Begini Cara Membeli Saham Untuk Pemula yang Tepat

Cara Membeli Saham
Buat kamu yang masih pemula dan ingin berinvestasi saham, tips dan cara membeli saham untuk pemula di bawah ini bakal bermanfaat buat kamu.

Thecronutproject.com – Ingin berinvestasi dengan membeli saham tapi masih bingung bagaimana caranya? Kamu datang di tempat yang tepat. Pasalnya, di sini kamu bakal mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang cara membeli saham bagi pemula. 

Selain itu, kamu juga bakal mendapat informasi penting lain sehubungan dengan keinginan kamu untuk berinvestasi saham tersebut.

Tidak perlu kuatir kalau kamu masih pemula, karena tips di bawah ini bakal berguna dan membantu kamu. Apa dan bagaimana cara berinvestasi saham dapat kamu temukan ulasannya di sini.

Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Cara beli saham

Saham dipercaya merupakan salah satu investasi terbaik untuk masa depan karena untuk jangka panjang dianggap berpotensi memberi keuntungan dalam jumlah besar.

Namun, untuk bermain saham, kamu harus melakukannya dengan cara yang benar agar tujuan investasi kamu tercapai.

Berikut cara membeli saham bagi pemula yang dapat kamu jadikan acuan:

1. Kenali dan Pahami Seluk Beluk Saham

Sebelum terjun untuk berinvestasi saham, kamu harus mengenal dan tahu betul seluk beluk saham berikut mekanisme bagaimana saham tersebut dijalankan.

Pengetahuan ini dapat membantu kamu untuk memutuskan langkah-langkah terbaik ketika kamu sudah terjun di dalamnya. 

Pelajari juga untung rugi serta resiko bermain saham agar kamu dapat menyiapkan diri terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi di kemudian hari.

Baca juga: Pilihan 5 Saham yang Bagus Untuk Dibeli Hari Ini!

2. Pilih Perusahaan Sekuritas Terbaik Versi Kamu

Di sini kamu harus memilih salah satu perusahaan sekuritas atau broker yang kamu percaya sebagai perantara kamu ketika kamu bermain saham.

Pastikan bahwa kamu sudah mempelajari rekam jejaknya sehingga kamu mantap memilih perusahaan tersebut.

Tips: pilih broker yang menawarkan aplikasi online bagus dan terpercaya sebagai jawaban untuk cara membeli saham online mudah dan praktis. Gunakan dummy-trade untuk mengevaluasi aplikasi saham yang ditawarkan.

3. Buka Rekening Saham

Cara membeli saham selanjutnya adalah membuka rekening saham. Pelajari tata cara membuka rekening dari broker yang kamu pilih dan ikuti langkah-langkahnya.

Umumnya, broker menyediakan layanan cara membuka rekening saham secara online sehingga memudahkan kamu dalam melakukannya. 

Isi formulir secara online kemudian kirimkan dokumen tersebut setelah selesai kamu tandatangani. Begitu kamu memiliki rekening saham, maka kamu sudah dapat melakukan transaksi saham.

4. Buka Rekening Dana Nasabah

Kamu juga harus membuka rekening dana nasabah yang biasa disingkat dengan RDN yang dibuat secara khusus untuk menyimpan dana yang kamu peroleh selama bertransaksi jual beli saham.

Seluruh hasil penjualan saham maupun setoran modal yang kamu miliki akan tersimpan di rekening ini. 

Tanpa RDN ini kamu tidak dapat bertransaksi jual beli saham, walaupun kamu sudah memiliki rekening saham.

Baca juga: Cara investasi Saham Pemula, Ini 5 Hal Yang Wajib Tahu!

5. Setorkan Modal Awal

Sebelum kamu mulai bertransaksi, kamu harus terlebih dahulu menyetor sejumlah dana ke RDN kamu yang jumlahnya tergantun pada besaran transaksi saham yang ingin kamu beli.

Jadi, kamu harus melakukan deposit dahulu, baru kemudian bisa mulai membeli saham.

6. Lakukan Transaksi Saham

Setelah semua langkah di atas beres, kini saatnya bagi kamu untuk memulai bertransaksi saham. Kamu dapat melakukannya melalui aplikasi beli saham online.

7. Lakukan Pemantauan Pasar

Kondisi politik, ekonomi, keamanan adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pasar saham. Kamu harus rajin memantau sehingga kamu tahu kapan waktu terbaik untuk membeli maupun melepas saham yang kamu miliki untuk hasil terbaik.

Langkah-langkah di atas pastinya dapat kamu lakukan dengan mudah, bukan? Namun, kamu harus berhati-hati ketika melakukan jual beli saham. 

Sedapat mungkin hindari panic selling atau panic buying, tetapi lakukan analisa terbaik kamu untuk mengurangi faktor risiko. Dengan analisa yang tepat kamu juga berpotensi untuk memaksimalkan investasi saham kamu.

Jadi, sudah siap untuk segera mulai melakukan cara membeli saham di atas? Selamat mencoba!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Cara Menghitung Keuntungan Investasi
Read More

Cara Menghitung Keuntungan Investasi

Sebelum melakukan investasi, hendaknya harus tau cara menghitung keuntungan investasi. Berikut ini cara perhitungan keuntungan dari beberapa jenis investasi.