6 Cara Membuat Press Release yang Benar dan Efektif

Cara Membuat Press Release
Bagaimana cara membuat press release yang benar? Berikut ini TheCronutProject berikan panduan dalam membuat press release.

Thecronutproject.com – Press release dibuat oleh humas atau public relations sebuah lembaga. Press release adalah salah satu alat untuk sumber berita. Jika Anda bekerja di bagian humas, maka harus tahu bagaimana cara membuat press release yang baik dan benar. 

Press release dibuat untuk memudahkan wartawan menulis berita. Jadi, humas harus menuliskan informasi yang jelas dan lugas. Tidak perlu bertele-tele, yang penting harus sampai ke inti berita yang akan disampaikan. 

Cara Membuat Press Release

Mensin ketik

Berikut ini adalah panduan menulis press release yang bisa dipraktikkan oleh humas atau public relations. 

1. Inti Berita

Buat press release yang langsung pada inti berita. Anda tidak perlu membuat siaran pers yang terlalu panjang pembukaannya. 

Sampaikan informasi dengan lugas dan memuat 5 W + 1 H. Pastikan berita yang disampaikan informatif dan diperlukan oleh banyak orang. 

Jika berita yang Anda tulis adalah informasi produk, tulis detail spesifikasi agar orang yang membaca mendapatkan informasi lengkap. 

2. Mengandung Unsur 5 W + 1 H

Cara membuat press release tentunya tidak boleh mengabaikan prinsip 5 W+1H. Anda pasti tahu kan What apa yang akan disampaikan, Anda harus menjelaskan apa yang terjadi atau apa yang ingin disampaikan dalam press release. 

“Where”, jelaskan di mana lokasi atau tempat kejadian. “Why” mengapa peristiwa itu terjadi. “When”, kapan peristiwa itu terjadi. “Who” siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Dan “how” bagaimana peristiwa tersebut terjadi. 

3. Piramida Terbalik

Tentu Anda juga bisa menggunakan metode piramida terbalik dalam penulisan. Tulisan diawali dengan lead yang menarik. 

Anda juga bisa membuat judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran. Selanjutnya tuliskan lead yang menarik dan merangkum intisari dari berita. 

Lead harus merangkum isi tulisan karena lead adalah ujung tombak tulisan sehingga harus mewakili isi tulisan. Penulisan piramida terbalik bukan hanya digunakan untuk penulisan press release akan tetapi juga dipakai untuk penulisan feature. 

Baca juga: Macam Jenis dan Tujuan Press Release

4. Gunakan EYD

Menggunakan ejaan yang disempurnakan juga poin penting dalam membuat press release. Jadi, perhatikan betul penggunaan tanda baca, pemakaian huruf besar atau kecil. Termasuk juga penggunaan kata yang baku dan tidak baku. 

Anda bisa mengunduh EYD untuk mengetahui ejaan yang benar. Untuk mengetahui penggunaan kata baku, Anda bisa mengunduh aplikasi KBBI di ponsel Anda. Bisa juga mengakses website KBBI. 

5. Cek dan Ricek Isi Berita

Selanjutnya Anda harus memeriksa kembali isi dari press release yang ditulis. Periksa kelengkapan isi, informasi, peristiwa, termasuk penulisan nama, merek, tempat, dan lain-lain. 

Setelah semua lengkap, baru mencetak atau mengirim press release tersebut melalui email. Pastikan juga alamat email tujuan benar dan tidak ada keliru penulisan. 

Jangan lupa minta konfirmasi ke atasan untuk memastikan isi berita yang Anda tulis sebelum dikirim ke media. 

6. Pilih Gambar Terbaik

Dalam press release sering dilampirkan foto atau video pendukung. Pilih foto atau video yang berkualitas bagus. Jika perlu Anda memilih foto yang resolusinya tinggi sehingga tidak pecah jika di unggah ke media cetak atau online. 

Anda bisa mengirim beberapa foto, agar media punya pilihan untuk dipasang di koran atau media online. Tidak sulit bukan membuat press release. Anda bisa coba untuk perusahaan atau lembaga bekerja. 

Demikian ulasan singkat terkait cara membuat press release. Anda juga bisa praktikkan dan coba sendiri, namun terkadang ada saja yang ingin simple. Jika ini yang jadi masalahnya, mungkin Anda bisa menghubungi jasa press release untuk membuatkan tulisan jenis ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like