ribu per hari untuk 10 hari terakhir dalam bulan tersebut; atau sebaliknya, dimulai dengan 50 ribu per hari di 10 hari pertama dan seterusnya.
  • Cara keempat : menabung dengan nominal sesuai tanggal dengan kelipatan uang kelipatan 10 ribu. Simulasinya adalah tanggal 1 menabung 10 ribu, tanggal 2 menabung 20 ribu, tanggal 30 ribu, dan seterusnya. 

2. Pekanan (Asumsi bahwa satu bulan terdiri dari 4 pekan)

  • Targetkan menabung sebanyak 250 ribu dalam sepekan (7 hari) selama 4 pekan, atau,
  • Targetkan menabung sebanyak 300 ribu dalam sepekan selama 4 pekan. 

Menabung sebenarnya TERASA sulit ketika akan dimulai, tetapi perlahan menjadi lebih mudah, insyaa Allah, jika sudah dijalani.

Jika memang kamu belum mampu menabung 30 ribu per hari atau 250 ribu per pekan, mulai dengan 10 ribu atau 20 ribu setiap hari tetapi konsisten lebih baik. Yuk, terapkan cara menabung 1 juta per bulan dengan sabar!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like