Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan
Setiap bulan menabung 1 juta dengan gaji kurang lebih 3 juta per bulan, apakah bisa? Simak tips cara menabung berikut.

Thecronutproject.com – Menabung 1 juta per bulan apakah bisa dengan gaji pas-pasan? Berikut panduan cara menabung 1 juta per bulan walaupun dengan penghasilan 3 juta dalam bulan.

Kegiatan yang sering ditanamkan sejak usia dini yaitu menabung atau menyisihkan sebagian uang jajan untuk dikumpulkan. Hal ini dilakukan untuk berbagai tujuan yang akan dicapai. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menabung.

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Berikut ini akan dibahas cara menabung 1 juta per bulan yang sangat mudah untuk dilakukan semua kalangan, yaitu:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Tips Menabung Untuk Pelajar

Pada tahap awal sebelum menabung, pastikan memiliki tujuan awal dalam mengumpulkan uang 1 juta setiap bulannya.

Hal ini bertujuan agar pembaca memiliki pandangan dan motivasi untuk menabung, sehingga hal yang dilakukan tersebut terarah. Tujuan menabung sangat berarti untuk meningkatkan gairah dalam menabung dan tanpa putus.

Sebagaimana dengan tujuan hidup yang membuat seseorang selalu memperbaiki diri untuk mencapai tujuannya.

Begitu pula tujuan dari menabung yang akan mendorong seseorang berusaha melakukan segala hal untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkannya. Semangat, keteguhan hati dan niat akan membuat tujuan menabung semakin lancar.

2. Memiliki 2 Rekening Tabungan

Alangkah baiknya memiliki dua rekening yang terpisah untuk fokus pada tujuan awal menabung 1 juta per bulan.

Pada rekening pertama dapat digunakan sebagai penyalur uang yang masuk dan keluar, jadi pembagian uang untuk kebutuhan itu pada rekening pertama. Sisihkan 1 juta terlebih dahulu agar aman dan tidak bercampur pada uang lainnya.

Uang 1 juta yang telah disisihkan tersebut masukkanlah dalam rekening kedua untuk disimpan dan pastikan takkan digunakan lagi.

Pada rekening kedua ini khusus untuk menabung dalam memenuhi target yang telah ditetapkan pada tujuan sebelumnya. Sisa uang pada rekening pertama dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

3. Pasang Target Bulanan

Pentingnya memasang target bulanan ini agar uang yang telah ditabung tidak diambil kembali dengan alasan yang tidak masuk akal.

Gunakanlah secarik kertas dan pulpen untuk menulis target setiap bulannya yang harus ditabung dan dikeluarkan. Usahakan target yang diberikan tidak memberatkan diri sendiri bahkan merepotkan orang lain.

Target menabung 1 juta setiap bulan dengan penghasilan 3 juta setiap bulannya itu dapat dicapai. Asalkan semua biaya kehidupan secara umum 2 juta itu cukup untuk satu bulan.

Tanpa menambahkan uang jajan berlebihan dan meletakkan segala sesuatu sesuai porsinya, pasti bisa target menabung 1 juta setiap bulannya.

4. Rinci Kebutuhan Bulanan

Apabila telah menetapkan tujuan menabung, memiliki rekening khusus tabungan dan memberikan target menabung setiap bulannya, dapatlah merinci kebutuhan bulanan.

Sisa uang yang 2 juta jika digunakan sekedarnya tanpa berlebihan akan mencukupi kebutuhan pribadi bahkan masih kelebihan.

Rincian kebutuhan bulanan dapat dituliskan pada kertas dengan rincian dana yang akan dikeluarkan juga. Tulislah rincian kebutuhan tersebut dengan detail, sehingga tidak membingungkan bahkan membengkakkan biaya nantinya.

Coret kebutuhan yang telah dilengkapi. Apabila ada kebutuhan lain di luar target, dapat dipenuhi secara bertahap atau mengurangi uang jajan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara mengatur uang gaji 2 juta

5. Mengikuti Asuransi Biaya Menengah

Inilah salah satu cara yang paling mudah untuk menghemat biaya pengeluaran nantinya. Pada masa sekarang ini sangat diperlukan asuransi jiwa, kesehatan dan lainnya untuk meringankan biaya kedepannya. Jika cara menabung 1 juta per bulan ditekuni maka tidak akan terasa sulit.

Menariknya dengan kepemilikan asuransi ini selain meringankan beban tanggungan, dapat juga digunakan untuk optimalisasi pemasukan dan pengeluaran seseorang. Banyak orang yang tidak tahu manfaat dari asuransi, padahal sangat membantu dalam mengatur keuangan.

Demikian cara menabung 1 juta per bulan yang akan membuat pembaca berlatih hemat. Hal ini dapat dijadikan sebagai referensi menarik dalam mengumpulkan uang untuk keperluan yang mendadak.

Khusus pelajar baca selengkapnya di artikel cara menabung untuk pelajar

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari cara-cara yang diberikan dalam menabungkan uang dengan jumlah yang tidak begitu sedikit.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like