Cara Membuat Iklan yang Menarik Minat Audiens

Thecronutproject.com – Iklan merupakan salah satu bentuk dari promosi produk yang paling banyak digunakan. Cara membuat iklan berkembang dari masa ke masa.

Tapi ada satu hal yang tidak pernah berubah yaitu bagaimana membuat iklan agar menarik minat pembacanya. Mau tahu bagaimana cara membuat iklan yang menarik? Yuk, baca artikel ini dulu.

Iklan yang Menarik Itu Seperti Apa?

Secara garis besar, iklan adalah salah satu bentuk komunikasi atau penyampaian informasi. Pesan yang disampaikan dalam iklan biasanya persuasif dan provokatif. Tidak heran jika iklan merupakan cara promosi produk yang paling populer.

Dari sekian banyak iklan yang beredar, belum tentu semuanya menarik. Iklan yang menarik adalah yang bisa menarik minat audience dan membuat audience melakukan apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Iklan yang menarik mampu mengalihkan perhatian audience dari hal yang dilakukannya dan hanya memperhatikan pesan dalam iklan.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Sebagai pelaku usaha tentu harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membuat iklan yang menarik. Iklan harus benar-benar unik dan menarik agar tidak diabaikan oleh audience.

Tidak sedikit, lho, audience yang justru mengabaikan iklan semenarik apapun itu. Nah, supaya tepat sasaran, simak cara-cara berikut ini:

1. Gunakan Copy yang Tepat

Bahasa iklan sangat mempengaruhi sukses tidaknya penyampaian pesan dalam iklan. Copy atau kata-kata dalam iklan harus singkat, jelas, dan provokatif.

Setiap kata dalam iklan harus logis dan bukan asal susun. Walaupun enak didengar, kalau tidak logis, maka pesan tidak akan sampai kepada audience.

Contoh bahasa iklan yang sangat provokatif dan mengena bahkan hingga sekarang adalah iklan tentang Keluarga Berencana.

Contoh iklan menarik

Dengan kalimat “Dua Anak Cukup” saja sudah bisa mempengaruhi masyarakat Indonesia bahwa keluarga yang sejahtera itu hanya butuh dua orang anak saja.

2. Iklan Menjelaskan Produk atau Jasa

Walaupun padat, bahasa dan desain iklan harus mencerminkan produk atau jasa yang ditawarkan. Harus tetap ditonjolkan keunggulan produk.

Pada konten-konten promosi, tonjolkan apa yang diunggulkan dari program promosi tersebut. Jangan lupa untuk terus menonjolkan identitas produk.

Iklan yang menarik audiens

Misalnya, pada iklan promo Tokopedia – WIB (Waktu Indonesia Belanja), disitu tertera promo-promo yang diberikan dan tetap menonjolkan ciri khas atau identitas pemberi promo, yaitu Tokopedia. Audience langsung mengenali bahwa WIB adalah promo khas dari Tokopedia.

Pelajari juga: Media promosi untuk pemasaran online

3. Tentukan Target Pemasaran

Menentukan target pemasaran dan bisnis sangat penting dalam membuat iklan yang menarik. Pengetahuan akan target pemasaran memberikan gambaran yang jelas tentang karakteristik mereka.

Bagaimana perspektif mereka terhadap sebuah issue, kesukaan mereka, pola interaksi, dan sebagainya. Dengan mengetahui target, maka akan lebih mudah menyusun konsep iklan itu sendiri.

4. Konsistensi Visual pada Setiap Platform

Setiap perusahaan pasti memiliki pattern atau template logo dan warna perusahaan. Semua iklan yang dibuat di platform apapun baik di internet, media sosial, media cetak, dan elektronik harus sama.

Kesamaan visualisasi iklan ini penting untuk menjaga dan menumbuhkan awareness pada audience.

5. Selalu Memberi Penawaran Terbaik

Cara menarik perhatian audience adalah dengan membuat penawaran terbaik.

Iklan yang menarik adalah iklan yang memuat sesuatu yang spesial misalnya:

  • promo cashback,
  • buy 1 get 1,
  • free ongkir,
  • atau reward.

E-commerce Shopee dalam billboard-nya jelas-jelas menulis Gratis Ongkir dan ini sangat menarik.

Kesimpulannya, cara membuat iklan yang menarik bukan soal desain saja. Ada banyak faktor yang membuat iklan menjadi menarik dan tepat sasaran.

Banyak iklan yang secara visual menarik tapi pesan dari iklan tidak sampai. Alih-alih memperoleh peningkatan penjualan, produk malah bisa-bisa jadi dijauhi masyarakat. Dan yang paling penting adalah : kreativitas.

Tinggalkan komentar